OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

8 Diet Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Berkelanjutan

Ada berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan diet nih, Ladies. Sayangnya ada banyak pilihan diet namun kita tidak tahu mana yang cocok, menyehatkan dan efektif. Biar nggak bingung, cek list diet terbaik untuk berat badan berikut ini ya, Ladies!

1. Intermittent Fasting

Diet ini berfokus dalam siklus puasa dan makan. Ada berbagai macam bentuknya, ada 16/8 atau 16 jam puasa dan 8 jam waktu makan. Ada juga yang 5:2. Ada juga yang membatasi konsumsi kalori harian menjadi 500-600.

2. Diet vegan

Diet ini membatasi konsumsi makanan dari hewan dan mengutamakan makanan dari tumbuhan. Diet ini juga diklaim lebih aman bagi lingkungan. Semua makanan dari tumbuhan direkomendasikan dan makanan yang dibatasi yakni semua daging, produk ayam, dan ikan.

Baca juga: Poin Penting dari Ahli Nutrisi Yang Perlu kamu Tahu Sebelum Menjadi Vegan

3. Diet rendah karbohidrat

Ada banyak diet rendah karbohidrat, sebut saja atkins diet, diet keto, dan LCHF (low carb, high fat). Biasanya diet rendah karbohidrat memiliki konsumsi protein yang tinggi. Tujuannya agar tubuh merasa kenyang, metabolisme naik, dan massa otot juga terjaga.

8 Diet Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Berkelanjutan
Foto: unsplash.com

4. Paleo diet

Diet ini berupa pola makan seperti layaknya manusia di zaman paleolitikum. Diet ini dibuat dengan dasar teori bahwa penyakit zaman modern disebabkan karena pola makan barat yang penuh dengan processed food dan tubuh tidak bisa memproses legum, grain, dan produk dairy. Paleo diet mengutamakan mengkonsumsi buah, sayur, ayam, kacang, dan biji. Makanan yang dibatasi yakni processed food, grain, gula, dan produk susu.

5. Diet rendah lemak

Diet ini membatasi jumlah lemak yang dikonsumsi menjadi maksimal 30% dari total kebutuhan kalori harian. Ada juga ultra low fat diet yang membatasi konsumsi lemak harian menjadi maksimal 10%. Diet ini mengutamakan makanan dari tumbuhan dan membatasi makanan dari hewan.

6. Diet mediterranean 

Diet mediterranean berdasarkan makanan yang dimakan oleh penduduk Italia dan Yunani. Diketahui mediterranean diet dapat mengurangi berat badan sekaligus menurunkan resiko penyakit jantung. Diet mediterranean mengutamakan konsumsi buah, sayur, kacang, biji, legum, whole grain, ikan, makanan laut, dan extra virgin olive oil. Makanan seperti ayam, telur dan produk susu boleh dimakan namun diatur sedangkan daging merah dibatasi.

8 Diet Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Berkelanjutan
Foto: unsplash.com

7. WW (weight watchers)

WW adalah program diet yang memakai sistem poin. Diet ini efektif untuk jangka panjang dan sangat fleksibel. Agar kamu mencapai berat yang diinginkan, kamu harus mencapai target poin setiap hari. Poin didapatkan berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsi karena setiap jenis makanan memiliki poin berbeda.

8. Diet DASH

DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension atau diet untuk menghentikan hipertensi. DASH merekomendasikan porsi tertentu dari setiap grup makanan. Banyaknya porsi tergantung dari kalori yang dibutuhkan.

Contohnya, orang biasa yang ingin melakukan diet DASH memiliki pola makan 5 porsi sayuran, 5 porsi buah, 7 porsi karbohidrat baik seperti whole grain, 2 porsi produk susu rendah lemak, dan kurang dari 2 porsi daging dengan lemak rendah seperti ayam.

Sesuaikan diet kamu dengan pola hidup sehat yang kamu inginkan, Ladies. Konsultasikan juga ke dokter agar diet yang kamu lakukan efektif serta menyehatkan tubuh secara menyeluruh.

 

Sumber: Healthline

Must Read

Related Articles