OUR NETWORK

Tingkatkan Fungsi Kognitif Otak Dengan Olahraga 10 Menit Sehari

Tingkatkan Fungsi Kognitif Otak Dengan Olahraga 10 Menit Sehari

Sebagaimana yang telah diketahui, olahraga memberikan banyak manfaat baik pada tubuh kita. Mulai dari mengurangi stres dan perasaan cemas pada kesehatan mentalmu, mengelola berat badan tubuh menjadi ideal dan sehat, dan memperkuat serta mengembangkan otot dan tulang dalam tubuh. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas California, olahraga rutin juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dalam tubuhmu. Penelitian ini diterbitkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Baca juga: Ini Jumlah Asupan Protein yang Ideal Setelah Berolahraga Menurut Para Ahli

Cukup dengan berolahraga ringan selama 10 menit setiap harinya, seperti yoga atau tai chi, kamu dapat meningkatkan kemampuan otakmu. Khususnya yang terkait daya ingat. Olahraga rutin ini akan meningkatkan komunikasi antara hippocampus dan daerah otak kortikal yang terlibat dengan daya ingat seseorang. Professor Michael Yassa, menyatakan hippocampus ini merupakan elemen yang sangat penting pada otak. Pasalnya, hippocampus ialah elemen dasar dalam fungsi kognitif ingatan.

“Hippocampus merupakan elemen yang sangat penting untuk menciptakan ingatan baru. Ini adalah salah satu daerah pertama pada otak yang akan memburuk seiring dengan bertambahnya usia, dan kerusakannya akan semakin parah pada penyakit Alzheimer,” jelas Yassa.

Oleh karena itu, menurut Yassa, penting untuk meningkatkan fungsi hippocampus yang berperan penting dalam meningkatkan kemampuan daya ingat dalam kehidupan sehari-hari seseorang.

Meski penelitian ini baru dilakukan dalam skala kecil dengan 36 subjek, Yassa mengaku hasilnya cukup menjanjikan. “Ini memperjelas bahwa berolahraga secara rutin sangat direkomendasikan untuk orang yang sudah tua, hal ini dapat menjadi cara pencegahan penurunan fungsi kognitif pada otaknya,” ucap Yassa. Namun, tidak terkecuali pada anak-anak dan remaja, untuk memperkuat kemampuan otak, olahraga rutin ini juga penting dilakukan.

Baca juga: Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi & Cara Menanganinya

Tidak perlu berolahraga berat, cukup olahraga ringan, jogging atau berjalan santai pun telah memberikan efek yang besar pada peningkatan memori dan kognisi. So, segera luangkan waktumu selama 10 menit setiap harinya untuk memperoleh manfaat yang besar. Selamat mencoba, Ladies!

Sumber: sheknows.com , Foto cover:pexels.com

Comments

Loading...