OUR NETWORK

Dapur Berantakan? Begini Tips untuk Merapikannya

Dapur Berantakan? Begini Tips untuk Merapikannya
Foto: pexels.com

Dapur adalah salah satu area yang mudah sekali berantakan. Setuju nggak, Ladies? Tempat ini jugalah yang menjadi salah satu spot di dalam rumah yang paling sering dijadikan tempat eksperimen bagi kaum hawa. Betapa tidak, kamu bisa seharian menghabiskan waktu di dapur menciptakan menu-menu baru atau sekadar penasaran untuk mengikuti resep-resep ala food vloger/blogger. Hasilnya, dapur menjadi area yang mudah sekali berantakan.

Baca juga: Tips Membersihkan Water Stain di Kamar Mandi dan Dapur

Selain itu, area cabinet bawah bak cuci piring juga seringkali menjadi tempat favorit untuk menyembunyikan segala macam barang secara asal. Why? Karena biasanya, ketika membersihkan dapur, barang-barang seperti panci dan wajan yang jarang dipakai biasanya lebih sering diletakan di kabinet secara asal. Konsekuensinya, semakin hari kabinet rasanya semakin penuh dengan barang dan sulit untuk diuraikan. Sehingga, pemandangan di dalam kabinet ini pada akhirnya memberikan sumbangan terbesar yang membuat dapurmu tampak super berantakan. Duh!

Oleh karena itu, mengorganisir area kabinet juga menjadi kunci dalam merapikan area dapur. Sudah saatnya, dapurmu menjadi tempat yang nyaman, menyenangkan, dan rapi. Dapur yang rapi juga salah satu faktor pendukung mood untuk memasak lho, Ladies. Kamu bisa merapikan dapur dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut.

1. Kosongkan kabinet

Keluarkan semua benda dari bawah wastafel dan letakkan di lantai dapur. Atur sedemikian rupa sehingga kamu bisa memilih barang yang sering digunakan dan yang jarang digunakan.

2. Buat zona

Sebelum kamu meletakkan barang-barang kembali di kabinet bawah bak cuci, tentukan area spesifik untuk berbagai jenis barang. Misalnya, kamu dapat menyimpan sikat dan spons bersama-sama, dan membersihkan produk serta sabun cuci piring dan deterjen di tempat lain. Pengaturan seperti ini akan memudahkan kamu untuk meletakan di tempat yang sesuai. Jadi, kalau nanti mau digunakan lagi, kamu tidak perlu sibuk mencari di tempat lain.

3. Gunakan clear containers untuk menyimpan item

Gunakan wadah untuk merampingkan bagian dalam lemari kamu, Ladies. Kelompokkan hal-hal seperti botol-botol saus, sereal, dan kopi, kemudian masukkan ke dalam wadah plastik kecil agar tidak tersebar di seluruh kabinet. Gunakan kotak sepatu plastik bening untuk menyimpan makanan yang ada dalam kotak kecil seperti campuran agar-agar atau puding.

Baca juga: Ide Tempat Penyimpanan Untuk Dapur Kecil

4. Simpan wadah dan tutup

Buang wadah tanpa tutup dan simpan wadah plastik yang tersisa baik dengan tutupnya atau simpan tutupnya di wadah lain yang lebih besar agar semuanya tetap bersama. Lakukan hal yang sama dengan tutup panci dan wajan kamu, Ladies. Kotak plastik bening besar akan menjaga mereka tetap bersama. Pilihan lain adalah menyimpannya pada kabinet di rak kawat.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar dapurmu tampak lebih rapi. Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: apartmenttherapy, hgtv

Comments

Loading...