OUR NETWORK

5 Tanda Ikatan Persahabatanmu Merenggang

5 Tanda Ikatan Persahabatanmu Merenggang
Foto: herworld.com

Ikatan persahabatan yang begitu dekat dengan hidup kemudian merenggang, hingga terputus, tentunya bukan hal yang menyenangkan untuk dialami, bukan? Kamu pasti ingin seseorang yang selama ini berada di sampingmu dalam berbagai momen dan paling memahamimu, terus berada di tempatnya saat ini. Namun, dengan berbagai alasan kehidupan, seiring bertambahnya usia dan kesibukan, setiap individu di dunia pasti pernah mengalami hal ini.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Merasa Bersalah Jadi Teman yang Sibuk

Begitu pula dikatakan psikologi klinis, Kim Chronister, hubungan dan spare waktu seringkali menjadi penyebab utama persahabatan akhirnya berakhir. Tahu sendiri kan Ladies, semakin dewasa, kita pasti lebih banyak menghabiskan waktu dengan pasangan, tempat tinggal yang pindah, memiliki anak, kesibukan, dan banyak hal lainnya. Meski begitu, bukan hal yang tidak mungkin untuk mencegah hal itu terjadi, Ladies. Untuk itu, langkah pertama yang penting untuk dilakukan ialah dengan mengetahui tanda-tanda persahabatanmu akan renggang, kemudian mengelolanya agar ikatan persahabatanmu dapat bertahan. Dilansir dari Hello Giggles, berikut ini beberapa tanda yang dapat memberimu petunjuk terkait kondisi persahabatan yang menuju akhir.

1. Pesan/Teleponmu Diacuhkan

5 Tanda Ikatan Persahabatanmu Merenggang
Foto: cheatsheet.com

Sahabat merupakan ruang yang nyaman untuk meluapkan segala keluh kesah serta kebahagiaan dalam hidupmu. Dengan begitu, interaksimu dengannya tentunya tidak hanya selintas melainkan berkelanjutan, bukan? Oleh karena itu, ketika aktivitas ini berkurang, bahkan sampai hilang dan diabaikan dalam jangka waktu yang lama, menurut Chronister ini dapat menjadi salah satu pertanda bahwa ikatan persahabatanmu mulai merenggang. Pasalnya, tindakan tersebut dipandang Chronister sebagai bentuk ungkapan rasa muak atas ceritamu tentang suatu hal secara halus. Tapi, kamu tetap perlu memastikan kembali apakah ia tengah tenggelam dalam kesibukan sehingga tidak sempat meladenimu atau ia benar-benar sudah muak, Ladies. Hal ini bisa dilihat dari jangka waktu tindakan ini dilakukan.

2. Rasa Canggung Luar Biasa Ketika Bersama Dengannya

Jika muncul situasi aneh dan canggung yang tak terucap di antara kalian dan tidak ada yang mau mengatasinya, ini bisa menjadi salah satu pertanda persahabatanmu menuju kondisi yang renggang, Ladies. Pasalnya, umumnya ikatan persahabatan justru membuat momen kebersamaan kalian jauh dari rasa canggung. Ketika rasa canggung mulai terasa saat bersama dan satu sama lain mulai merasa tidak sinkron dalam segala hal dalam intensitas pertemuan yang tinggi, menurut Chronister, ini adalah tanda yang jelas bahwa persahatanmu berada di ambang kehancuran.

3. Kehilangan Ruang Berbagi

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa sahabat ialah ruang berbagai segala hal dalam hidupmu. Maka, aneh bila kalian tidak mengetahui informasi serta momen-momen penting yang terjadi pada kehidupan satu sama lain. Bila hal ini terjadi, hal yang perlu dilakukan ialah berinisiatif untuk berkomunikasi secara hangat dan perlahan untuk kembali menjadi sinkron dengannya. Meski membutuhkan waktu yang lama, bersabarlah, mengingat, memahami kesibukan juga akan membuatnya lebih nyaman. Namun, tindakan ini tidak mempan, maka, ini tanda yang jelas bahwa persahabatanmu dengannya tidak lagi bisa dilanjutkan.

5 Tanda Ikatan Persahabatanmu Merenggang
Foto: expertrain.com

4. Tidak ‘Klik’ Lagi Dengannya

Ketika kamu merasa ketika mengobrol dengannya kamu tidak lagi saling memahami satu sama lain, baik saat bertemu secara langsung maupun via media sosial. Apalagi saat berada di situasi ini, kamu dan sahabatmu tidak berusaha untuk saling mencerahkan sebagaimana sebelumnya. Begitu juga ketika terjadi kesalahpahaman, kalian cenderung membiarkannya tanpa meluruskannya. Jika ini terjadi pada hubunganmu dengan sahabatmu, maka, ini sudah jelas merupakan tanda persahabatanmu dengannya akan segera berakhir, Ladies. Pasalnya, hubungan persahabatan yang kuat ialah ketika kedua belah pihak terus berupaya untuk meluruskan kesalahpahaman dan mengatasi momen tidak ‘klik’ antara kalian agar hubungan persahabatan dapat terus berjalan.

5. Pertemuan Semakin Jarang, Namun Tidak Ada Keinginan Untuk Meraihnya

Chronister mengingatkan kembali bahwa hubungan persahabatan yang kuat selalu menjaga komunikasi antar keduanya dengan baik. Dengan kata lain, kedua belah pihak akan selalu mencoba meraih satu sama lain meski secara fisik keduanya jarang bertemu. Jika salah satu pihak sudah tidak memiliki keinginan untuk meraih pihak lainnya, ini dapat dipandang sebagai bentuk ketidakpedulian lagi atas kehidupan pihak lainnya tersebut. Hal ini jelas berarti pihak tersebut tidak lagi ingin menjalin hubungan persahabatan dengannya lagi.

Baca juga: 13 Tanda Persahabatan Kamu Beracun dan Cara Keluar Darinya

Nah, meski beberapa tanda ini terjadi pada hubungan persahabatanmu, tidak berarti ikatan yang kamu bangun dengannya ini langsung berakhir, loh! Bila kamu tidak ingin hubungan tersebut berakhir, dengan berpedoman tanda-tanda ini, kamu bisa mencegahnya lebih awal kok, sehingga hubunganmu dengannya tidak akan berakhir seperti yang kamu khawatirkan. So, tetap semangat dan selamat berjuang, Ladies.

 

Sumber: Hellogiggles

Comments

Loading...