OUR NETWORK

Perkuat Tali Persahabatanmu dengan Lima Cara Ini

Perkuat Tali Persahabatanmu dengan Lima Cara Ini
Foto: pexels.com

Ladies, menjalin persahabatan tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan sosialmu, loh, tetapi juga berdampak baik pada kesehatan fisik dan mentalmu. Sebuah studi di Australia menunjukkan bahwa jaringan pertemanan yang kuat dapat memperpanjang kelangsungan hidup seseorang. Pengaruhnya bahkan lebih besar daripada anggota keluarga! Nggak heran, soalnya kadang kita malah lebih terbuka ke sahabat dibanding ke anggota keluarga. Bener nggak?

Menurut Penulis, Edna Buchanon, hal ini dikarenakan, teman ialah keluarga yang kita pilih untuk diri kita sendiri. Hal ini membuat ikatan yang terbangun dari persahabatan tersebut akan sangat besar pengaruhnya pada diri kita. Akan tetapi, sebagaimana hubungan manusia pada umumnya, persahabatan yang sangat dekat pun dapat merenggang bahkan menghilang di saat-saat rentan.

Baca juga: Waspada, Inilah Ciri-Ciri Kamu Memiliki Sahabat yang Posesif

Semakin dekat dengan seseorang, semakin banyak emosi dan perilaku yang akan kamu pertukarkan dengannya. Kamu akan jauh lebih reaktif terhadap segala hal tentang sahabatmu, baik terkait hal positif maupun negatif. Perkataan yang muncul dari kalian pun akan sangat berpengaruh terhadap hubungan kalian. Well, di satu sisi hal ini sangat baik untuk hubunganmu dengannya, tapi di sisi lain, hal ini juga bisa menjadi bibit kehancuran tali persahabatanmu, Ladies. Akan tetapi, semakin erat persahabatanmu, semakin kalian akan saling mengerti. Untuk itu, berikut ini dilansir dari PsychologyToday terdapat beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk mempererat tali persahabatanmu, Ladies. Check this out!

Perkuat Tali Persahabatanmu dengan Lima Cara Ini
Foto: ladiesagain.com

1. Jujur

Hubungan apapun yang dibangun di atas kepura-puraan tidak akan mendalam atau bertahan lama, Ladies. Pasalnya, hubungan yang solid dan kuat hanya bisa dibangun oleh kejujuran satu sama lain. Bukan satu sisi saja, Ladies! Memberikan dan menerima respon dari orang yang kamu percaya ialah sesuatu yang sangat berharga. Adakalanya ketika berada pada momen tersebut atau mengajukan dan menerima pertanyaan dari sahabatmu, ego yang kamu miliki perlu dikesampingkan. Pasalnya, memiliki teman yang dapat bercerita atau memberi saran secara lugas bisa membantumu mengenal diri sendiri secara lebih baik! Selain itu, menjaga kejujuran satu sama lain dapat mencegahmu bersikap sinis saat terpicu emosi.

2. Berhati-hati dengan Ucapan

Semakin kamu mengenal seseorang dengan baik, semakin kamu tahu di mana kekuatan dan kelemahan mereka. Jadi, kamu akan mengetahui bagaimana menghiburnya saat ia bersedih, atau bagaimana membuat ia sakit hati. Untuk itu, kamu perlu sangat berhati-hati ketika kalian berada pada situasi penuh amarah. Jangan biarkan amarah menguasai dirimu hingga sengaja menyakitinya. Kesampingkan harga dirimu untuk perbaiki situasi. Temukan keseimbangan di mana kamu dapat menyampaikan apa yang kamu pikirkan tanpa menghakiminya agar kamu tetap dapat menjaga kepercayaan antara dirimu dengannya. Jangan ragu untuk meminta maaf, ya Ladies, dan lakukan sesegera mungkin. Penundaan hanya akan membuang waktu kita yang sangat berharga dengannya yang tak layak kita sia-siakan hanya untuk kesedihan dan amarah, bukan?

Perkuat Tali Persahabatanmu dengan Lima Cara Ini
Foto: pexels.com

3. Luangkan Waktu dan Tunjukkan Kasih Sayangmu

Terlalu nyaman dengan seseorang terkadang membuat kita lupa untuk menunjukkan rasa terima kasih atas apa yang dilakukannya, khususnya pada sahabat. Padahal, hal ini sangat penting untuk menunjukkan bahwa hubungan kalian ialah sesuatu yang spesial dan berharga. Untuk itu, tak ada salahnya untuk menunjukkan seberapa sayang dan berminatnya dirimu pada sahabatmu, jangan biarkan ia berpikir hanya ia yang berjuang dan hubungan hanya berpusat padamu, Ladies. Carilah waktu bermain atau berjalan-jalan bersama, atau mungkin mengungkapkan perasaanmu dengan sederhana seperti mengucapkan kata-kata manis atau memberikan kejutan saat momen ulang tahunnya. Apapun tindakanmu, pastikan ia mengetahui ungkapan perasaan sayangmu, loh!

Baca juga: Ketahui Mana Sahabat Sejatimu dengan 5 Tanda Ini!

4. Berharap Berlebihan dan Membuat Asumsi Sendiri

Tak jarang ketika semakin dekat dengan seseorang, kita akan mulai mengharapkan sesuatu dari orang tersebut, dan sering kali kenyataan membuat kedua belah pihak terluka dan kecewa. Hal ini tak hanya berlaku pada pasangan, tetapi juga sangat mungkin terjadi dalam persahabatan. Hal ini bisa terjadi ketika mengungkapkan kasih sayang terhadap satu sama lain yang tidak sesuai dengan harapan, atau ketika salah satu pihak melakukan kesalahan. Karena ekspresi setiap orang berbeda, kesalahpahaman berpotensi besar terjadi dalam sebuah hubungan. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk menghargai dan menerima niat baik dari sahabatmu tersebut dengan caranya. Jika, kamu tidak menyukai cara tersebut, melakukan pembicaraan jujur dan penuh kasih sayang akan membantu kalian berdua untuk saling memahami satu sama lain.

Perkuat Tali Persahabatanmu dengan Lima Cara Ini
Foto: pexels.com

5. Lakukan Perlindungan Daripada Sinisme

Dalam menjalani sebuah hubungan, hal yang sangat penting untuk diingat adalah melakukan apa yang benar daripada menjadi benar. Semakin kamu mengenal seseorang, sifat terburuknya bukan lagi menjadi rahasia. Hal ini dapat memudahkanmu untuk menjadi sinis terhadap aspek negatif atas kepribadian mereka. Well, daripada berperilaku sinis, sebuah persahabatan lebih kuat dibangun dengan saling melindungi dan memberikan kasih sayang. Semakin terus terang tanpa bersikap sinis dan menunjukkan rasa kasih sayang akan meningkatkan kualitas diri sebagai sahabat baik untuk sahabatmu, Ladies.

Perawat Australia Bronnie Ware dalam bukunya The Top Five Regrets of the Dying, menuliskan, tidak mempertahankan persahabatan ialah salah satu penyesalan terbesar seseorang yang tengah menghadapi kematian. Pasalnya, sahabat merupakan bagian penting dari kehidupan yang memberikan makna dan kepuasan pada hidup kita. Kehadiran sahabat juga akan mempengaruhi perkembangan diri dan potensi sepanjang hidup kita. Maka, tak heran sahabat diposisikan sebagai sesuatu yang sangat berarti dalam hidup kita. So, jangan sampai kehilangan sahabat berhargamu ya, Ladies.

Sumber: psychologytoday   Foto cover: pexels.com

Comments

Loading...