OUR NETWORK

Etika Meeting via Zoom yang Perlu Kamu Tahu

Etika Meeting via Zoom yang Perlu Kamu Tahu
Foto: pexels.com

Karantina masih berlangsung di berbagai belahan dunia. Indonesia pun masuk ke dalamnya, Ladies. Entah karena kamu mesti WFH atau lagi karantina mandiri di rumah, komunikasi sekarang jadi berbasis aplikasi dan online nih. Salah satu aplikasi yang naik pamornya di masa-masa ini yakni aplikasi video conference adalah Zoom

Kamu salah satu penggunanya? Pernah gak ngerasa canggung dan bingung bersikap saat lagi group video call dengan aplikasi saat ini? Nah, biar kamu gak serba salah kayak lagunya Raisa, kamu bisa belajar beberapa manner Zoom berikut ini nih, Ladies. Karena walaupun melalui aplikasi, beberapa meeting tetap bersifat formal, apalagi kalau berhubungan dengan kerjaan ya, Ladies. Yuk, langsung aja ya cek dibawah! 

1. Keluar Room Meeting Zoom

Etika Meeting via Zoom yang Perlu Kamu Tahu
Foto: pexels.com

Jika kamu memperkirakan akan keluar dari Meeting Zoom pada waktu tertentu, kamu bisa memberitahukannya sebelum meeting dimulai. Misal “Aku nanti out vid-call sebentar ya kalau oven aku bunyi. Lagi bikin kue soalnya.” Sertakan juga alasannya kenapa kamu akan keluar di tengah-tengah meeting.

Cara lainnya yakni dengan bilang di tengah-tengah. Ambil perhatian mereka dengan klik hand raise feature di Zoom saat ada break di percakapan. Bilang “Aku keluar duluan ya, next time kita video call lagi.” Jika masih ada waktu, tunggu sampai mereka merespon balik lalu tinggalkan meeting.

Untuk situasi formal misal meeting kerjaan tentu bahasa yang kamu gunakan lebih formal ya, Ladies. Kamu pun harus menunggu respon tiap orang saat kamu izin keluar duluan dari meeting kerja sebagai bentuk sopan santun. Gunakan common sense kamu ya.

2. Menolak Undangan Meeting Zoom

Etika Meeting via Zoom yang Perlu Kamu Tahu
Foto: pexels.com

Jika kamu perlu menolak undangan Zoom dari circle kamu, cukup bilang “Kayaknya aku gak bisa online deh pas itu. Have fun aja ya kalian.” Atau kamu bisa tambahkan waktu lain dimana kamu bisa dihubungi, misal “Besok sore aku free, ayok aja kalau mau video call-an.” Kamu gak perlu ngasih alasan saat menolak undangan meeting Zoom yang memang tidak wajib kamu hadiri. 

Jangan gunakan alasan apalagi “Zoom burnout” sebagai penyebab kamu menolak undangan Zoom teman kamu, Ladies. Mungkin kamu jenuh dengan Zoom, tapi kalau kamu ngomong “Aku terlalu capek pake zoom buat ngomong sama kalian” agak nusuk juga di hati nih…

3. Saat Akan Terlambat Mengikuti Meeting Zoom

Seperti etika terlambat pada umumnya, kabari bahwa kamu akan terlambat. Entah itu via WhatsApp, chat Line, email, dan lain sebagainya. Komunikasi itu penting ya, Ladies!

4. Cara Mengatur Giliran Berbicara Saat Meeting Zoom

Etika Meeting via Zoom yang Perlu Kamu Tahu
Foto: pexels.com

Direkomendasikan banget untuk menunjuk satu orang sebagai lead moderator dan mengatur meeting Zoom kamu. Dengan adanya moderator, suara tiap orang nggak akan numpuk-numpuk dan menggangu jalannya meeting. Kamu juga bisa ikut membantu dengan mute diri kamu sendiri saat ada orang lain bicara, jadi background noise nya berkurang. 

5. Mengalami Error Saat Video Call

Jika video kamu mengalami delay dan suara kamu terdengar putus-putus, langsung hentikan aja, Ladies, karena suatu siksaan untuk ngedengerin suara patah-patah. Ganti koneksi kamu dan coba lagi. Jika belum bisa, kamu harus terima hanya bisa mendengarkan aja, nggak bisa ikut bicara. Jangan dipaksa ya, ikhlasin aja dulu, Ladies…

6. Menyalakan Kamera Video, Harus atau Tidak?

Etika Meeting via Zoom yang Perlu Kamu Tahu
Foto: pexels.com

Situasi ini terutama saat meeting Zoom saat WFH. Tergantung keputusan atasan kamu, apakah ia mengharuskan semua orang menyalakan video atau tidak. Usahakan juga  penampilan kamu layaknya saat bekerja di kantor ya, Ladies. 

Jika kamu tinggal di rumah dengan banyak anak kecil atau ada pekerjaan konstruksi dekat denganmu, minta pengecualian. Jika kamu ingin mematikan video atau suara, pastikan kamu memberikan alasan yang jelas ke atasan kamu, Ladies.

7. Izin ke Kamar Mandi saat Meeting Zoom

Gunakan fitur instant message di sebelah kanan dan ketik “I’ll be right back”. Pastikan juga kamu mute diri kamu biar suara flush toilet atau suara tidak diinginkan lainnya tidak terdengar ke mereka. Kan jadi tengsin kalau kedengeran..

Next time, kamu nggak perlu merasa awkward lagi nih kalau lagi conference di Zoom. Semoga bermanfaat ya, Ladies!

 

Sumber: Refinery29

Comments

Loading...