OUR NETWORK

Kebanyakan Makan Cabai Dapat Berpotensi Merusak Ingatan Manusia

Kebanyakan Makan Cabai Dapat Berpotensi Merusak Ingatan Manusia
Foto: liputan6.com

Sebagaimana yang diketahui selama ini, cabai mengandung bahan aktif, capsaicin, yang diyakini bagus untuk mempercepat metabolism dan menghilangkan lemak. Tapi, Ladies, perlu kamu ketahui bahwa penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa hal ini juga dapat berpotensi merusak ingatan kita seiring bertambahnya usia, loh!

Baca juga: Hati-Hati Mengongsumsi Makanan Pedas, Ketahui Bahayanya!

Penelitian terbaru dilakukan oleh peneliti dari University of South Australia. Mereka memantau 4.500 orang dewasa di Tionghoa selama 15 tahun! Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta berusia di atas 55 tahun, yang secara konsisten makan lebih dari 50 gram cabai (kering atau segar) setiap harinya, mengalami penurunan kognitif lebih cepat dibandingkan dengan rekan-rekannya yang kurang mengonsumsi cabai sebanyak hampir dua kali lipatnya. Penurunan ini pun tampak lebih jelas terlihat pada peserta yang memiliki indeks massa tubuh yang rendah.

Cabai yang dikonsumsi dalam penelitian ini setiap harinya sebanyak 50 gram cabai atau setara dengan 10 sendok makan. Adapun cabai yang dilibatkan ialah hanya jenis cabai merah, sementara lada hitam atau capsicum manis tidak dilibatkan.

Kebanyakan Makan Cabai Dapat Berpotensi Merusak Ingatan Manusia
Foto: farming.id

Peneliti utama, Dr. Zumin Shi, dari Universitas Qatar, menyatakan bahwa penemuan ini bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan efek positif dari konsumsi cabai yang memberikan dampak baik pada berat badan dan tekanan darah.

Baca juga: Super Hot! Inilah 10 Cabai Terpedas di Dunia

Salah satu peneliti yang terlibat dalam penelitian ini menyatakan bahwa cabai merupakan bahan yang cukup digemari dan banyak digunakan oleh orang-orang Asia dalam pola makan dietnya, dibandingkan orang-orang Eropa. Salah satunya, dikatakan Dr. Ming Li dari University of South Australia, dapat dilihat dari kebiasaan di sebuah daerah di China. Hampir satu dari tiga orang dewasa di daerah tersebut memakan makanan pedas setiap harinya.

Meski hasil penelitian ini memberikan kejutan besar bagi masyarakat, tim peneliti dalam temuan terbaru ini menyatakan bahwa masih diperlukan adanya penelitian lanjutan dari institusi pendidikan untuk mengetahui keterkaitan fungsi kognitif dan konsumsi cabai. Jadi, Ladies, ada baiknya untuk nggak mengongsumsi makanan pedas secara berlebihan ya.

 

Sumber: The New Daily

Comments

Loading...