OUR NETWORK

Rekomendasi Masker Alami untuk Wajah Breakout

Rekomendasi Masker Alami untuk Wajah Breakout
Foto: brit.co

Banyak cara yang dilakukan untuk bisa memiliki kulit wajah glowing dan terjaga dengan baik. Namun, salah satu dampak penggunaan skincare adalah, jika tidak cocok bisa terjadi breakout. Kondisi ini adalah kulit teriritasi dan biasanya dibarengi dengan komedo dan juga jerawat. Sebenarnya tidak hanya skincare saja yang menjadi penyebab utama munculnya breakout. Pola makan yang tidak sehat, kurang tidur, ataupun malas membersihkan wajah bisa menjadi faktor lain yang memicu breakout.

Buat kamu yang sekarang sedang bermasalah dengan breakout, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusirnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker alami. Berikut ini pilihan masker alami yang bisa kamu gunakan untuk mengusir breakout, Ladies. 

Bubuk Kunyit dan Madu

Rekomendasi Masker Alami untuk Wajah Breakout
Foto: resepkoki.id

Masker pertama yang bisa kamu pilih untuk digunakan adalah kombinasi antara bubuk kunyit dan juga madu. Deanne Mraz Robinson, MD, FAAD, assistant clinical professor of dermatology di Yale New Haven Hospital dan co-creator dari Pure BioDerm menyebutkan jika kunyit memiliki kandungan anti-inflammatory yang mampu mengurangi iritasi pada kulit. Campurkan ½ sendok makan kunyit dengan 1 sendok makan madu. Kemudian gunakan menjadi masker dan diamkan selama 10-15 menit.

Tea Tree Oil dengan Clay Mask

Selanjutnya adalah masker kombinasi antara tea tree oil dengan clay mask. Robinson menyebutkan tea tree oil bekerja sebagai antibakteri dan anti-inflamasi. Namun perlu untuk berhati-hati karena penggunaan dalam dosis yang tinggi bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Cara menggunakannya, campurkan 1 atau 2 tetes tea tree oil dengan clay mask. Jika kamu masih takut terjadi iritasi, bisa tambahkan 1 sampai 2 tetes madu.

Baca juga: Clay Mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay Mask Terfavorit

Lidah Buaya dengan Bubuk Kunyit

Rekomendasi Masker Alami untuk Wajah Breakout
Foto: alluringsoul.com

Bahan selanjutnya yang bisa dipertimbangkan adalah campuran lidah buaya dengan bubuk kunyit. Robinson menyebutkan jika lidah buaya memiliki calming ingredients yang ampuh untuk melawan jerawat. Lidah buaya juga memiliki salicylic acid dan sulfur yang ideal untuk melawan jerawat, terutama yang kerap menyerang wajah berminyak. Selain mengusir jerawat, campuran dua bahan ini akan mengontrol minyak berlebih.

Gunakan Masker Oatmeal

Bahan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk masker adalah oatmeal. Bahan yang biasanya dijadikan sarapan pagi ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, anti-inflamasi, dan juga tinggi kandungan vitamin B kompleks, vitamin E, protein, lemak, dan juga mineral. Masak oatmeal seperti biasa, biarkan sampai dingin. Dan gunakan sebagai masker setelahnya, biarkan 20-30 menit. Untuk membuatnya makin bagus, kamu bisa menambahkan beberapa tetes tea tree oil ataupun kunyit.

Baca juga: Oat, Makanan Sehat untuk Cantik Menyeluruh

Satu hal yang perlu diingat saat mengaplikasikan masker alami ke wajah, adalah bersihkan wajahmu terlebih dahulu. Untuk membuat wajah jadi lebih relax, kamu bisa melakukan steam terlebih dahulu menggunakan handuk hangat. Ini untuk melunakkan sel-sel kulit mati. Namun jika kamu memiliki masalah-masalah kulit seperti halnya psoriasis, rosacea, dan lain-lain, ada baiknya untuk menghubungi dokter terlebih dahulu ya, Ladies. 

 

Sumber: healthline, alluringsoul

Comments

Loading...