OUR NETWORK

Cara Negosiasi Tagihan Kamu di Tengah Pandemi Covid-19

Cara Negosiasi Tagihan Kamu di Tengah Covid-19
Foto: pexels.com

Dampak dari Covid-19 berpengaruh nyata sama kondisi dompet kita nih, Ladies. Banyak yang terpaksa kehilangan pekerjaannya dan tidak memiliki tabungan untuk kehidupan mereka kedepannya. Belum lagi tagihan bulanan yang terus berdatangan dan sama sekali nggak berkurang. 

Karena wabah Covid-19 termasuk kejadian luar biasa, akhirnya banyak perusahaan membuka diri untuk menegosiasikan tagihan bulanan mereka dengan para klien. Buat kamu yang lagi pingin negosiasi tagihan kamu tapi bingung caranya gimana, cek poin-poin berikut nih, Ladies!

1. Buat Skala Prioritas dalam Pengeluaran

Cara Negosiasi Tagihan Kamu di Tengah Covid-19
Foto: pexels.com

Langkah ini jelas banget penting. Sebelum memulai negosiasi, prioritaskan kebutuhan utama kamu. Pertama tentunya makanan dan kedua tempat tinggal. Jika kamu tinggal di kamar sewa, kamu perlu membicarakan dengan pemilik tempat tinggal kamu untuk memberikan keringanan uang sewa. Setelah kebutuhan utama kamu selesai dibayar, baru deh kamu bisa membayar tagihan lain seperti subscription bulanan atau kartu kredit kamu.

2. Cari Tahu Deal yang DItawarkan Perusahaan Tagihan Kamu

Banyak program yang ditawarkan perusahaan di saat seperti ini, Ladies. Ada yang memberikan waktu ekstra dua bulan, pengurangan uang denda untuk keterlambatan, atau penghilangan bunga selama beberapa waktu. Jadi research dulu ya, Ladies.

3. Telepon Customer Service Mereka

Cara Negosiasi Tagihan Kamu di Tengah Covid-19
Foto: pexels.com

Kamu perlu memberitahukan situasi kamu secara langsung kepada pihak perusahaan tagihan. Telepon bagian customer service mereka dan berikan penjelasan bahwa kamu terkena dampak Covid-19 secara finansial. Entah karena kamu atau anggota keluarga kamu terjangkit Covid atau mengalami pemutusan kerja akibat wabah yang terjadi. Walaupun ada kemungkinan kamu ketemu petugas customer service yang nggak simpatik, tapi poin satu ini perlu dilakukan, Ladies.

4. Konsekuensi Terburuk Negosiasi Tagihan?

Jika kamu kepikiran akan konsekuensinya, hal terburuk yang bisa terjadi adalah pihak perusahaan mengatakan tidak. Udah, itu aja, Ladies. Hal yang mesti kamu waspadai adalah jika tagihan kamu berupa tagihan pinjaman seperti student loan. Jika kamu meminta penundaan bayar, tentu bunga pinjaman akan bertambah. 

5. Jika Negosiasi Tidak Berhasil…

Skenario terburuk, yakni saat negosiasi kamu ditolak dan kamu tidak mampu membayar, credit score kamu di perusahaan tersebut mau tidak mau menjadi negatif. Jika ini terjadi, ingat, kamu bisa membangun kembali credit score kamu saat pemasukan kamu kembali lancar. Untuk saat ini yang penting kamu bertahan hidup dulu, Ladies. Okay? Balik lagi, prioritaskan pangan dan papan untuk saat ini.

6. Tenang Ladies, Kamu Tidak Sendirian

Cara Negosiasi Tagihan Kamu di Tengah Covid-19
Foto: pexels.com

Proses negosiasi bisa membuat siapa saja nervous, Ladies. Apalagi buat kamu yang baru pertama kali melakukannya. Saat seperti ini perlu diingat bahwa kamu bukan satu-satunya yang terkena dampak finansial Covid-19. Ada berjuta-juta orang di luar sana yang mengalami hal sama dan harus menelpon perusahaan tagihan mereka juga untuk negosiasi pembayaran. 

Seperti itu tadi poin-poin yang perlu kamu ingat sebelum melakukan negosiasi. Stay strong, Ladies! You can do it!

 

Sumber: Refinery29

Comments

Loading...