OUR NETWORK

Rekomendasi 5 Makanan Terbaik Dikonsumsi Setelah Kardio

Rekomendasi 5 Makanan Terbaik Dikonsumsi Setelah Kardio
Foto: healthcorps.com

Apakah kamu salah satu orang yang suka melakukan olahraga, khususnya cardio? Apakah olahraga ini kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh atau melengkapi pola dietmu? Well, yang mana pun itu, apalagi jika dalam program diet, kamu tidak boleh melewatkan makan, loh! Justru setelah melakukan cardio, di mana, kamu sudah membakar kalori dalam tubuhmu, kamu perlu memberi asupan nutrisi pada tubuhmu lagi agar tubuh kembali segar.

Jika tidak, tubuh akan mengalami stres dan aliran gula darah yang tidak beraturan, hingga menyebabkan kenaikan berat badan. Sesuatu yang pastinya tidak kamu harapkan terjadi dalam pola dietmu, bukan? Selain itu, kekurangan nutrisi dapat memperlambat pemulihan otot pada tubuh yang akan berdampak pada sakit berlebih yang akan terasa dalam tubuh pada latihanmu di hari berikutnya karena otot-ototmu belum benar-benar selesai memperbaiki dirinya sendiri.

Baca juga: Ini Jumlaah Asupan Protein yang Ideal Setelah Berolahraga Menurut Para Ahli

Untuk itu, penting memberi asupan kembali pada tubuh setelah melakukan cardio. Tidak perlu berat, yang penting kebutuhan nutrisi tubuhmu terpenuhi. Akan tetapi, tidak sembarang makanan bisa kamu lahap, ya. Hanya beberapa makanan dengan nutrisi yang diperlukan tubuh yang boleh dikonsumsi, seperti yang dilansir dari Allwomenstalk pada ulasan berikut ini!

Rekomendasi 5 Makanan Terbaik Dikonsumsi Setelah Kardio
Foto: medicalnewstoday.com

1. Greek Yogurt

Salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi setelah kardio ialah Greek yogurt. Tidak hanya tinggi protein, Greek yogurt juga mengandung kalsium tinggi pembakar lemak. Kandungan ini akan menurunkan kortisol secara alami yang naik selama latihan. Kortisol dalam hal ini membuat tubuh mengalami ketegangan, dan Greek yogurt membantu menguranginya secara alami. Selain itu, makanan ini juga mengandung sedikit magnesium yang dapat membantu menenangkan saraf dan memulihkan otot serta meningkatkan kesehatan tulang. Di samping itu, Greek yogurt juga kaya akan kalium dan vitamin B yang baik untuk mengurangi peradangan pada persendian dan otot, sekaligus membantu kesehatan jantung. Di saat bersamaan, vitamin B juga membantu memulihkan energi dan memberi rasa tenang pada tubuh. Adapula, kandungan karbohidrat alami dari susu yang terkandung dalam Greek yogurt dapat membantu mengembalikan glikogen ke otot-otot tubuh yang diambil dari glukosa dalam tubuh terkuras saat berolahraga. Pilihlah Greek yogurt yang polos tanpa rasa dan hanya mengandung 5-7 gram gula dari susu per sajian untuk memperoleh hasil terbaik.

2. Berry

Gula alami dengan kadar yang rendah pada buah berry tidak akan meningkatkan kadar insulinmu, namun cukup untuk mengembalikan glikogen ke otot tubuh. Buah berry juga kaya akan kalium yang mencegah kram dan cedera, sekaligus meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah berry dapat membantu mengurangi peradangan dan membantu fungsi kekebalan tubuh. Buah berry juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk jantung serta seluruh sistem kardiovaskulermu. Memadukan berry dengan Greek yogurtmu, akan memberikan double positive effect yang sangat menguntungkan bagi tubuhmu, Ladies.

3. Pisang

Rekomendasi 5 Makanan Terbaik Dikonsumsi Setelah Kardio
Foto: smithsonianmag.com

Buat kalian yang tidak bisa lepas dari asupan karbohidrat, maka, makanan yang paling tepat setelah kardio adalah pisang. Pasalnya, pisang merupakan sumber makanan yang kaya akan karbohidrat namun, sifat pati yang dimilikinya dapat menjaga kadar insulinmu menurun dan kandungan gulanya yang rendah dapat mengembalikan glikogen ke otot tubuh dalam waktu singkat. Selain itu, kandungan kaliumnya yang tinggi dipadukan dengan vitamin B pada tubuh pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan meningkatkan mood kamu, loh! Menarik, kan?

4. Protein Rami

Selama kardio, darah dialihkan jauh dari saluran pencernaan ke otot-otot tubuh, sehingga tak aneh bila pencernaanmu melemah. Untuk itu, setelah berolahraga akan sangat baik bila kamu mengonsumsi sesuatu yang sangat mudah dicerna sekaligus mengandung protein pemulih otot. Dalam hal ini, protein rami yang merupakan protein nabati dipandang sebagai sumber makanan yang paling mudah dicerna. Kandungan asam amino esensial dan protein tinggi di dalamnya sangat baik untuk otak dan saluran pencernaanmu.

Baca juga: Ide Camilan Sehat untuk Meningkatkan Energi Harianmu

5. Minyak Kelapa atau Mentega

Berbeda dari sumber makanan lainnya, minyak kelapa atau mentega tidak hanya dapat dikonsumsi setelah, tetapi juga sangat baik dikonsumsi tepat sebelum melakukan kardio untuk menjadi sumber energi. Cukup mengonsumsi satu sendok minyak atau mentega ini, dalam waktu singkat tubuhmu akan memperoleh energi dan juga membantu melawan insulin yang meningkat setelah berolahraga. Hal terbaik lainnya ialah minyak kelapa dan mentega ini merupakan sumber makanan yang mudah dicerna dan dapat membantu mendetoks tubuhmu dari kotoran yang menumpuk pada tubuh setelah berolahraga.

Sebagaimana pola olahragamu, konsumsi makanan di atas, baik satu, dua atau banyak, secara rutin, agar tubuhmu memperoleh hasil yang maksimal. Tentunya dengan porsi yang tepat sesuai kebutuhan tubuhmu, ya. So, selamat mencoba!

 

Sumber: All Women’s Talk

Comments

Loading...