OUR NETWORK

Yuk, Kenalan dengan Diet Flexitarian

Yuk, Kenalan dengan Diet Flexitarian
Foto: unsplash.com/PHÚC LONG

Apa sih diet flexitarian? Diet flexitarian adalah diet di mana kita menurunkan dan membatasi jumlah konsumsi daging pada menu makanan sehari-hari. Metode diet ini cocok untuk kamu yang mau memulai veganisme. Sebelum benar-benar nggak makan daging sama sekali, kamu bias membatasinya dengan metode diet ini.

Baca juga: 7 Jenis Vegetarian dan Manfaatnya

Diet ini didasari bahwa produk-produk pertenakan seperti susu, daging, dan lain sebagainya membutuhkan sumber daya yang jauh lebih besar dibanding produksi pertanian seperti sayur dan buah. Inti dari diet ini adalah mengurangi konsumsi ya, Ladies, bukannya benar-benar berhenti mengonsumsi daging. Ingin mencoba diet ini? Yuk, simak dibawah ini, Ladies.

Yuk, Kenalan dengan Diet Flexitarian
Foto: unsplash.com

Cara melakukan diet flexitarian:

1. Ikut gerakan “Meatless Monday”

“Meatless Monday” adalah gerakan yang bertujuan menurunkan 15% konsumsi daging secara individual dengan tidak memakan daging setiap hari Senin. Cukup mudah kan, Ladies? Kalau kamu bisa melakukan gerakan tidak makan daging sehari dalam seminggu ini, kamu bisa menaikkan intensitasnya menjadi beberapa hari dalam tiap minggunya.

2. Kreasikan makananmu dengan berbagai tipe serealia dan sayuran

Ada berbagai serealia dan sayuran yang bisa kamu coba. Pergi ke pasar tradisional di dekatmu dan kamu akan menemukan berbagai macam sayuran yang mungkin belum pernah kamu makan sebelumnya. Mulailah pertualangan baru dengan mencoba berbagai resep baru dari bahan-bahan makanan tadi.

Yuk, Kenalan dengan Diet Flexitarian
Foto: unsplash.com

3. Tambahkan dengan perasa dan daging buatan

Ternyata ada beberapa makanan nabati yang memiliki rasa seperti daging. Tambahkan bahan seperti kecap dan jamur kering untuk menambah cita rasa daging. Rumput laut, kentang, dan tomat juga memberi rasa umami pada makanan. Selain itu ada juga lho ‘daging vegan’ yang terkenal yaitu tempe dan tahu yang bisa kamu kreasikan dalam diet flexitarian kamu.

Baca juga: Ayam Goreng untuk Para Vegetarian

4. Kurangi konsumsi daging merah dan produk olahannya

Inti dari diet ini adalah mengurangi daging, Ladies. Kamu sebaiknya mengurangi konsumsi daging merah serta produk-produk pabrik olahannya. Daging hasil produksi pabrik biasanya mengandung kadar sodium dan pengawet yang tinggi dan tentunya kurang bagus untuk kesehatan. Sebaiknya kamu mengganti daging merah dengan bahan makanan laut dan daging putih yang lebih bagus untuk kesehatan.

Semua hal butuh proses, Ladies. Jadi jangan langsung menurunkan drastis konsumsi daging harian kamu. Lakukan pelan-pelan tapi pasti aja ya.

Sumber: thegoodtrade

Comments

Loading...