OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tren Beauty Industry Masa Depan? Robot Siap Memakaikan Makeup, Hair Styling Rambut dan Nail Art

Pernah kebayang nggak sih kalau kamu masih ke salon, ternyata yang melayani kamu bukan manusia, melainkan robot? Agak ngeri-ngeri juga ya, Ladies. Tapi sepertinya hal ini akan kejadian nih di masa depan. Tahun 2021 ini, robot sudah bisa memakaikan bulu mata dan mengecat kuku kamu nih, Ladies. Ternyata penggunaan robot di beauty industry tengah dikembangkan secara luas. 

Robot manicurist

Tren Beauty Masa Depan? Robot Siap Memakaikan Makeup, Hair Styling Rambut dan Nail Art
Foto: allure.com

Kenal dengan Clockwork? Robot satu ini merupakan robot manicurist yang berada di Rockefeller Center di kota New York. Bagaimana cara kerja Clockwork? Robot ini menggunakan 2 kamera 3D yang sangat canggih. Kamera ini akan mengambil gambar kuku klien kemudian membuat peta 3D dari kuku tersebut agar mereka dapat merencanakan daerah mana saja yang dicat. Setelah itu, robot akan mengoleskan cat di kuku kamu deh, Ladies. 

Arah gerak robot ini memutar seperti saat seseorang memberikan icing di cupcake. Clockwork dapat menyelesaikan mengecat setiap kukunya dalam waktu 30 detik. Jadi kalau seluruh tangan cuman 5 menit aja nih, Ladies. Cepet banget ya. Clockwork membutuhkan waktu 2,5 tahun untuk dibuat dan kamu dapat dilayani oleh Clockwork dengan membayar 10 dollar atau sekitar 150 ribu rupiah.

Robot untuk pasang bulu mata

Tren Beauty Masa Depan? Robot Siap Memakaikan Makeup, Hair Styling Rambut dan Nail Art
Foto: allure.com

Seorang insinyur robot di Oakland yang sudah memiliki paten untuk robot pembuat tato bulu mata dan robot untuk spray tan, membutuhkan 4 tahun untuk membuat robot untuk memasang bulu mata palsu. Cukup 30 menit aja, bulu mata kamu akan terpasang dengan cantik. Tapi agak ngeri-ngeri sedap ya kalau ngeliat pas treatment-nya hihihi…

Baca juga: Project MarsCat, Robot Kucing Masa Depan

Robot salon

Ternyata robot salon sudah cukup umum digunakan di industri kecantikan. P&G menggunakan robot untuk melakukan tes pada 2000 shampoo setiap bulannya. Seluruh tes mulai dari mencuci rambut, melihat besarnya gelembung dan tes sensori saat keramas, hingga tes rambut saat sudah kering dengan cara disisir dilakukan oleh robot. Dyson yang terkenal dengan berbagai peralatan sehari-harinya membuat robot untuk hair styling. Dalam Shiseido’s Lab di Tokyo, robot bermain-main dengan lipstik dan melakukan swatches di kertas putih setiap harinya. 

Tren Beauty Masa Depan? Robot Siap Memakaikan Makeup, Hair Styling Rambut dan Nail Art
Foto: allure.com

Tidak ada satu pun dari robot-robot ini yang memiliki rupa seperti manusia ya. Mereka terlihat seperti mesin pada umumnya kecuali beberapa bagian yang menyerupai tangan. Walaupun peran robot akan semakin besar di masa depan, namun menurut Stephen Hendrix, ilmuwan di P&G, tetap dibutuhkan sentuhan manusia karena orang-orang ingin merasa terhubung dan merasakan interaksi sosial. Jadi tenang aja nih kamu akan tetap ketemu manusia kok kalau ke salon di masa depan.

 

Sumber: Allure

Must Read

Related Articles