OUR NETWORK

Menang di Oscar, Hildur Gudnadottir Mengajak Musisi Wanita untuk Terus Berkarya di Pidatonya

Menang di Oscar, Hildur Guðnadóttir Mengajak Musisi Wanita untuk Terus Berkarya di Pidatonya
Foto: variety.com

Film Joker memberikan keistimewaan tersendiri untuk banyak orang yang terlibat di dalamnya. Joaquin Phoenix menyapu bersih kategori Best Actor di beberapa ajang penghargaan, begitu juga sang komposer. Adalah Hildur Gudnadottir (Guðnadóttir dalam ejaan aslinya) yang memenangkan penghargaan sebagai Best Original Score berkat musik yang diciptakannya untuk film Joker. Hal ini sedikit menjawab kritik sedikitnya wanita yang berprestasi di ajang Oscar. Hildur Gudnadottir bisa dibilang beruntung karena ini merupakan pertama kalinya ia masuk ke dalam nominasi dan langsung membawa pulang Oscar pertamanya. 

Dalam pidatonya, musisi yang mahir dalam memainkan cello ini  mengucapkan terima kasih kepada orang-orang terdekatnya. Tidak lupa juga ia menyuarakan apa yang selama ini menjadi perhatian para wanita dalam perhelatan Oscar.

Menang di Oscar, Hildur Guðnadóttir Mengajak Musisi Wanita untuk Terus Berkarya di Pidatonya
Foto: classicfm.com

“Kepada para gadis, wanita, ibu, putri, yang mendengarkan musik menggelegak di dalam diri kalian, tolong untuk berbicara. Kami perlu mendengar suaramu.” Kata-katanya itu kemudian disambut gemuruh tepuk tangan dari para hadirin.

Baca juga: Jane Fonda Kenakan Kembali Gaun 6 Tahun yang Lalu Oscars 2020

Perempuan berusia 38 tahun tersebut berhasil mengalahkan lawan-lawan yang sama hebatnya dan bahkan sudah sering pula mendapat nominasi. Sebut saja Thomas Newman (1917), John Williams (Star Wars: The Rise of Skywalker), Alexandre Desplat (Little Women), dan Randy Newman (Marriage Story).

Tidak hanya Oscar saja, dalam satu tahun belakangan, komposer yang berasal dari Islandia tersebut juga memperoleh penghargaan lainnya. Misalnya saja musiknya dalam serial televisi Chernobyl mendapatkan Grammy dan Emmy. Lalu ia mendapatkan penghargaan Golden Globe sebagai Best Original Score film Joker sekaligus menjadikannya sebagai solois wanita pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut. Just one Tony away from an EGOT!

 

Sumber: LA Times, Refinery29

Comments

Loading...