OUR NETWORK

Ide Tempat Penyimpanan Untuk Dapur Kecil

Ide Tempat Penyimpanan Untuk Dapur Kecil

Perkembangan properti saat ini menunjukkan bahwa popularitas rumah bergaya minimalis semakin meningkat yang berarti ruang dapur yang sempit pun tidak dapat terhindar. Kebanyakan orang berpikiran, ukuran dapur yang sempit menghambat aktivitasnya di dapur, misalnya tidak memiliki alat dan bahan masakan tertentu karena tidak memiliki tempat penyimpanan yang memadai atau sulit beraktivitas di dapur jika barang yang dimiliki terlalu banyak. Apakah kamu mengalami hal ini, Ladies?

Baca juga: Butuh Suasana Baru di Rumah? Intip 9 Inspirasi Dekorasi Dinding Ini, Yuk!

Sebenarnya, ketika kamu memiliki ukuran dapur yang sempit, yang perlu kamu lakukan ialah membuat ruangan itu tampak lebih luas dengan melakukan upaya kreativitas yang cukup besar. Meski telah banyak berbagai cara mengorganisasi dan membuat sebuah ruangan tampak lebih luas, perlu kamu ingat, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu serta ruanganmu. Nah, dikutip dari TheKitchn.com berikut ini ada 7 tips yang dapat menjadi inspirasimu dalam menata ulang dapur mungilmu menjadi lebih menarik sekaligus fungsional.

Membuat Galeri Alat Masak di Tembok

Ide Tempat Penyimpanan Untuk Dapur Kecil
Foto cover: thekitchn.com

Jika kamu memiliki ruang secara horizontal, manfaatkan ruang kosong vertikal kamu, yakni tembok ruangan. Dibandingkan menghabiskan ruang yang cukup besar untuk menempatkan alat-alat masakmu, lebih baik gantungkan seluruh alat masakmu di tembok. Selain lebih menarik, desain ini pun dianggap lebih efektif untuk membantumu memasak. Pasalnya, kamu tidak perlu lagi kesulitan mencari alat masak yang akan kamu gunakan di tumpukan alat masak lain, kamu akan langsung menemukannya ketika melihat salah satunya menggantung di tembok. Jangan lupa, tata galeri alat masakmu itu dengan menarik. Adapun dinding yang dapat dimanfaatkan bisa dinding di dapurmu, atau di lorong menuju dapurmu.

Gunakan Ruang di Atas Lemari

Ide Tempat Penyimpanan Untuk Dapur Kecil
Foto cover: thekitchn.com

Untuk kamu yang menggunakan cabinet atau lemari di dapurmu, jangan sia-siakan ruang kosong di atas lemarimu. Wilayah yang seringkali terlupakan ini merupakan tempat yang bagus untuk menempatkan peralatan kecil atau bahan makanan, seperti botol-botol anggur, bubuk kopi, dan lainnya. Untuk membuatnya tampak lebih menarik, kamu dapat mengorganisir barang-barang tersebut dengan bantuan tempat penyimpanan berbahan kawat.

Tambahkan Pembatas Kayu di Lemari Dapur

Ide Tempat Penyimpanan Untuk Dapur Kecil
Foto cover: thekitchn.com

Untuk menambah ruang penyimpanan, kamu tidak perlu membeli lemari dapur lagi yang akan membuat dapurmu semakin sempit. Kamu hanya perlu membuat pembatas dari bahan kayu untuk membagi ruang di dalam lemarimu, sehingga piring, talenan, dan loyang yang menumpuk dan mengambil ruang besar di suatu sisi akan tertata rapi dan ruang yang diambil pun akan lebih kecil.

Gunakan Pot Rail

Ide Tempat Penyimpanan Untuk Dapur Kecil
Foto cover: thekitchn.com

Pot rail merupakan trik andalan untuk mengatasi ruangan yang sempit di dapur. Ada banyak desain dan tata letak yang berbeda untuk membantu kebutuhan pengorganisasianmu. Penulis freelance, Kim Laidlaw, mengaku, dirinya menggunakan pot rail untuk menempatkan hampir seluruh barangnya di dapur, mulai dari paper towel, sarung tangan oven, hingga rempah-rempah dan peralatan masak.

Manfaatkan Setiap Sudut Ruangan

Ide Tempat Penyimpanan Untuk Dapur Kecil
Foto cover: thekitchn.com

Menempatkan sebuah rak tidak harus berada di dalam sebuah ruangan, tetapi juga dapat diletakkan di sudut atas pintu. Di dapur, ruang itu sempurna untuk meletakkan pot tanaman, buku masak, atau hidangan spesial.

Gunakan Ruang Bawah Lemari

Ide Tempat Penyimpanan Untuk Dapur Kecil
Foto cover: thekitchn.com

Tidak hanya ruangan kosong di atas lemari, ruang kosong di bawah lemari juga seringkali terlupakan. Gunakan magnetic strips atau kait untuk menggantungkan bumbu-bumbu masakan atau gelas di bawah lemarimu.

Maksimalkan Ruang di Sisi Lemari

Ide Tempat Penyimpanan Untuk Dapur Kecil
Foto cover: thekitchn.com

Jika kamu memiliki lemari dengan sisi yang terbuka, pertimbangkanlah untuk menambahkan pengait atau rail di sana. Pasalnya, dengan kait atau rail, kamu dapat memiliki ruang tambahan untuk meletakkan semua peralatan dan perkakas kecilmu yang berarti membebaskan laci untuk menyimpan barang lain yang lebih membutuhkan.

Baca juga: Inspirasi Desain Dapur Kecil yang Bikin Kamu Betah Masak

Nah, cukup mudah diikuti bukan beberapa tips dan trik berikut ini. So, kamu tidak perlu kebingungan lagi menyimpan banyak barang di dapur yang sempit. Meski begitu, kamu tidak perlu mengaplikasikan seluruh tips ini. Cukup gunakan tips tertentu sesuai dengan kebutuhan dan ruang di dapurmu, ya Ladies. Selamat mencoba.

 

Sumber: thekitchn.com , Foto cover: bhg.com

Comments

Loading...