OUR NETWORK

Ini Dia Cara Paling Tepat Menggunakan Kulkas

Ini Dia Cara Paling Tepat Menggunakan Kulkas
Foto: rawpixel.com from Pexels

Ladies pasti tau tentang benda satu ini kan? Kulkas adalah benda serbaguna yang mesti ada di rumah. Kamu perlu tahu nih cara memakainya agar makananmu tidak cepat busuk juga menghemat pengeluaran kamu. Kita bagi nih pembahasannya sesuai dengan tiap bagian kulkas. Yuk, Ladies langsung aja ya disimak di bawah ini!

1. Freezer (bagian atas)

Ini adalah tempat jika kamu ingin membekukan makanan. Mulai dari es, buah, sayur, daging, dan berbagai bahan lainnya. Hal yang perlu diingat adalah setiap benda yang disimpan pada freezer harus dalam wadah tertutup rapat. Gunakan wadah dari plastik atau kantong plastik khusus untuk freezer. Hindari penggunaan wadah jar kaca karena mudah pecah dalam suhu dingin.

Baca juga: Seperti Ini Cara Memakai Freezer untuk Menghemat Pengeluaran

2. Doors (pintu kulkas)

Bagian sisi pintu kulkas adalah bagian paling hangat di kulkas sehingga tempatkan makanan yang tidak mudah rusak disini. Bahan makanan seperti bumbu, jus, dan berbagai bahan yang tidak rentan perubahan suhu diutamakan ditaruh disini. Jadi jangan taruh telur dan susu di sini ya Ladies karena dua bahan tersebut rentan rusak.

3. Upper Shelves (laci atas di bagian bawah)

Bagian ini adalah bagian dengan suhu paling konsisten. Tipsnya adalah tempatkan bahan yang tidak perlu dimasak lagi di bagian ini. Bahan seperti lauk sisaan, minuman, dan makanan siap saji diutamakan ditaruh di sini.

Ini Dia Cara Paling Tepat Menggunakan Kulkas
Foto: greatist.com

4. Lower Shelves (bagian tengah)

Bagian ini adalah bagian terbaik untuk menyimpan daging mentah, telur, seafood, dan berbagai produk susu karena memiliki suhu terdingin. Kamu perlu membuat bagian khusus untuk daging karena bahan ini mudah mencemari yang lain.

Satu lagi nih Ladies, jangan menjejalkan semuanya di kulkas ya. Berbeda dengan freezer yang lebih baik dalam kondisi penuh, di kulkas perlu ada sirkulasi udara dan jika tidak mengalir dengan baik akan ada bagian-bagian yang hangat di dalam kulkas. Kamu tidak mau kan menemukan susu atau yoghurtmu dalam keadaan hangat?

5. Crisper (laci paling bawah)

Bagian ini didesain agar dapat menjaga kelembapan dari buah dan sayur. Tapi tidak semua buah dan sayur cocok disimpan di sini ladies. Pertama pisahkan antara buah dan sayur. Selanjutnya cuci buah dan sayur hanya jika saat mau dikonsumsi saja. Tapi kamu bisa mencucinya sebelum disimpan Ladies. Namun pastikan buah dan sayur tidak terlalu lembap dengan mengeringkannya terlebih dahulu dengan lap atau bisa kamu taruh sebentar di bagian atas kulkas.

Baca juga: 5 Bahan Alami Ini Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Kulkas

6. On Top (Tempat di atas kulkas)

Agar udara dingin tetap di dalam, udara hangat dibuang keluar. Bagian di atas kulkas adalah bagian yang hangat karna hal tersebut. Hindari menaruh makanan di daerah ini karena akan cepat busuk. Kamu bisa memakainya untuk mengeringkan buah dan sayur sejenak, mengeringkan lap, atau menaruh buku resep.

Yuk, Ladies luangkan waktu kamu untuk merapikan sekaligus membersihkan kulkas ya.

Sumber: respectfood

Comments