OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tips Membuat Kesan Pertama yang Tidak Akan Terlupakan

Membuat kesan pertama tidak terlupakan sangat penting untuk masa depan kamu. Bisa jadi, pertemuan tersebut menjadi awal kerja sama bisnis atau bahkan, bisa sampai ke pelaminan. Semua hal dapat terjadi seiring berjalannya waktu.

Tetapi, membuat orang terkesan adalah modal penting. Walaupun kamu baik dan berhati mulia, kalau pertemuan pertama sudah menyebalkan, pasti memori tersebut yang akan selalu diingat, kondisi tersebut sebenarnya kurang baik.

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Princenton. Setiap manusia membutuhkan waktu sepersekian detik hanya untuk memutuskan bagaimana masa depan dari pertemuan tersebut, berikut tips yang dapat dilakukan.

Selalu tersenyum dalam setiap kesempatan

Membuat kesan pertama tidak terlupakan dengan tersenyum. Dengan begini, mereka akan melihat kamu sebagai sosok yang sangat ramah dan bersahaja. Setiap orang paling suka dengan penampilan seperti ini.

Apalagi, kalau kamu memiliki senyuman manis, sehingga ketika melihatnya hati mereka langsung luluh. Jangan sia-siakan modal terbaik tersebut, walau suasana hati sedang kacau, namun pertemuan pertama lebih penting.

Senyuman juga menunjukkan kehangatan, dan menyiratkan bahwa kamu adalah orang baik yang dapat dipercaya. Harus diakui bila, cara ini menjadi awal yang mudah membangun hubungan pertemanan.

Membuka akses untuk membicarakan sesuatu, tidak heran bila banyak pakar menyarankan saat interview pekerjaan, dimulai dengan tersenyum. Biasanya cara tersebut membuat kemungkinan diterima bertambah 15%.

Lakukan jabat tangan terlebih dulu

Membuat kesan pertama tidak terlupakan selanjutnya adalah berjabat tangan. Cara ini memang sederhana dan terbilang sangat kuno, beberapa orang sudah tidak melakukannya, cenderung malas bila diajak jabat tangan.

Hanya saja, kesan tersebut akan hilang ketika kamu mengkombinasikannya dengan senyuman. Sikap seperti ini, menjadi bentuk kehangatan tetapi, jangan terlalu kuat dan lihat pula siapa lawan bicaranya.

Terkadang, ada beberapa perempuan muslim yang memang tidak mau melakukannya. Bukan karena sombong, tetapi dalam ajaran islam hal tersebut dilarang terutama untuk lawan jenis. Lalu, bagaimana menyikapinya?

Tetap lakukan salam tanpa menyentuh tangannya. Usahakan jangan terlalu lama, cukup 1 sampai 3 detik saja. Sikap seperti ini juga menyiratkan norma kesopanan terutama kepada yang lebih tua.

Baca juga: Hindari 5 Hal Ini Saat Jalani Kencan Pertama

Hindari berusaha mirip orang lain

Membuat kesan pertama tidak terlupakan berikutnya datang dari pakaian, dimana kamu dilarang berlebihan dan tampil seperti orang lain. Contohnya, memakai kaos yang dimasukkan kedalam celana yang sebenarnya bukan hanya gaya kamu sendiri.

Atau selalu menggunakan kemeja dan lain sebagainya. Bila memang suka dengan apa adanya lakukan saja, asalkan jangan berlebihan. Contoh menggunakan celana robek atau kaos yang sudah lusuh.

Perlu diketahui, seseorang lebih suka melihat kamu tampil apa adanya. Dibandingkan keren dan menawan tetapi, dibelakang kurang bagus. Hal itu sama saja menipu mereka, suatu ketika pasti terjadi konflik.

Tampil formal boleh, hanya saja dilihat dulu keperluannya. Jika, memang untuk bisnis atau menjalin kontrak kerja sama tidak ada salahnya menggunakan setelan dengan jas dan sepatu jangan lupa tambahkan pula berbagai aksesoris seperti jam tangan agar penampilan semakin mendukung.

Tata krama dan percaya diri

Membuat kesan pertama tidak terlupakan terakhir adalah cara kamu berbicara, tunjukkan bahwa, setiap kata yang keluar menunjukkan kepercayaan diri. Poin pentingnya ada di kontak mata, usahakan untuk selalu menatapnya.

Jangan sampai ke atas atau bawah bahkan, memalingkan muka. Kondisi tersebut membuat semua orang merasa kurang nyaman. Selain itu, tetap menjaga tata krama dengan berbicara jujur, Walau mereka tidak tahu apakah apa yang disampaikan benar atau tidak.

Tetapi, menjaga kejujuran itu sangat penting di semua situasi. Dengan begini kepercayaan mereka terhadap kamu akan semakin tinggi. Bahkan, untuk beberapa hal penting misalnya, menitipkan tas yang isinya harta berharga dan lain sebagainya.

Membuat kesan pertama tidak terlupakan memang penting. Karena, hubungan ke depan biasanya di mulai dari sini. Kamu sendiri tidak tahu bukan, orang tersebut akan berperan apa suatu hari nanti, bisa memberikan pekerjaan, menolong dijalan, atau bahkan jodoh kamu.

Must Read

Related Articles