OUR NETWORK

Tips Mudah Tetap Sehat Jalani Puasa di Musim Pancaroba

Tips Mudah Tetap Sehat Jalani Puasa di Musim Pancaroba

Ladies, puasa Ramadan tahun 2018 ini jatuh pada bulan Juni yang juga merupakan musim pancaroba alias musim peralihan. Musim ini ditandai dengan pergantian antara panas dan hujan yang tidak menentu. Dan hal inilah yang membuat banyak orang mengalami gangguan kesehatan. Entah itu flu, batuk, pusing, ataupun yang lainnya. Puasa, musim pancaroba dan sakit, sepertinya itu hal yang membuat kita semua jadi makin panik ya, Ladies. Dan musim pancaroba ini bakal berakhir saat memasuki puncak kemarau pada bulan Juni 2018 ini. Supaya tetap sehat jalani puasa meskipun pada musim pancaroba, ada beberapa hal yang perlu untuk kamu perhatikan Ladies. Apa saja? Yuk, simak baik-baik di bawah ini!

Baca juga: 4 Makanan yang Membantumu Terhindari dari Flu

4 Makanan yang Membantumu Terhindar dari Flu

Konsumsi Gizi Seimbang

Tips Mudah Tetap Sehat Jalani Puasa di Musim Pancaroba
Foto: healthable.org

Supaya kesehatan tetap bugar saat menjalani puasa di musim pancaroba, hal yang perlu untuk dilakukan adalah memenuhi asupan gizi seimbang. Hal tersebut seperti apa yang diutarakan oleh Iis Rosita, ahli diet di Rumah Sakit Hasan Sadikin pada Kamis (31/5/2018) seperti yang dilansir dari Liputan6.com. Gizi seimbang yang perlu untuk dipenuhi ini misalnya saja energi, protein, vitamin, lemak, dan juga mineral.

Minum Air yang Cukup

Tips Mudah Tetap Sehat Jalani Puasa di Musim Pancaroba
Foto: healthline.com

Hal lainnya yang perlu untuk diperhatikan adalah memenuhi asupan air atau cairan supaya cukup. Iis Rosita menyebutkan jika kondisi cuaca yang tidak menentu harus diwaspadai dengan mengosumsi air secara cukup. Minumlah enam sampai delapan gelas air setiap harinya supaya cairan tubuh tetap tercukupi dengan baik. Guna mengakali tidak bosan mengosumsi air putih, kamu bisa memvariasikannya dengan jus, teh manis ataupun cara yang lainnya. Asalkan konsumsi air putihnya lebih banyak.

Konsumi Makanan yang Memperbaiki Sistem Pencernaan

Tips Mudah Tetap Sehat Jalani Puasa di Musim Pancaroba
Foto: legionathletics.com

Selain kedua hal di atas, menurut Iis Rosita kamu juga perlu mengosumsi makanan yang bisa memperbaiki sistem pencernaan tubuh, misalnya saja yoghurt. Jika sistem pencernaan sudah lancar, maka daya tahan tubuh akan mengikuti. Banyak ahli gizi menyebutkan jika tubuh menjadi sakit lantaran tidak beresnya sistem pencernaan.

Baca juga: Konsumsi Makanan Olahan dalam Jumlah Besar Tingkatkan Resiko Kanker

Konsumsi Makanan Olahan dalam Jumlah Besar Tingkatkan Resiko Kanker

Satu hal lagi yang perlu untuk Ladies lakukan, yakni setidaknya melakukan olahraga supaya tubuh tetap bugar. Tidak perlu olahraga yang berat dan bisa membatalkan puasa, kamu hanya perlu bergerak untuk sedikit berkeringat.

 

Sumber: Liputan 6, Hello Sehat, Foto cover: dallasobserver.com

Comments

Loading...