OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Minimalisir Kerusakan Rambut dengan Tips Ini, Ladies

Bila kamu sering mengeringkan, meluruskan, mengeritingkan, mewarnai, dan menata rambut, maka, rambut rusak akan menjadi sahabatmu, Ladies. Jika dibiarkan, helai rambutmu akan patah, ujungnya bercabang, dan tentu saja mengganggu penampilanmu. Memang sulit untuk memperbaikinya dalam waktu singkat, tapi bukan hal yang tidak mungkin, loh! So, yuk, minimalisir kerusakan rambut dengan beberapa tips berikut ini.

Asupan protein

Buat kamu yang mengalami kerusakan rambut parah, hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah seleksi sampo yang digunakan. Pada tahap ini, rambutmu berada dalam kondisi yang lemah dan rapuh. Pilihlah sampo yang memiliki kandungan protein yang tinggi untuk membantu memperbaiki rambut rusakmu.

Hidrasi dengan produk yang melembapkan

Pada dasarnya, hair dryer, hair straightener, pewarnaan dan perawatan kimia lainnya membuat rambut kering dan dehidrasi. Tentu solusinya ialah dengan mengembalikan kelembaban rambut yang hilang dengan menghidrasinya. Pilihlah produk yang fokus memberikan kelembaban pada rambut untuk membantu menghidrasi, mengembalikan elastisitas rambut sehingga tidak rapuh dan mudah patah. Biasanya, kamu bisa mendapatkan manfaat ini dari conditioner berkualitas tinggi dan hair mask yang ditujukan khusus untuk menghidrasi kembali rambut kering.

Minimalisir Kerusakan Rambut dengan Tips Ini, Ladies
Sumber: healthline.com

Beri nutrisi

Rambut rusak dan rapuh bisa jadi disebabkan oleh kekurangan vitamin. So, berilah rambut nutrisi yang dibutuhkan, seperti suplemen yang mengandung vitamin E dan B, atau melalui asupan makanan yang sehat. Ini akan membantu rambutmu kembali ke kondisi primanya.

Hindari gaya rambut yang melibatkan banyak ikatan

Ikat rambut yang sangat ketat dapat menjadi salah satu penyebab kerusakan rambut. Rambut yang sering diikat, secara signifikan akan semakin rusak dan sulit diperbaiki. Bahkan mungkin itu terjadi saat ini tanpa kamu sadari, Ladies. Sebaiknya, kamu pertimbangkan untuk memilih gaya rambut yang tidak melibatkan ikat rambut. Atau pilih ikat rambut yang tidak terlalu kencang dan jangan terlalu sering.

Baca juga: Tips Perawatan untuk Rambut Rusak

Hindari penggunaan alat styling

Buat kamu yang tidak bisa lepas dari blow dryer, ceramic straightening iron, atau alat styling lainnya, yuk, beri jeda dahulu. Di waktu jeda ini juga jangan lupa untuk merawat rambutmu dengan sampo dan conditioner yang bergizi, serta suplemen vitamin. Biarkan rambutmu beristirahat dan membiarkannya rontok secara alami untuk membantu mengurangi kerusakan rambut lebih lanjut.

Minimalisir Kerusakan Rambut dengan Tips Ini, Ladies
Sumber: thehealthy.com

Perhatikan frekuensi keramas

Ladies, keramas dalam frekuensi yang berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab utama rambut rusak, loh! Ini karena produk sampo ditujukan untuk membersihkan seluruh residu yang ada di rambut termasuk minyak alami. Dengan keramas setiap hari, kamu juga akan menghilangkan minyak alami yang berfungsi untuk menyuburkan serta menjaga rambut tetap sehat. Para ahli merekomendasikan untuk keramas hanya dua hari sekali, ya.

Teknik menyisir yang tepat

Langkah penting dalam perawatan rambut namun seringkali diabaikan ialah tahap menyisir. Padahal, teknik menyisir yang benar, bersama dengan sisir yang tepat, dapat membuat perbedaan besar pada kondisi rambut. Salah satunya dengan menghindari penggunaan sisir berbahan plastik. Sebagai gantinya, gunakan sisir berbahan bulu alami yang lebih lembut dan lebih fleksibel. Sisir dengan bahan alami juga tidak akan mematahkan rambut seperti bahan sintetis yang lebih kaku. Pada praktiknya, mulailah menyisir rambut dari ujung rambut baru sedikit demi sedikit ke bagian atas. Teknik ini akan membantu meminimalkan kerusakan yang terjadi.

Selain, menjalani beberapa langkah pada ulasan ini dan tentunya kamu perlu menghindari penggunaan alat styling dan bahan kimiawi yang keras, ya. Beralihlah pada berbagai teknik dan produk yang berfokus pada perlindungan dan perbaikan rambut untuk memperoleh rambut yang sehat dan kuat. Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: All Women’s Talk

Must Read

Related Articles