test
OUR NETWORK

Pertajam Ingatan dengan Kebiasaan Baik Berikut Ini

Sudah sampai kantor, ternyata handphone ketinggalan, atau baru saja akan mengambil barang di kamar, begitu buka pintu, kamu langsung lupa mau melakukan apa. Pernah mengalami salah satunya? Well, pasti sangat menyebalkan ya saat hal itu terjadi. Seringnya melupakan sesuatu ini juga akhirnya bisa mengganggu aktivitas yang sedang kamu lakukan, bahkan merusak rencana yang sudah kamu susun. Untungnya, ada kebiasaan baik yang dipercaya ahli dapat meningkatkan bahkan menajamkan ingatan, lho!

Salah satunya studi yang dilakukan Beckman Institute for Advanced Science and Technology di Universitas IIlinois Urbana-Champaign bersama perpustakaan lokal. Kolaborasi keduanya ini menemukan bahwa ternyata ada satu kebiasaan sederhana tapi berdampak besar yang dapat meningkatkan kemampuan ingatan. Kebiasaan itu adalah membaca.

Bukan membaca selewat ya, tapi membaca sampai Ladies tenggelam dalam alur dan cerita di dalamnya.

Pertajam Ingatan dengan Kebiasaan Baik Berikut Ini
Sumber: Freepik.com

Temuan ini diperoleh dari penelitian yang dilakukan pada 76 orang dewasa. Para peserta ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk membaca buku di dalam iPads, sementara kelompok dua diminta memainkan permainan word puzzles di iPads tersebut. 

Baca juga: Kebanyakan Makan Cabai Dapat Berpotensi Merusak Ingatan Manusia

Kedua kelompok diminta melakukan kegiatan tersebut secara teratur selama lima hari dalam seminggu dengan durasi 90 menit per harinya, sepanjang 8 minggu. Setelah selesai, kedua grup diminta melakukan penilaian keterampilan kognitif pada awal dan akhir periode yang telah ditentukan. 

Voila, hasilnya, ditemukan bahwa kelompok yang membaca buku menunjukkan peningkatan memori kerja dan episodik yang signifikan dibandingkan dengan kelompok yang memainkan word puzzles games.

Membaca secara teratur dan terlibat dalam alurnya dapat memperkuat kemampuan mengingat pada orang dewasa.

Sayangnya, sebagaimana yang kita tahu, budaya membaca di tanah air semakin lama sudah semakin berkurang. Apalagi untuk benar-benar tenggelam dalam isi buku tampaknya bukanlah hal yang banyak orang lakukan saat ini. Apakah kamu juga salah satunya, Ladies? Jika ya, mungkin ini saat yang tepat untuk mulai meluangkan waktu untuk membaca, demi memperkuat daya ingat di masa depan. Semoga berhasil, Ladies!

 

Sumber: Inc

Must Read

Related Articles