OUR NETWORK

Jalan-Jalan ke Bandung? Jangan Lewatkan Sate Hadori yang Legendaris

Jalan-Jalan ke Bandung? Jangan Lewatkan Sate Hadori yang Legendaris

Bandung merupakan salah satu tujuan wisata yang memiliki banyak destinasi. Mulai dari alam, buatan sampai kuliner benar-benar memanjakan para pengunjungnya. Masalah kuliner, wilayah yang terdapat di Jawa Barat ini juga menyuguhkan banyak hal. Termasuk juga dengan kenikmatan sate. Salah satu rekomendasinya adalah Sate Hadori yang sudah beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu. Mari simak ulasan lebih lengkapnya seperti berikut.

Baca juga: This Is Me di Bandung, Spot Wisata Baru Buat Kamu yang Hobi Selfie

Sate yang Sudah Ada Sejak Tahun 1940-an

Jalan-Jalan ke Bandung? Jangan Lewatkan Sate Hadori yang Legendaris
Foto:Instagram/ balifornication

Dilansir dari Detik.com, rumah makan di Bandung ini sudah ada sejak tahun 1940. Keberadaanya berkat tangan ulet dari Kakek Inung dan Nenek Una. Mereka memulai usahanya di Pasar Baru Garut, pada awalnya. Setelah pindah ke Bandung, mereka kemudian berjualan di sekitaran Lapangan Tegalega. Dengan kesabaran dan ketelatenan pasangan suami istri tersebut, usaha sate ini menjadi kondang sampai bisa pindah di sebuah kios di sekitaran Stasiun Bandung. 

Sampai pada tahun 1980, Kakek Inung dipanggil Yang Maha Kuasa dan usahanya diteruskan oleh menantunya yang bernama Hadori. Usaha yang awalnya bernama Sate Inung kemudian berganti menjadi Sate Hadori. Meskipun berganti nama, rasanya sama-sama memanjakan lidah.

Keistimewaan yang Ditawarkan Sate Hadori

Jalan-Jalan ke Bandung? Jangan Lewatkan Sate Hadori yang Legendaris
Foto: Instagram/ laperterusdeh

Sate Hadori ini memiliki cita rasa yang menggiurkan. Teksturnya lembut meski potongannya tidak pelit. Rahasia keempukan dagingnya adalah penggunaan kambing betina yang berusia 1-1,5 tahun. Guna mendapatkan kualitas yang lebih istimewa lagi, mereka menggunakan paha belakang dan paha depan. Dalam satu tusuk satenya akan ada 3 potong daging dan 1-2 lemak. Benar-benar enak dan membuat kamu makan lahap sampai nasi habis. Biasanya sate ini akan disajikan dengan sambal kecap, irisan bawang merah, cabe, dan bumbu kacang.

Pernah Disambangi Presiden Joko Widodo

Jalan-Jalan ke Bandung? Jangan Lewatkan Sate Hadori yang Legendaris
Foto: via Instagram/ben_doang

Saking kondangnya, tempat makan yang berada di Bandung ini pernah disambangi oleh Jokowi. Saat datang ke sini, kamu akan melihat foto sang pemilik dengan Presiden Jokowi yang terpajang di dekat meja kasir. Presiden mengenakan baju kasual dengan hoodie. Ia tak sungkan berpose dang daging kambing yang tergantung. Dengan kedatangan Jokowi ini, makin kondang lah Sate Hadori di telinga para pecinta kuliner.

Alamat Sate Hadori yang Kondang

Jalan-Jalan ke Bandung? Jangan Lewatkan Sate Hadori yang Legendaris
Foto: Instagram/ lets.go.eat

Buat Ladies yang tertarik mencicipi Sate Hadori, kamu bisa langsung menuju ke tempatnya yang berada di Jalan Stasion Selatan, No. 11-12, Kebonjeruk, Kecamatan Andir, Bandung. Jam operasional mulai dari pukul 10:00 WIB sampai dengan 02:00 dini hari, tidak jarang sampai 24 jam dan tergantung ketersediaan daging. Satu porsinya dipatok Rp50-70 ribu.

Baca juga: Mie Green tea, Kuliner Unik ala Bandung

Jika cari sate yang enak di Bandung, tempat ini bisa dikunjungi. Hati-hati, jangan sampai kalap ya!

 

Sumber: detik.com, kompasiana

Comments

Loading...