OUR NETWORK

Mau Coba Freelance dan Kerja dari Rumah? Pertimbangkan Hal Ini Dulu

Bekerja di rumah dan menjadi seorang freelancer merupakan pilihan masing-masing individu ya, Ladies. Toh sekarang ini juga banyak pekerjaan-pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan di rumah dan nggak kalah menjanjikan dengan di kantoran. Bahkan, jika dihitung masalah gaji mereka yang freelance bisa sama atau malah mendapatkan lebih banyak penghasilan.

Berdasakan pada sebuah penelitian yang dirillis awal tahun ini, jumlah orang-orang yang memilih bekerja di rumah meningkat dari 24-31%. Dan karena hal itu, pekerjaan remote belakangan ini juga menjadi salah satu pilihan banyak perusahaan. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari memilih kerja di rumah, misalnya saja soal pengaturan waktu, kamu sendiri yang bebas mengaturnya. Meskipun begitu, nggak sedikit juga hal-hal yang perlu buat dipertimbangin jika kamu akan memutuskan untuk kerja di rumah. Misalnya, hal-hal ini, Ladies…

Sendirian

via GIPHY

 Tak bisa dipungkiri, terkadang rasa sepi dan sendirian akan menyergap di sela-sela jadwal istirahat. Misalnya saja saat makan siang, jika di kantor bisa bareng-bareng dengan teman, kamu harus makan sendirian di rumah. Selain itu biasanya untuk mengalihkan rasa bosan bekerja kamu bisa bercanda dengan rekan lainnya jika di kantor. Namun saat bekerja di rumah, hanya layar smartphone dan komputer yang menemani. Tapi kalau ada orang tua di rumah nggak kesepian-kesepian amat sih, hehe.

Sering Tidak Betah di Rumah

via GIPHY

 Bagi yang bekerja di kantoran, pulang ke rumah merupakan hal yang dinanti-nanti. Lalu bagaimana jika rumahmu juga kantormu? Hehe, kebanyakan orang akan mencari-cari alasan untuk bisa pergi ke luar. Dan itu memang kenyataan untuk menghindari kebosanan yang mendera. Memang hal ini perlu dilakukan agar tidak stres dengan tumpukan pekerjaan sih. Tapi usahakan jangan sering-sering. Bisa-bisa penghasilanmu malah ludes buat keluar rumah.

Sering Kekurangan Istirahat

via GIPHY

 Karena Ladies kerja sendiri, seringkali untuk segera menyelesaikan deadline malah mengorbankan waktu istirahat. Dan nggak ada orang-orang sekitar yang mengingatkanmu untuk istirahat, alhasil yang namanya tidur siang, makan, atau sekedar menghirup udara segar jadi tak sempat. Padahal, waktu istirahat ini juga penting untuk membuat otak jadi produktif kembali.

Kamu dianggap ‘Nganggur’ oleh Teman dan juga Keluarga

via GIPHY

 Karena bekerja di rumah dengan waktu yang begitu fleksibel, nggak jarang kamu dianggap sebagai seorang pengangguran. Dan seringkali teman ataupun juga keluarga memaksa untuk mengajakmu bepergian. Tak berhenti di situ, kamu juga bahkan disuruh-suruh seenaknya lantaran hanya berada di rumah saja. Duh mau kerja di luar tapi lebih enak di rumah, kan jadi galau…

Susah Fokus untuk Bekerja

via GIPHY

 Saat kerja di kantor kamu hanya akan fokus di depan laptop saja. Tapi, saat memutuskan untuk bekerja di rumah banyak hal yang harus dilakukan dan akhirnya jadi kepikiran. Misalnya saja saat kamu mau membuka laptop untuk mengerjakan sebuah proyek yang besar, tapi laundry, cuciaan piring, bersih-bersih rumah sudah mengantri untuk dikerjakan. Nggak hanya itu saja gangguanya, terlebih lagi kamu suka dengan sebuah acara di televisi, pekerjaan jadi terbengkalai. Sekalinya mood, eh tergoda dengan sebuah headline berita dan tahu-tahu udah menghabiskan waktu satu jam untuk browsing.

Bekerja Terlalu Keras

via GIPHY

 Mirip dengan poin sebelumnya nih. Karena kamu sadar pekerjaan nggak akan selesai jika tak dikerjakan, terkadang seringkali lupa akan segalanya. Pagi, siang, ataupun malam terus menerus bekerja untuk mencapai target yang diinginkan. Dan karena itulah terkadang kesehatan tubuh jadi terabaikan. Saking nggak ada yang menegur ataupun yang lainnya bisa-bisa kamu berhari-hari nggak tidur. Apalagi kalau udah deket deadline.

Putuskan Hari Libur Sendiri

via GIPHY

 Meskipun masih banyak sekali pekerjaan ataupun tugas-tugas lainnya, ada kalanya kamu akan malas dan hanya ingin berbaring seharian di atas kasur yang empuk. Ini bisa terjadi pada siapa saja kamu yang bekerja di rumah. Bagi yang belum berpengalaman tentunya akan menjadi pikiran, tapi jika sudah terbiasa akan bisa mengatasi semuanya dengan baik.

Well, itulah beberapa hal yang perlu Ladies perhatikan saat hendak memutuskan bekerja di rumah. Sekarang banyak kok pekerjaan remote yang menguntungkan banyak uang, misalnya saja content writer. Meski sering diremehin, hasilnya seringkali lebih banyak daripada yang seharian duduk di kantor lho.

Sumber: Hello Giggles, Foto cover: abcnews.com

Comments

Loading...