OUR NETWORK

Lizzo Angkat Bicara Tentang Tuduhan Plagiarisme Lirik “Truth Hurts”

Lizzo Angkat Bicara Tentang Tuduhan Plagiarisme Lirik “Truth Hurts”
Foto: PARAS GRIFFIN/GETTY IMAGES

Lizzo akhirnya angkat bicara setelah beberapa bulan terakhir dituding melakukan plagiarisme untuk lirik ‘Truth Hurts.’ ‘Truth Hurts’ merupakan salah satu mega hits terbesar di musim panas 2019 kemarin. Salah satu bagian dari lirik tersebut, dituding plagiat atas sebuah tweet.

Setelah beberapa bulan memutuskan untuk tak memberi tanggapan, kali ini Lizzo merilis pernyataan melalui akun media sosial Instagram resminya. Penyanyi populer tersebut mengungkap sudah memberi kredit kepada sang pemilik tweet awal.

Dalam tulisan Instagram, “Truth Hurts … tetapi kebenaran akan membebaskan Anda,” Lizzo mengakui bahwa ia memang melihat meme (ditulis oleh Mina Lioness) yang menginspirasi lagu hitnya.

Baca juga: Lizzo Dituduh Melakukan Plagiarisme Atas Lagu ‘Truth Hurts’ dan ‘Juice

Namun, tak berhenti di situ. Dia benar-benar menyangkal tuduhan yang lebih baru dari sepasang saudara yang berpendapat bahwa mereka pantas mendapatkan kredit karena berada di sesi penulisan di mana bagian-bagian dari ‘Truth Hurts’ ditulis.

View this post on Instagram

Truth Hurts… but the truth shall set you free.

A post shared by Lizzo (@lizzobeeating) on

Inilah pernyataan dari Lizzo:

“Hei kalian semua … seperti yang pernah saya bagikan sebelumnya, pada tahun 2017, saat mengerjakan demo, saya melihat meme yang beresonansi dengan saya, sebuah meme yang membuat saya merasa 100%  that bitch. Saya menyanyikan lagu itu dalam demo, dan saya kemudian menggunakan lagu itu di Truth Hurts.

Orang-orang yang sekarang mengklaim sepotong Truth Hurts tidak membantu saya menulis bagian apa pun dari lagu tersebut. Mereka tidak ada hubungannya dengan dialog atau bagaimana saya memilih untuk menyanyikannya. Tidak ada seorang pun di ruangan itu ketika saya menulis Truth Hurts, kecuali saya, Ricky Reed [produser musik], dan air mata saya. Lagu itu adalah hidup saya, dan kata-katanya adalah kebenaran saya.

Saya kemudian mengetahui bahwa tweet menginspirasi meme. Pencipta tweet adalah orang yang saya bagikan kesuksesan saya.. bukan orang-orang ini. Titik. Terima kasih untuk semua orang yang telah mendukung saya dan lagu saya. Xoxo.”

Sebelumnya di bulan Agustus lalu, pengguna Twitter dengan nama Mina Lioness mengklaim bahwa bagian lirik di ‘Truth Hurts’; “I just took a DNA test, turns out, I’m 100% that bitch” merupakan tulisannya. Munculnya tuduhan plagiarisme setelah Lizzo berencana untuk membeli hak cipta pada frasa tersebut untuk merchandise.

Mina tweeted di Lizzo dan menulis, “Sekarang semua orang percaya itu adalah kata-kata Anda, padahal sebenarnya itu milik saya. Kreativitas saya, kecerdasan saya, dan komedi saya.”

Pada bulan Februari 2018, Lizzo mengatakan kepada Mina melalui Twitter, “‘Truth Hurts’ ditulis pada bulan Juni, FYI — seseorang membuat meme di IG yang mengatakan” Aku 100% that bitch itu “dan kami terinspirasi. Saya memuji meme itu ketika saya berbicara tentang membuat lagu. Saya belum pernah melihat tweet viral Anda, tetapi saya senang itu ada.”

Senang akhirnya keduanya berakhir dengan damai!

 

Sumber: Cosmopolitan.com

Comments

Loading...