OUR NETWORK

Rekomendasi Produk Skincare Buat Kamu yang Memiliki Masalah Rosacea 

Rekomendasi Produk Skincare Buat Kamu yang Memiliki Masalah Rosacea 
Foto: self.com

Apakah Ladies salah satu yang mengalami ruam kemerahan di wajah hingga sering mengira bahwa warna merah di kulit wajah Ladies ini sebagai gejala alergi terhadap sesuatu? Bukan alergi, rupanya ruam kemerahan di wajah dalam jangka waktu yang lama adalah salah satu penyakit kulit yang sering disebut sebagai rosacea. 

Menurut konsultan ahli kulit yang berbasis di London, Dr. Justine Kluk, rosacea adalah kondisi kulit jangka panjang yang terkait dengan kemerahan pada wajah. Kondisi ini seringnya menyerang pada usia 30-an dan lebih umum pada mereka yang berkulit putih. Seiring berjalannya waktu, ruam kemerahan yang tampak di area hidung, dagu, pipi dan dahi akan semakin merah dan pembuluh darah akan semakin terlihat jelas. Pada kondisi tertentu, wajah juga bisa dipenuhi benjolan kecil, merah, dan berisi nanah. Namun, bintil akibat rosacea ini berbeda dengan jerawat atau reaksi alergi. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Sensitif dengan Harga Terjangkau

Ada sejumlah faktor yang diyakini berkontribusi pada pengembangan rosacea. Beberapa di antaranya adalah faktor genetika, kelainan pembuluh darah, pengaruh hormon, mikroorganisme, bahkan diet.  

Sementara itu, Dr. Kluk menjelaskan bahwa sedikitnya ada empat jenis rosacea yang patut kita ketahui, Ladies. Keempat jenis itu adalah erythematotelangiectatic rosacea (kemerahan, pembilasan dan pembuluh darah yang melebar), rosacea papulopustular (berjerawat), rosacea phymatous (pembengkakan dan penebalan kulit, misalnya dari hidung) dan okular rosacea (mata berpasir dan kelopak bengkak).

Perawatan tepat untuk rosacea

Karena paparan sinar matahari, angin kencang, stres, olahraga berat, kafein, alkohol, dan makanan pedas adalah beberapa faktor potensial penyebab rosacea, maka ada baiknya jika kamu mencoba menghindari hal itu. Kamu mungkin bisa memulainya dengan diet alkohol, produk susu, bahkan gula. Hindari suhu ekstrem dan belajarlah untuk mengelola kesehatan mental kamu, Ladies. 

Adakah produk skincare yang cocok untuk perawatan kulit rosacea?

Memiliki penyakit kulit seperti rosacea pasti sedikit banyak membuat Ladies mengalami kebingungan harus menggunakan produk kecantikan yang seperti apa. Nah, rupanya produk kecantikan Prancis yang obsesif dan merek-merek seperti La Roche-Posay, Avène, dan Bioderma dapat menjadi andalan bagi kamu yang memiliki rosacea, lho. 

Kamu bisa memulainya dengan membersihkan kulit di malam hari menggunakan La Roche-Posay Toleriane Dermo-Cleanser yang menghilangkan dapat riasan tanpa membuat kulit terasa kencang atau panas. Setelahnya, lanjutkan dengan serum asam hyaluronic seperti La Roche-Posay Hyalu B5, dan pelembap sederhana seperti La Roche-Posay Toleriane Sensitive Fluide. 

Selain itu, retinol (dan turunannya yang mengandung vitamin A) juga dapat bersifat transformatif untuk kulit dengan rosacea. Tapi ingat, Ladies! Jangan menggunakannya secara berlebihan. Sebab, jika terlalu banyak menggunakannya, retinol dapat mengakibatkan sensitivitas pada kulit, seperti mengelupas dan membuatnya lebih memerah. 

Baca juga: Jangan Wajah Saja, Yuk Lakukan Juga Scrub Pada Kulit Kepala!

Langkah paling penting selanjutnya adalah SPF. Produk SPF yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah SkinCeuticals Sheer Mineral UV Defense untuk perlindungan dengan tambahan efek bercahaya yang tampak alami.

Bioderma Hydrabio Brume juga recommended buat kamu yang memiliki rosacea, Ladies. Produk ini juga dapat membantu mendinginkan dan menenangkan kulit kamu ketika rasanya seperti terbakar. Jika kulit kamu terasa hangat dan kencang, kamu bisa menggunakan produk seperti SkinCeuticals Phyto Corrective Masque. FYI! Kalau kamu letakan produk ini di lemari es, kamu bisa mendapatkan sensasi dingin yang maksimal. Produk seperti La Roche-Posay Cicaplast Baume B5 juga membantu untuk perbaikan skin barrier, mengurangi perasaan ketat yang mengerikan, melembabkan, dan sangat lembut sehingga dapat digunakan bahkan pada ruam dan luka bakar.

Tidak ada obat khusus untuk kulit dengan gangguan rosacea. Tetapi, perawatan kulit yang tepat dapat mengendalikannya. Adanya produk-produk yang ramah terhadap berbagai kondisi kulit termasuk rosacea ini sangat membantu untuk Ladies agar tetap percaya diri meski memiliki kondisi seperti rosacea. 

 

Sumber: refinery29

Comments

Loading...