OUR NETWORK

Tips Mengatasi Garis Rambut yang Mulai Menipis atau Menurun

Tips Mengatasi Garis Rambut yang Mulai Menipis atau Menurun
Foto: allure.com

Salah satu tanda-tanda kebotakan akan menyerang adalah mundurnya garis batas rambut. Bayangkan saja Ladies, rambut yang menipis saja sudah menjadi PR tersendiri bagaimana dengan kebotakan? Tidak bisa dibayangkan sebelumnya ya. Maka dari itulah sebelum semuanya bertambah menjadi parah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya garis rambut perlahan-lahan akan kembali ke sedia kala.

Garis rambut yang menurun memang bisa disiasati dengan topi, penutup kepala, atau lainnya. Meski begitu jika garis rambut ini bisa dicegah penurunannya akan lebih menyenangkan tentunya. Berikut ini tips mengatasi garis rambut yang menurun.

Cari Tahu Penyebabnya

Tips Mengatasi Garis Rambut yang Mulai Menipis atau Menurun
Foto: spy.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu penyebab terjadinya penurunan garis rambut. Dr. Christine Shaver expert di bidang restorasi rambut di Pusat Medis Bernstein yang berbasis di New York, menyebutkan banyak sekali penyebab terjadinya penurunan garis rambut.

“Penyebabnya ini termasuk juga alopecia, traksi alopecia yang disebabkan gaya rambut yang kerap diikat ketat dalam jangka waktu yang panjang, inflamasi alopecia, frontal fibrosing alopecia, dan juga alopecia areata (rontok karena autoimun, di mana folikel rambut diserang oleh sistem kekebalan tubuh sendiri). Karena itulah untuk mencari tahu penyebabnya sangat penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh ke dokter kulit.”

Baca juga: Fakta di Balik Mitos Rambut Rontok Menurut Dermatologis

Keturunan dan perubahan hormon juga bisa menjadi penyebab turunnya garis rambut ya. Bagi kamu yang baru saja melahirkan, itu juga merupakan hal yang sangat wajar. Biasanya enam sampai 9 bulan setelah wanita melahirkan, akan mengalami penurunan garis rambut. Untuk masalah seperti ini, mengonsumsi vitamin prenatal untuk sementara waktu dan setelah melahirkan bisa dicoba. Ini untuk membuat rambut tetap kuat dan mencegah kerontokan terjadi.

Lepaskan Hair Extension yang Selama Ini Dipakai

Menggunakan hair extension, apalagi sangat ketat atau kencang juga menjadi penyebab mundurnya garis rambut. Maka dari itulah jangan terus menerus menggunakan hair extension. Ada baiknya memberi waktu rambut untuk tetap bisa bernafas dengan bebas. Dan karena pemakaian hair extension ini bisa menyebabkan kebotakan secara permanen, saat menggunakannya lakukan perawatan dengan benar.

Lakukan Pemijatan Pada Kulit Kepala

Tips Mengatasi Garis Rambut yang Mulai Menipis atau Menurun
Foto: softerhair.com

Menurut Cervando Maldonado, selebriti hairstylist pada banyak kasus melakukan pemijatan kulit kepala akan merangsang pertumbuhan rambut. Meski pertumbuhannya mungkin tidak akan tebal, namun treatment ini akan membuat garis rambut yang sebelumnya mulai menipis bisa tumbuh kembali. Lakukan pemijatan dengan menggunakan jari-jari tangan secara lembut, hindari kuku yang panjang.

Gunakan Essential Oil untuk Menutrisi Rambut

Sembari melakukan pemijatan pada kulit kepala, jangan ragu untuk menambahkan essential oil atau nutrisi rambut lainnya. Contohnya saja tea tree oil, coconut oil, jojoba oil, almond oil, dan lain sebagainya. Pastikan untuk memilih jenis minyak yang malah menghilangkan sel-sel kulit mati. Bukan malah menumpuknya seperti halnya petroleum jelly.

Baca juga: Rekomendasi Hair Oil dengan Harga di Bawah Rp95 ribuan

Terapkan Pola Diet yang Sehat

Diet di sini dalam artian mengonsumsi berbagai makanan yang sehat, baik untuk rambut atau tubuh. Misalnya saja buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, protein, dan jangan lupa konsumsi air secara cukup. Beberapa bahan makanan yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut antara lain, brokoli, bayam, jamur yang memiliki banyak sekali zat besi, bagus untuk pertumbuhan rambut.

Jika cara-cara di atas belum mengembalikan garis rambut kamu seperti semula. Bisa melakukan beberapa cara yang lebih cepat. Dengan pergi ke dokter untuk transplantasi rambut sampai perawatan yang lebih canggih.

 

Sumber: Byrdie

Comments

Loading...