OUR NETWORK

Jane Fonda Kenakan Kembali Gaun 6 Tahun yang Lalu di Oscars 2020

Jane Fonda Kenakan Kembali Gaun 6 Tahun yang Lalu di Oscar 2020
Foto: independent.co.uk

Setelah membuat pernyataan atas keputusannya untuk tidak lagi membeli baju baru, salah satu aktris ternama Hollywood, Jane Fonda (82), mengenakan kembali gaun yang pernah ia kenakan. Pernah digunakan 6 tahun yang lalu, kali ini ia mengenakannya di atas panggung Penghargaan Oscar 2020. Ketika mempersembahkan Best Picture pada 2020 Academy Awards tersebut, Fonda tampil dengan potongan rambut bergaya pixie warna abu-abu dan tubuh yang dibalut gaun manik-manik merah tua Elie Saab yang pernah ia kenakan di acara Cannes pada tahun 2014. Dilapis mantel cardinal berwarna merah, gaun ini disebutnya sebagai baju terakhir yang pernah ia beli.

Pernyataan tersebut diungkapkan Fonda sebagai bentuk protesnya yang masih terus dilakukan terhadap perubahan iklim. Fonda kini telah menjadi seorang aktivis yang blak-blakan atas masalah perubahan iklim ini, dan telah beberapa kali ditangkap ketika tengah memprotes Fire Drill Fridays di ibukota U.S. Baru-baru ini, ia juga mengadakan protes (yang ke-15 kali dilakukannya) di L.A, Jumat, sebelum acara Oscar berlangsung. Ia bergabung bersama nominasi aktor terbaik, Joaquin Phoenix, yang juga membicarakan tentang perubahan iklim dalam pidato kemenangannya pada acara tersebut.

“Ini adalah garis depan dari krisis iklim di sini, di California, dan apa yang terjadi di sini, dapat berdampak pada seluruh negara dan dunia,” jelas Fonda.

Jane Fonda Kenakan Kembali Gaun 6 Tahun yang Lalu di Oscar 2020
Foto: nypost.com

Ia bukanlah satu-satunya yang menyinggung isu tentang keberlanjutan dan kesadaran lingkungan pada malam tersebut.

Kaitlyn Dever juga memilih menggunakan kain yang ramah lingkungan pada gaun Louis Vuitton yang dipilihnya. Margot Robbie juga mengenakan pakaian vintage dari Chanel.Begitu Elizabeth Banks mengenakan gaun yang juga pernah dikenakannya pada tahun 2004. Namun, dari semuanya, Fonda menjadi salah satu yang paling lantang mengemukakan isu tersebut dengan menggunakan lebih sedikit sarana untuk membantu keberlangsungan planet ini.

Baca juga: Gunakan Gaun Lama di Royal Wedding, Kate Middleton Tak Ingin Bersaing dengan Meghan Markle

Dalam hal ini, ia mengenakan kembali gaun yang pernah dikenakannya pada pemutaran perdana Grace of Monaco di Cannes. Jane juga membawa serta mantel yang menjadi ikon penangkapannya di Capitol Hill dalam sebuah aksi protes. Setelah ditangkap keempat kalinya, ia memberi tahu bahwa mantel itu ialah busana terakhir yang ia beli. Dan melalui barang tersebut, ia mengajak orang-orang untuk memanfaatkan barang yang ada di sekitar, sehingga tidak perlu lagi berbelanja hal yang telah dimiliki.

Fonda juga membuat pernyataan melalui potongan rambut perak bergaya pixienya. Aktris yang biasanya memiliki ciri khas rambut bergaya curled blonde bob, menunjukkan sosok kewanitaan yang kuat dan menginspirasi. Meski tidak pernah dibahasnya di Instagram, namun, colorist Jack Martin, mengungkapkan, perubahan yang dilakukan tujuh jam sehari sebelum acara penghargaan tersebut, memberinya kesempatan untuk menyaksikan energi, kecantikan, kekuatan, dan kewanitaan yang luar biasa menginspirasi dari Fonda. “Dia membuatku merasa malu untuk mengeluh lelah,” ucapnya.

 

Sumber: People

Comments

Loading...