OUR NETWORK

Lizzo Dituduh Melakukan Plagiarisme Atas Lagu ‘Truth Hurts’ dan ‘Juice’

Lizzo Dituduh Melakukan Plagiarisme Atas Lagu ‘Truth Hurts’ dan ‘Juice’
Foto: fortune.com

Baru-baru ini penyanyi Lizzo sedang tersandung masalah plagiarisme dengan lagunya yang berjudul ‘Truth Hurts’. Tidak berselang lama, ia tersandung lagi masalah serupa dengan lagunya ‘Juice’. Di unggahan Instagram Cece Peniston membandingkan lagu miliknya yang berjudul ‘Finally’ dengan milik Lizzo. Peniston mengklaim jika itu merupakan ‘contoh nyata dari pelanggaran hak cipta’. Di dalam unggahan Instagram tersebut, Cece Peniston menambahkan untuk orang-orang mendengarkan kedua lagu tersebut dan membandingkan.

Baca juga: Terinspirasi Dari Lagu Hits (dan Paah Hati), Ariana Grande Luncurkan Parfum “Thank U, Next”

Baru-baru ini Lizzo juga tersandung masalah hukum dengan mega hits miliknya yakni ‘Truth Hurts’.

Lizzo dituduh tidak melibatkan Justin dan Jeremiah Raisen, dua produser kakak beradik di dalam kredit lagu tersebut. Menurut Justin,  selain Lizzo dan penulis lagu Jesse Saint John dan Yves Rothman, kedua kakak beradik itu turut menuliskan bait, “I just took a DNA test, turns out I’m 100 percent that bitch.

Raisen bersaudara juga menyebutkan jika sebenarnya mereka sudah berupaya untuk menyelesaikan masalah ini sejak tahun 2017. Mereka meminta imbalan sekitar 5% royalty dari penulisan lagu. Namun, sayangnya ditolak oleh pihak Lizzo dan karena itulah mereka sekarang membesarkan klaim supaya mendapatkan perhatian dan kompensasi.

Lizzo Dituduh Melakukan Plagiarisme Atas Lagu ‘Truth Hurts’ dan ‘Juice’
Foto: pitchfork.com

Cynthia S. Aarato, pengacara Lizzo baru-baru ini memberikan bantahanya. Kepada The New York Times, Cynthia menyebutkan jika “Mereka (Justin dan Jeremiah) tidak pernah berkolaborasi dengan Lizzo atau siapa pun yang membuat lagu ini. Mereka tidak menulis materi apapun dan sekarang mencari untung dari itu, itulah sebabnya mereka secara tegas menolak klaim atas karya tersebut, secara tertulis beberapa bulan yang lalu.”

Baca juga: Cover Pertama Allure 2019: Berbagai Hal yang Perlu Kamu Tau dari Lizzo

Namun, Justin Raisen tidak tinggal diam, ia kembali membalas. Dia memberikan bukti tweet di bulan Februari 2017 saat penyanyi Mina Lioness melakukan showcase dengan lirik lagu sama dengan yang digunakan. Ia bahkan berbagai video dengan bukti lagi demo, serta foto-foto Lizzo tengah berada di studio saat lirik tersebut ditulis.

Makin panas aja ya, Ladies. Mari kita tunggu babak baru kasus dugaan plagiarisme yang dilakukan oleh Lizzo ini. 

 

Sumber: Pitchfork, Hypebeast

Comments

Loading...