test
OUR NETWORK

Dampak Buruk Konsumsi Air Lemon Secara Berlebihan

Tidak ada yang memungkiri jika air lemon sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin C di dalam tubuh. Rasanya segar dan cocok untuk jadi minuman dingin ataupun hangat. Namun, seperti yang sudah  banyak dijelaskan, apapun yang berlebihan tidaklah baik. Begitu pula dengan terlalu banyak mengonsumsi air perasan lemon, juga memiliki efek samping. Buat Ladies yang selama ini memanfaatkannya untuk asupan diet, perlu berhati-hati ya. Yuk,  ikuti ulasannya.

Menyebabkan GERD

Dampak Buruk Konsumsi Air Lemon Secara Berlebihan
Foto: chriskresser.com

GERD atau ‘gastroesophageal reflux disorder’ merupakan gangguan pencernaan yang memengaruhi cincin otot antara kerongkongan dan lambung. Gangguan ini disebabkan oleh makanan pedas ataupun juga asam. Dan jus lemon merupakan salah satu pemicunya. Konsumsi jus lemon dalam jumlah yang besar dan rutin bisa mengiritasi lapisan esophagus, memperburuk GERD.

Baca juga: 7 Cara dan 4 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Lambung

Pengeroposan Gigi

Hal buruk yang didapatkan dari terlalu banyak mengonsumsi air perasan lemon adalah pengeroposan gigi. Kandungan asam sitrat yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan email gigi. Gigi jadi mudah keropos dan mulai sensitif. Hal buruk lainnya adalah hilangnya jaringan gigi, gigi bernoda dalam kasus yang ekstrim, sampai dengan berlubang.

Terjadi Masalah Selama Kehamilan

Dampak Buruk Konsumsi Air Lemon Secara Berlebihan
Foto: momjuntion.com

Masa kehamilan merupakan waktu yang cukup rawan. Konsumsi perasan jeruk lemon yang berlebihan bisa memengaruhi lambung. Dan ini bisa berdampak langsung pada bayi yang berada di dalam rahim. Sistem kekebalan tubuh ibu hamil sangat lemah pada masa kehamilan. Karena inilah, konsumsi air perasan lemon bisa menyebabkan sakit maag atau hal lainnya yang disebabkan oleh makanan, seperti salmonella dan E. coli. Dampak kecilnya seperti kram perut, gangguan pencernaan, sampai diare.

Memengaruhi Kesehatan Ginjal

Konsumsi perasan lemon secara cukup bisa membantu mengobati batu ginjal. Namun, perlu berhati-hati jika mengonsumsi dalam jumlah yang banyak, bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Buah jeruk memiliki kalium yang tinggi, dan ini bisa memperburuk kondisi jika kamu memiliki penyakit ginjal. Ginjal yang sakit tidak mampu menjaga keseimbangan elektrolit. Dan karena inilah, hati-hati mengonsumsi air perasan lemon, ataupun jeruk jenis lainnya.

Baca juga: 4 Manfaat Lemon Sebagai Alat Pembersih Rumh Natural dan Alami

Sekarang kamu sudah tahu dampak buruknya, bukan? Ini bukan berarti disuruh menjauhinya secara total ya, Ladies. Tapi lebih untuk mengonsumsinya secara lebih bijak, jangan terlalu banyak dan berlebihan.

Sumber: stylecraze.com

Must Read

Related Articles