test
OUR NETWORK

7 Faktor Kesehatan Jantung yang Perlu Kamu Waspadai, Duduk Terlalu Lama Termasuk!

Menurut CDC, penyakit jantung termasuk salah satu penyakit yang banyak menjadi penyebab kematian wanita. Ada berbagai faktor yang dapat menjadi penyebabnya, Ladies. Yuk, kita simak di bawah ini apa saja faktor tersebut dan cara menanggulanginya!

1. Merokok

Merokok dapat merusak semua organ, termasuk jantung. Oleh karena itu sebisa mungkin hentikan kebiasaan merokok ya, Ladies.

2. Duduk terlalu lama

Duduk baik di depan meja maupun di depan TV dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Alasannya karena saat kita duduk, otot kaki kita yang banyak mengkonsumsi gula dan memecah asam lemak di darah menjadi diam dan tidak bekerja. Akibatnya terjadi penumpukan gula dan asam lemak di darah.

Karena itu setidaknya bangkit dari posisi duduk kamu dan gerakkan badan selama 3 menit setiap 30 menit sekali. Biar makin asik, setel playlist favorit kamu juga untuk meningkatkan mood sembari goyang-goyang badan, Ladies.

3. Inflamasi

7 Faktor Kesehatan Jantung yang Perlu Kamu Waspadai, Duduk Terlalu Lama Termasuk!
Foto: pexels.com

Saat tubuh mengalami luka atau trauma, tubuh akan merespon dengan terjadinya inflamasi. Jadi jika terjadi inflamasi, ada sesuatu yang salah di tubuh kamu. Karena itu usahakan untuk menurunkan tingkat inflamasi dengan pola hidup sehat. 

4. Stres

Stres dapat menjadi penyebab berbagai penyakit mulai dari tekanan darah tinggi, inflamasi, dan juga penyakit jantung. Karena itu lakukan kegiatan yang dapat membuat dirimu tenang seperti meditasi secara rutin ataupun berjalan santai setiap sore hari. 

Baca juga: Sering Terlupakan, Ini Manfaat Vitamin K2 Bagi Kesehatan Jantung

5. Pola makan

7 Faktor Kesehatan Jantung yang Perlu Kamu Waspadai, Duduk Terlalu Lama Termasuk!
Foto: pexels.com

Ada 5 langkah pola makan jantung sehat yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Kurangi processed food (makanan kaleng, nugget, dll)
  • Kurangi konsumsi garam
  • Kurangi karbohidrat simpel (seperti beras putih, roti, pasta, dan gula)
  • Makan lebih banyak sayur dan buah, sekitar 5 porsi sehari
  • Kurangi konsumsi lemak jenuh

6. Aktivitas fisik

Aktivitas rutin juga perlu kamu lakukan untuk menjaga jantung kamu tetap sehat. Direkomendasikan untuk melakukan kombo latihan aerobik dan resistance sekitar 150 menit setiap minggu.

7. Lemak di perut

Setelah umur tertentu, hormon pada wanita akan memberi sinyal ke tubuh untuk menumpuk lemak di perut. Hal ini memang hal alami yang akan terjadi. Salah satu lemak bernama visceral fat ini yang meningkatkan resiko penyakit jantung. Agar lemak di perut kamu tidak menumpuk, lakukan diet dan aktivitas fisik minimal 150 menit seminggu seperti yang dianjurkan.

Selalu terapkan hidup sehat dan sayangi tubuhmu ya. Stay happy and healthy, Ladies~!

 

Sumber: Allure

Must Read

Related Articles