OUR NETWORK

Critics’ Choice Awards:  “The Irishman” Menyabet Penghargaan dalam 14 Nominasi

Critics’ Choice Awards:  “The Irishman” Menyabet Penghargaan dalam 14 Nominasi
Foto: indiewire.com

Minggu yang baik bagi Netflix dan The Irishman. Pasalnya, film ini berhasil menyabet banyak penghargaan di New York Film Critics Circle 2019 dalam pengumuman resmi yang diberitakan hari Minggu kemarin. Sejak tayang perdana pada 27 September, film yang diproduksi Netflix ini mendapat banyak penghargaan. Di antaranya, Best Motion Golden Trailer Awards 2019 dan Best Film National Board of Review Awards 2019.

The Irishman meraih kemenangan besar dengan National Board of Review dan New York Film Critics serta 14 anggukan Choice Critics. The Irishman memimpin semua film tahun ini dengan 14 nominasi termasuk Best Picture dan Best Director untuk Martin Scorcese. Akting Robert De Niro mendapat nominasi untuk Aktor Terbaik, sementar Al Pacino dan Joe Pesci dinominasikan untuk Aktor Pendukung Terbaik. Para cast juga diganjar nominasi Ensemble untuk Akting Terbaik para cast dan naskahnya mendapat nominasi Skenario Adaptasi Terbaik. Sisanya, nominasi bertaburan di kategori yang lebih teknis seperti sinematografi, desain produksi, editing, desain kostum, rambut dan rias, efek visual, dan music scoring. Wow, luar biasa!

FYI, Ladies… The Irishman  disutradarai oleh Martin Scorsese, dengan durasi tiga jam 29 menit. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari buku I Heard You Paint Houses karya Charles Brandt.

Buku itu mengisahkan kisah nyata kehidupan Frank Sheeran, seorang pembunuh bayaran di New York City di era 1970-an. Sebagai penipu dan pembunuh bayaran, Sheeran diketahui bekerja sama dengan beberapa tokoh paling dikenal di abad ke-20. Dalam film, karakter Sheeran diperankan oleh Robert De Niro. The Irishman juga memotret kejahatan terorganisir di lingkungan kerja dan persaingan serta koneksi ke politik. Kejadian itu berkaitan dengan hubungan Sheeran, Hoffa, dan kelompok mafia The Bufalino Crime Family lewat salah satu anggotanya, Russell Bufalino (Joe Pesci). Produksi film ini telah lama terhambat sebelum akhirnya Netdlix mengambil alih. Netflix setuju untuk membeli hak filmnya dan membiayai budget yang kabarnya mencapai $200 juta. 

Baca juga: The Irishman Besutan Martin Scorsese Tayang Perdana di New York Film Festival

Selanjutnya, pemerolehan penghargaan terbanyak kedua diperoleh Once Upon a Time in Hollywood (Sony) dengan 12 nominasi, diikuti oleh Little Women (juga Sony) dengan sembilan nominasi, 1917 (Universal) dan Marriage Story (Netflix) dengan delapan nominasi, dan Jojo Rabbit (Fox Searchlight), Joker (Warner Bros), dan Parasite (Neon) dengan masing-masing tujuh nominasi.

Khusus Jojo Rabbit  mendaratkan empat nominasi akting pendukung, untuk Scarlett Johansson plus Thomasin McKenzie, Roman Griffin Davis dan Archie Yates dalam Kategori Aktor / Aktris Muda Terbaik. Sementara itu, pemenang Palme d’Or dari Korea Bong Joon Ho Parasite mengikuti jejak “Roma” tahun lalu yang mencetak nominasi di luar film berbahasa asing. Film ini juga mendapat nominasi Best Picture, Acting Ensemble, Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Desain Produksi, dan Editing.

Penghargaan Critics’ Choice Awards tahunan dipilih oleh pemilih asosiasi kritikus untuk film, televisi, dan film dokumenter.

Orang-orang di balik perhelatan ini adalah organisasi kritikus film terbesar di Amerika Utara (400 kritikus televisi, radio, dan online). Karenanya, Critics’ Choice Awards seringkali merupakan prediktor paling akurat untuk nominasi Academy Award. Penghargaan dokumenter diumumkan pada 10 November 2019. Pemenang film dan TV akan diumumkan di acara gala Critics ‘Choice Awards yang disiarkan langsung di The CW Network. Semua pemenang penghargaan itu akan diberikan piala saat seremoni di New York pada 8 Januari 2020 mendatang. 

Netflix telah mendapatkan 61 nominasi di seluruh seri dan film mereka. HBO menerima 33 nominasi, diikuti oleh Amazon dengan 14, dan NBC dengan 12. Yang memuncaki nominasi untuk series adalah This Is Us (NBC) dan Schitt’s Creek (Pop) dengan masing-masing lima nominasi. Beberapa program menerima total empat nominasi termasuk Barry (HBO), Chernobyl (HBO), Fleabag (Amazon), Fosse / Verdon (FX), Game of Thrones (HBO), The Crown (Netflix), The Good Fight (CBS All Access), Unbelievable (Netflix), dan Watchmen (HBO). 

Beberapa aktor mendapatkan banyak nominasi di film dan televisi. Laura Dern berkesempatan membawa pulang dua piala untuk aktingnya di seri Big Little Lies dari HBO atu dan film original Netflix Marriage Story. Sementara Scarlett Johansson mencetak nominasi untuk perannya di Jojo Rabbit dan Marriage Story.  Pendatang baru Asante Blackk juga menerima dua piala nominasi untuk perannya dalam This Is Us dan When They See Us. Wah, sepertinya akan jadi malam penghargaan yang seru ya, Ladies.

 

Sumber: indiewire

Comments

Loading...