OUR NETWORK

Liburan ke Vietnam? Jangan Lewatkan 5 Kuliner Ini, Ladies

Liburan ke Vietnam? Jangan Lewatkan 5 Kuliner Ini, Ladies
Foto: roughguides.com

Kamu dalam misi penelusuran wisata negara-negara di benua Asia? Khususnya wisata kuliner? Jika ya, masukkan Vietnam ke daftar petualanganmu, Ladies. Negara ini akan sangat sayang dilewatkan, apalagi jika kamu ingin mencoba beragam makanan khas setiap negara. Pasalnya, masakan Vietnam terkenal dengan penggunaan bahan-bahan segar dan tidak mengandung banyak minyak atau susu yang membuatnya menjadi salah satu makanan sehat di seluruh dunia, loh! Predikat ini juga didukung oleh berbagai bahan umum yang digunakannya, termasuk olahan saus ikan, kecap, nasi, mie, bumbu segar, buah-buahan dan sayuran, serta protein yang berbeda dari negara lain.

Perhatian pada pengolahan makanan sehat juga tidak hanya pada makanan beratnya, tetapi juga pada berbagai makanan ringan yang disajikan. Mereka memperhatikan keseimbangan pada takaran makanan ringannya, sehingga, meski kamu menyantap makanan berat dan ringan berturut-turut, kamu tetap akan memperoleh keseimbangan dan mengisi tubuhmu tanpa membuatnya terlalu kenyang. Salah satu contohnya ialah pho (dibaca fuh). Pho adalah sejenis sup yang mirip dengan mie ayam namun tidak membuat tubuh terlalu kenyang dan kaya akan rasa. Perpaduan rasanya dapat membuatmu segar kembali. Well, buat kamu yang belum tahu, makanan apa saja sih yang wajib untuk dicoba ketika kamu di Vietnam, berikut beberapa rekomendasi yang dilansir dari The Blonde Abroad.

Baca juga: Cara Membuat Frittata, Makanan Simpel yang Cocok Dimakan Kapan Saja

Goi Cuon

Liburan ke Vietnam? Jangan Lewatkan 5 Kuliner Ini, Ladies
Foto: itourvn.com

Makanan ini mirip dengan fried spring rolls atau lumpia. Tapi goi cuon memiliki takaran yang lebih ringan dan lebih sehat. Lumpia ini dibalut dengan mie so’un tipis, daging babi, udang, selada, dan mint. Semua dibungkus rapat dengan kertas beras transparan. Karena rasanya yang ringan biasanya ketika disajikan, goi cuon dipadukan dengan saus kacang atau ikan untuk menyempurnakan cita rasanya.

Cao Lau

Buat kamu yang suka menjelajahi sisi-sisi kuno dan klasik sebuah negara, seperti kota-kota kuno Vietnam, maka, kamu juga perlu mencoba coa lau. Hidangan mie Hoi An ini ditaburi dengan daging babi, kerupuk renyah, rempah-rempah, dan beberapa bumbu segar serta selada. Ditambah sedikit kaldu di bagian bawah mangkuk, kamu akan memperoleh cita rasa yang gurih dan segar. Berbagai bahan ini juga membuat tekstur dan warna coa lau berbeda dengan hidangan mie Vietnam lainnya.

Bun Bo Xao

Bun Bo Xao merupakan mie salad, di mana, di Vietnam, hidangan ini dijadikan sebagai makanan ringan dibandingkan sebagai makanan pembuka. Disajikan berlapis, hidangan ini terdiri dari mie beras, sayuran, daging sapi yang telah direndam di dalam sereh, kacang panggang, bawang merah goreng renyah, dan banyak rempah segar seperti ketumbar, lemon, kemangi, dan mint. Wow, dari bahannya saja tampak jelas bahwa rasanya akan membuat tubuh segar. Hidangan yang cocok untuk menyegarkan tubuh di tengah misi penelusuran kotamu, bukan Ladies?

Com Tam

Liburan ke Vietnam? Jangan Lewatkan 5 Kuliner Ini, Ladies
Foto: vietnamimmigration.com

Com tam juga dikenal dengan sebutan broken rice. Secara tradisional, hidangan ini disajikan bersama dengan telur goreng, babi panggang, udang, atau daging sapi, dipadukan dengan sayuran segar dan acar. Hidangan ini cukup populer dijadikan sebagai sarapan atau makan siang. Tentunya, hidangan yang dapat ditemukan di pasar tradisional dan kios-kios makanan ini dibandrol dengan harga yang sangat murah, loh, hanya VND 20.000 atau setara dengan Rp12.090!

Baca juga: Jaga Kesehatan Jantung dengan Asupan 6 Makanan Ini

Pho

Pho merupakan hidangan Vietnam yang paling dicari para wisatawan dunia. Pho tersedia dalam dua pilihan, yakni Pho Ga (menggunakan daging ayam) dan Pho Bo (menggunakan daging sapi). Selain daging, semangkuk pho juga berisi mie beras, tauge, irisan jeruk nipis, ketumbar, kemangi, mint, dan irisan bawang. Jika kamu ingin kaldumu sedikit lebih beraroma, kamu dapat menambahkan saus cabai dan jalapeno pada kuahnya.

Nah, dari kelima hidangan ini, apakah ada hidangan favoritmu? Atau kamu ingin mencoba semuanya? Well, yang manapun itu, hidangan-hidangan ini dapat menyempurnakan pengalaman penelusuranmu mengenal Vietnam, Ladies. So, selamat mencoba!

 

Sumber: The Blonde Abroad

Comments

Loading...