OUR NETWORK

Takut Sakiti Perasaan Orang, Begini Cara Menolak Cintanya Secara Halus

Takut Sakiti Perasaan Orang, Begini Cara Menolak Cintanya Secara Halus
Foto: lol-la.com

Dengan penampilan yang menarik dan kepribadian yang unik, tak heran kamu mendapatkan banyak perhatian, bahkan ketertarikan dari lawan jenis. Tapi, ternyata dari beberapa orang yang mendekati, baik orang yang baru bertemu sekali dua kali, atau bahkan kenalan lamamu, membuatmu tidak nyaman, bahkan cenderung ingin menolaknya. Akan tetapi, di sisi lain, kamu ingin hubungan antara kalian tetap baik, sehingga kamu ingin menunjukkan penolakkan yang sopan dan halus. Akhirnya ini membuatmu bingung, bagaimana cara menolak yang paling tepat, karena bagaimana pun juga penolakkan dari orang yang disukai akan memberi rasa yang cukup sakit. Well, jika kamu sekarang sedang dalam situasi ini, Ladies, tak perlu khawatir, berikut ini terdapat beberapa cara yang mungkin bisa membantumu keluar dari situasi tersebut.

1. Ucapkan Secara Jujur dan Simpel

Kejujuran selalu menjadi jalan terbaik dalam menghadapi masalah. Pasalnya, tidak sopan berbohong kepada orang lain, apalagi jika kamu tidak ingin berkencan atau berpacaran dengannya. Tapi, tidak berarti dalam menyampaikannya, kamu bisa menyebutkan penolakkan yang tidak mengenakkan, seperti “Tidak, terima kasih, aku pikir kita memang tidak akan menjadi pasangan yang baik.” Kamu perlu memilih kata-kata yang baik dan simple namun to the point agar kedua belah pihak tetap nyaman. Hindari membuat alasan yang bertele-tele, ya Ladies, karena ini hanya akan membuat rasa sakit hati mereka semakin dalam, loh!

2. Hindari Serangan Terhadap Kekurangan Fisik atau Kepribadian Orang Terkait

Takut Sakiti Perasaan Orang, Begini Cara Menolak Cintanya Secara Halus
“Maaf, aku nggak bisa sama kamu, soalnya kamu suka tiba-tiba kayang di tempat umum.” Foto: thelist.com

Meski kamu tidak merasa sreg dengan ciri-ciri fisik atau kepribadian mereka, usahakan jangan mengaitkan penolakkanmu dengan hal tersebut, Ladies. Karena akhirnya bukan menyelesaikan masalah perasaan, malah menjadi serangan terhadap dirinya pribadi dan tentunya akan membuat hubungan kalian berakhir dengan tidak baik. Oleh karena itu, sebaiknya fokuskan saja pada perasaan yang dirasakan kalian berdua.

Baca juga: Ditolak Gebetannya Karena Gemuk, Pria Ini Bertransformasi Jadi Langsing dan Tampan

3. Jangan Katakan Kamu Belum Siap

Ladies, jika kamu ingin menolak seseorang, jangan mengatakan kepadanya bahwa kamu belum siap. Pasalnya, hal ini tidak akan membuatnya menjauh, melainkan membuatnya terus berharap padamu bahwa ke depannya kalian akan menjalin hubungan asmara. Jika berlarut terlalu lama, tentunya ini hanya akan membuat rasa sakit hatinya semakin mendalam, Ladies.

4. Jangan Menghilang Tiba-tiba

Kebanyakan dari kamu yang takut menyakiti perasaan orang yang sayang padamu dengan berhenti berbicara dengannya dan menghilang. Sekilas memang terlihat menjadi pilihan yang aman dan nyaman, namun, sebenarnya ini bukanlah cara yang tepat, karena perasaan pihak lain akan lebih sakit. Sebaiknya ungkapkan secara langsung dan jujur bahwa kamu tidak tertarik disertai dengan sikap baik, sehingga ia dapat mengakhiri perasaannya dengan cepat. Kalau dihadapkan pada pilihan yang sama, kita juga pasti akan lebih memilih untuk ditolak daripada terombang-ambing dalam ketidakpastian kan, Ladies?

5. Lakukan Golden Rule

Bingung bagaimana kamu harus bersikap ketika melakukan penolakkan? Cara paling mudah dan cukup efektif dalam menjaga hubungan kalian ke depan ialah dengan gaya golden rule. Ini adalah cara di mana, kamu memperlakukan dirinya sebagaimana kamu diperlakukan olehnya sebelumnya. Dengan cara ini, ia akan tersadar bahwa sebaik apapun perlakuannya, kamu memang tidak memiliki perasaan lebih terhadapnya.

Baca juga: Micro-Cheating dan Tandanya, Hati-hati Kamu Tanpa Sadar Melakukannya

Dari berbagai cara yang tertera pada ulasan di atas, satu hal penting yang perlu diingat, jangan pernah melakukan penolakkan melalui teks jika tidak dalam keadaan darurat, Ladies. Mengingat, kesalahpahaman seringkali terjadi lewat teks tertulis seperti SMS atau chatting. Tentunya, kamu tidak ingin membuat situasi semakin membingungkan diantara kalian berdua bukan? Lakukan penolakkan melalui teks hanya jika kamu kesulitan terkait waktu untuk bertemu dengan orang terkait, atau orang tersebut berpotensi memperlakukanmu dengan kasar.

 

Sumber: elitedaily, baeby, wikihow

Comments

Loading...