OUR NETWORK

Tuai Kontroversi, Pemerintah Inggris Minta Serial ‘The Crown’ Diberi Label Fiksi

Tuai Kontroversi, Pemerintah Inggris Minta Serial ‘The Crown’ Diberi Label Fiksi
Foto: townandcountrymag.com

Musim keempat dari serial The Crown menuai kontroversi. Bagi kamu yang tidak terlalu mengikuti serial keempat ini, akan MeraMuda beri sedikit dijelaskan. The Crown merupakan serial yang tayang di Netflix dan sekarang ini telah memasuki musim keempat. Berkisah tentang keluarga kerajaan Inggris, dimulai sejak ketika Elizabeth menikah dan diangkat menjadi Ratu Elizabeth II. Bukan hanya intrik keluarga kerajaan, Ladies. Series ini juga memberi gambaran mengenai suasana politik dan hal lain yang berkaitan dengan kerajaan Inggris saat itu.

Pada musim kali ini, mengisahkan lebih jauh lagi tentang Princess Diana yang sudah menjadi anggota Kerajaan Inggris setelah resmi menikah dengan Pangeran Charles. Berlatar 1980-an, peristiwa di dalam The Crown serial keempat ini kebanyakan mengisahkan peristiwa yang banyak diketahui masyarakat Inggris.

Namun beberapa waktu terakhir Pemerintah Inggris lewat Menteri Kebudayaan Inggris, Oliver Dowden mengomentari serial tersebut.

Ia berharap supaya Netflix bisa memberikan label kisah tersebut hanyalah fiksi belaka. Supaya generasi saat ini tidak menganggap itu faktanya. “Ini merupakan karya fiksi yang indah, jadi seperti produksi televisi lainnya, Netflix harus menjelaskan dari awal jika The Crown hanyalah fiksi belaka,” papar Oliver Dowden. “Jika tidak ada disclaimer tersebut, saya takut generasi sekarang yang menonton serial tersebut akan salah mengartikan cerita, bisa-bisa mereka menganggapnya sebagai fakta, bukan fiksi.” 

Baca juga: Nggak Bisa Nobar di Bioskop saat Social Distancing? Netflix Party Solusinya

Tidak berhenti di situ saja, saudara Putri Diana, Charles Spencer juga menyoroti hal kurang lebih sama. Ia mengharapkan pada awal episode ada tulisan yang menyebutkan serial The Crown adalah fiksi.

Serial The Crown ini sudah tayang sejak tahun 2016 dan berkutat pada pemerintahan Ratu Elizabeth II yang dimulai pada 1952. Sejak awal penayangannya sampai musim ketiga, The Crown tidak menuai kontroversi. Barulah pada musim keempat ini, banyak pihak yang merasa perlu diberi label fiksi.

Hmm, sebenarnya sih sebagai penonton yang pintar kita juga sudah tahu kalau adaptasi series atau film pasti memiliki unsur fiksi, walaupun diangkat dari kejadian nyata. Bagaimana menurut kamu, Ladies?

 

Sumber: thelist.com

Comments

Loading...