OUR NETWORK

Project MarsCat, Robot Kucing Masa Depan

Project MarsCat, Robot Kucing Masa Depan
Foto: theverge.com

Ladies pernah mendengar tentang Aibo? Robot anjing dari Sony yang juga bisa menjadi asisten di rumah layaknya Siri dan Alexa. Kalau ternyata kamu lebih ke cat person dibanding dog person, tenang aja ladies karena proyek robot kucing baru aja dibuat di Kickstarter.

Baca juga: 9 Wisata Pulau Kucing di Jepang

MarsCat, yang dibuat oleh Elephant Robotics, adalah robot yang berbentuk mirip dengan kucing, tapi masih bisa dibedakan ya dengan kucing asli. Selain bentuknya yang mirip kucing, Elephant Robotics juga berusaha memasukkan berbagai tingkah kucing ke MarsCat. Misalnya, MarsCat akan dapat bermain dengan mainan kucing, stretching khas kucing dengan dua kaki depan menjulur keluar, serta mampu bereaksi jika bawah dagunya digaruk. Lucu banget ya, Ladies!

Project MarsCat, Robot Kucing Masa Depan
Foto: elephantrobotics.com

MarsCat rencananya akan tersedia dalam 4 warna yakni putih, abu-abu, ginger atau oranye, dan hitam. Selain itu MarsCat juga diisi dengan berbagai perangkap seperti sensor sentuhan, kamera 5MP pada bagian hidungnya untuk membantunya melihat. Selain itu MarsCat juga dilengkapi dengan Raspberry Pi 3 dan dapat bertahan 2 sampai 3 jam. Jika aktivitas MarsCat rendah dan si ukcing hanya duduk atau berbaring saja, baterainya bisa kuat hingga 5 jam, Ladies.

Elephant Robotics mengatakan bahwa interaksi dengan pemilik akan membangun kepribadian si kucing.

Misalnya, jika kamu sering berbicara dengan MarsCat, MarsCat akan mengeong lebih sering untuk merespon dirimu. Elephant Robotics juga mengatakan bahwa MarsCat akan mengenali 20 macam kata kunci. CEO Joey Song juga mengatakan bahwa MarsCat akan mampu mengenali persamaan arti perintah dalam Bahasa inggris seperti “come” dan “come here” yang bermakna sama.

Project MarsCat, Robot Kucing Masa Depan
Foto: theverge.com

Kamu pun juga bisa mengubah perilaku MarsCat sendiri dengan memprogram perilaku tertentu lewat open APi dan Raspberry Pi. Untuk sekarang belum ada ladies, tapi saat masa distribusi MarsCat nanti akan disediakan tempat di website MarsCat untuk hal tersebut.

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Smartphone Terbaru dengan Kamera 108 Megapiksel

MarsCat dihargai sebesar $649 atau sekitar Rp 9.100.000 untuk 100 pembeli utama. Pembeli 101 dan selanjutnya akan mendapatkan harga yang lebih tinggi secara berangsur angsur. Sistem pengiriman juga demikian. 100 MarsCat pertama akan dikirimkan di bulan Maret 2020 sedangkan MarsCat ke 101 dan selanjutnya akan dikirimkan akhir tahun 2020.

Harga normal untuk MarsCat adalah $1.299 atau sekitar Rp18.000.000. Mungkin ini harga rata-rata untuk robot hewan peliharaan ya ladies karena harga Aibo, Robot Anjing milik Sony dihargai $2.899 atau sekitar Rp40.500.000.

Bagaimana, Ladies? Lebih tertarik memiliki MarsCat atau mengadopsi langsung kucing beneran?

 

Sumber: The Verge

Comments

Loading...