OUR NETWORK

Ini Cara Move On dari Berakhirnya Hubungan Pertemanan

Ini Cara Move On dari Berakhirnya Hubungan Pertemanan
Foto: huffpost.com

Banyak orang beranggapan bahwa kesedihan yang sangat besar hanya dialami ketika hubungan romantis berakhir. Padahal, hubungan persahabatan yang berakhir juga bisa memberikan rasa sakit yang sama, bahkan lebih sakit bagi sebagian besar orang. Menurut Breakup recovery dan dating coach, Cherlyn Chong, hal ini kemungkinan besar dapat terjadi, mengingat, persahabatan merupakan hubungan yang sangat intim. Dua individu yang saling berbagi segalanya termasuk kisah hubungan romantis masing-masing, hubungan yang dibangun dengan ikatan kepercayaan yang kuat atas diri masing-masing, bukanlah hal yang mudah ketika itu harus berakhir.

Sayangnya, tidak banyak perbincangan terkait bagaimana move on ketika hubungan persahabatan berakhir. Banyak orang baru menyadari pentingnya hal ini ketika mengalaminya. Well, jika kamu salah satunya, tidak perlu malu mengakuinya, Ladies. Menurut Cherlyn, berakhirnya persahabatan merupakan bagian dari proses pendewasaan diri. “Akhir dari persahabatan selalu menjadi pelajaran agar kamu dapat melakukan yang lebih baik dalam persahabatanmu di masa depan,” ucap Cherlyn. Lalu, berikut ini dilansir dari Her World, terdapat empat tips yang dapat kamu lakukan untuk pulih dari momen sedihmu itu, Ladies.

Ini Cara Move On dari Berakhirnya Hubungan Pertemanan
Foto: elitedaily.com

Refleksi diri

Jika kamu tidak mendapat penjelasan dari sahabatmu, cobalah untuk merenungi apa yang mungkin menjadi penyebab berakhirnya hubungan persahabatan kalian. Bersikaplah jujur terkait perilaku ataupun ucapan yang mungkin buruk dan tidak mengenakkan bagi sahabatmu.

Evaluasi setiap potensi masalah

Bila persahabatanmu telah berjalan selama dua tahun, lima tahun, atau mungkin lebih, apakah hubungan itu selama ini membuatmu dan sahabatmu bahagia? Adakah bentrokan yang terjadi antara kalian berdua? Apa saja itu dan pembicaraan apa yang telah kalian lakukan untuk menyelesaikannya dahulu? Lalu, bagaimana dengan kejadian baru-baru ini, apakah ada hubungannya? Hal ini akan membantumu melihat masalah dari perspektif yang berbeda.

Ini Cara Move On dari Berakhirnya Hubungan Pertemanan
Foto: huffpost.com

Mencari dukungan sosial

Ketika sedang bersedih, upayakan untuk tidak menutup dirimu dari orang lain. Justru bersikap terbuka terhadap yang baru dan memperkuat ikatan dengan teman-temanmu yang lain dapat membantu mengobati kesedihanmu, Ladies. Dukungan sosial dari teman-teman yang lain dapat membantumu menyadari bahwa kamu merupakan orang yang baik dan memiliki teman-teman yang berharga yang masih peduli pada dirimu.

Lakukan sesuatu yang memberikan tujuan padamu

Mengeksplorasi hal-hal, ide, hingga kegiatan yang baru tidak hanya dapat mengalihkan kesedihanmu, tetapi juga dapat memperkaya pengalaman diri dalam hidupmu, loh! Mencicipi makanan baru, mengunjungi tempat-tempat baru, hingga mencoba olahraga yang baru dapat memberikan kesegaran yang baru diri untuk menjalani hidupmu ke depan.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Putus Hubungan Pertemanan Jauh Lebih Sakit daripada Hubungan Asmara

Memang, tidak akan secara instan kamu pulih dari kesedihan mendalam atas perpisahanmu dengan sahabatmu. Namun, seiring berjalannya waktu, keempat tips di atas dapat membantumu untuk move on sedikit demi sedikit, dan juga membantumu belajar untuk membangun hubungan persahabatan selanjutnya yang lebih baik.

 

 

Sumber: Her World

Comments

Loading...