OUR NETWORK

Bridal Shower, Penting atau Nggak Penting?

Bridal Shower, Penting atau Nggak Penting?
Foto: pexels.com

Menjelang hari pernikahannya, selain mengunggah foto-foto prewednya, biasanya sang calon pengantin wanita juga mengunggah foto dari acara bridal shower. Kadang juga diakhiri dengan wajah dipenuhi coretan lipstik. Kelihatannya seru juga ya, Ladies… Mungkin kamu juga jadi berpikir untuk bikin acara serupa menjelang pernikahanmu nanti. Atau malah nggak tertarik sama sekali? Hmm sebenarnya penting nggak sih mengadakan bridal shower? Simak pro dan kontra soal bridal shower berikut ini untuk menjadi bahan pertimbanganmu! 

Pro

1. Mempererat ikatan antar sahabat dan keluarga

Bridal Shower, Penting atau Nggak Penting?
Foto: pexels.com 

Pada dasarnya, bridal shower merupakan acara yang diadakan oleh para perempuan terdekat calon pengantin perempuan, baik itu saudara maupun sahabat. Biasanya, teman-teman dan pihak keluarga perempuan biasanya akan berkoordinasi untuk menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan acara. Mulai dari dekorasi bridal shower sampai urusan hadiah. Dengan menjalin komunikasi, ikatan pihak keluarga dan teman dekat calon pengantin akan menjadi erat. Di Indonesia sendiri, bridal shower biasanya diadakan oleh teman-teman si calon pengantin perempuan yang juga ditunjuk sebagai bridesmaids. Selain itu, bridal shower juga bisa menjadi acara simbolis terakhir di mana kamu bisa bebas bersenang-senang sebelum terikat dengan tanggung jawab rumah tangga.

2. Membantu bridesmaids untuk lebih mengenal satu sama lain

Memilih bridesmaids bukan perkara mudah. Kamu harus memilih sahabat yang paliiing dekat di hidup kamu dengan pertimbangan dia juga bisa menjalankan tugasnya sebagai bridesmaids dengan baik. Nggak jarang, bridesmaids yang kamu pilih berasal dari lingkaran persahabatan yang berbeda-beda.Misalnya, ada yang teman SMA, teman kuliah, teman kantor, teman arisan, dan lain sebagainya. Di acara bridal shower, para bridesmaids bisa lebih mengenal dan akrab satu sama lain. Sama-sama dapat teman baru dan di hari H, diharapkan mereka udah lebih nyaman dan dekat satu sama lain. 

3. Dapat saling berbagi pengetahuan

Bridal Shower, Penting atau Nggak Penting?
Foto: squarespace-cdn.com

Jika acara bridal shower-mu melibatkan ibu calon manten, calon ibu mertua, atau teman-teman yang sudah lebih dulu menikah, kalian dapat saling berbagi pengetahuan yang penting mengenai pernikahan. Kamu bisa meminta mereka memberikan ‘wejangan’ soal membangun rumah tangga dan lain sebagainya. Mempertahankan pernikahan dan mengarungi bahtera rumah tangga itu tidak mudah, jadi nasihat dari orang-orang yang sudah terlebih dulu menjalaninya pasti akan sangat berguna.

Kontra

1. Dana dan waktu yang terbatas

Bridal shower biasanya disiapkan oleh teman-temanmu dan acara ini bisa memakan biaya yang tidak sedikit. Jika mereka tidak memiliki dana dan waktu yang cukup, maka bridal shower bisa saja ditiadakan. Belum lagi jika uang teman-teman dan keluargamu sudah banyak dikeluarkan untuk pernikahan. Tahu sendiri kan Ladies, perkiraan biayanya mulai dari suvenir, biaya venue, ongkos jahit, ongkos makeup, dan masih banyak lagi?

Tapi kalau tetap ingin mengadakan acara seperti ini, kamu bisa membuat alternatif acara yang lebih sederhana. Misalnya, acara seperti makan bersama yang hangat dan seru di mana kalian dapat saling curhat. 

2. Teman-teman atau keluarga tinggal berjauhan

Selain long distance relationship, long distance friendship juga cukup sulit dijalani ya, Ladies. Jarak dan waktu yang memisahkan membuat bridal shower menjadi acara yang bisa merepotkan. Sebagai gantinya, kamu bisa membuat acara bersama teman-temanmu sehari sebelum hari H, saat mereka sudah datang dan siap bertugas jadi bridesmaids. Kamu bisa membuat acara makan siang atau day spa, sekaligus sebagai persiapan. Seru kaaan?

3. Kamu tidak suka jadi pusat perhatian

Bridal Shower, Penting atau Nggak Penting?
Foto: healthtian.com

Beberapa orang merasa salah tingkah dan gugup ketika menjadi pusat perhatian. Jika kamu salah satunya, tidak ada salahnya jika kamu menolak tawaran teman-teman atau keluargamu untuk mengadakan bridal shower. Belum lagi jika di acara tersebut temanmu akan membuat mini quiz yang akan mengungkap hal-hal yang rahasia tentang dirimu. Duh… Jelaskan baik-baik pada mereka bahwa kamu nggak akan membuat bridal shower dan kamu juga nggak meminta mereka untuk membuat acara itu untuk kamu.

Nah, itu tadi pro dan kontra dari acara bridal shower yang bisa jadi pertimbangan kamu, Ladies. Penting atau enggaknya acara ini diadakan kembali lagi ke setiap orang. Kalau kamu suka perayaan,  dalam kondisi finansial dan waktu yang memungkinkan dari orang-orang tersayang, kenapa nggak? Kamu bisa meminta atau mengizinkan teman dan keluarga untuk mengadakan bridal shower untukmu. Tapi kalau hanya ingin acara yang sederhana, nggak masalah juga untuk skip bridal shower dan fokus ke hari H pernikahanmu saja, Ladies. Bagaimana dengan kamu?

Comments

Loading...