OUR NETWORK

Peroleh Rambut Sehat dengan DIY Deep Conditioner

Peroleh Rambut Sehat dengan DIY Deep Conditioner
Foto: thatsister.com

Paparan sinar matahari, polusi, serta penggunaan alat styling setiap harinya dapat mengakibatkan rambut menjadi rusak dan kusam. Untuk mengembalikan kesehatan rambutmu, penting untuk melakukan perawatan deep conditioning. Perawatan ini akan memberikan kelembapan yang mengembalikan minyak alami pada rambut, membuatnya tampak halus, bercahaya, dan mencegah rambut menjadi bercabang hingga patah. Namun, meski produk perawatan rambut kini telah banyak tersebar, tidak semua produk dapat memenuhi kebutuhan setiap orang dengan tepat. Pasalnya, setiap orang memerlukan kelembapan yang berbeda pada rambutnya. Oleh karena itu, membuat masker rambut sendiri dapat memudahkanmu untuk mengelola kelembapan yang kamu perlukan, Ladies. So, dilansir dari PureWow, berikut ini terdapat beberapa tips mudah DIY masker rambut yang dapat kamu terapkan sehari-hari.

Madu dan Olive Oil

Sebagaimana yang telah diketahui, olive oil terbukti mampu mengembalikan kelembapan pada rambut yang kering dan rapuh. Ditambah dengan madu, kadar hidrasi yang diberikan dapat semakin meningkat. Kombinasikan ¼ cangkir madu dengan ¼ cangkir olive oil, kocok hingga lembut. Dalam prosesnya, kamu dapat menambahkan olive oil lagi jika kamu lebih suka membuat tekstur yang tidak lengket.

Baca juga: Manfaat Masker Madu

Sebelum mengaplikasikannya, cucilah rambut terlebih dahulu dengan shampo. Kemudian, aplikasikan campuran tadi pada rambut yang basah. Bungkus rambutmu dengan shower cap atau plastic bag. Biarkan selama 20-40 menit. Setelah itu, bilas dan selesaikan rutinitas membersihkan rambutmu. Gunakan deep conditioner ini sekali hingga dua kali seminggu, tergantung pada tingkat kekeringan rambutmu, Ladies.

Kuning Telur dan Minyak Kelapa

Jika kamu mencari bahan yang tidak hanya menghidrasi tetapi juga memperkuat kekuatan rambut, maka, kombinasi dua bahan ini akan menjadi solusimu. Pasalnya, paduan ini kaya akan protein yang dibutuhkan rambut, sekaligus dapat meningkatkan kelembapan dan mencegah kerusakan pada rambut kering, rusak, dan keriting.

Hal yang perlu kamu lakukan ialah mencampurkan 1 kuning telur dengan 2 sendok makan minyak kelapa cair, kemudian kocok hingga halus. Seperti sebelumnya, bersihkan rambutmu sebelum mengaplikasikan adonan yang telah dibuat. Oleskan adonan pada rambut yang basah, diamkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

Peroleh Rambut Sehat dengan DIY Deep Conditioner
Foto: californiaavocado.com

Alpukat dan Mayo

Kandungan antioksidan vitamin C dan E dalam paduan dua bahan ini, dapat membuat rambutmu tampak lebih bercahaya, halus, sekaligus terhidrasi secara bersamaan. Kamu dapat memperolehnya dengan mengombinasikan setengah alpukat dengan ¼ cangkir mayo, aduk hingga lembut. Mengingat aroma mayo yang cukup kuat, kamu dapat menggunakan beberapa tetes essential oil favoritmu untuk mengubahnya menjadi aroma kesukaanmu.

Berbeda dengan sebelumnya, kamu dapat mengaplikasikan adonan ini pada rambut yang kering sambil memijatnya. Kemudian, bungkus rambutmu dengan shower cap. Tunggu hingga 20 menit, kemudian bilas dan lakukan rutinitas membersihkan rambutmu seperti biasa. Untuk memperoleh rambut yang lebih lembut, kamu dapat menggunakan deep conditioner ini sekali seminggu.

Pisang dan Madu

Kandungan potassium, vitamin C, dan biotin dalam pisang yang dikombinasikan dengan madu dapat menghasilkan kondisioner yang sangat efektif dalam meningkatkan pertumbuhan, volume, serta kilau pada rambut. Tidak hanya itu, paduan ini juga dapat mencegah ketombe, melembapkan kulit kepala, serta membuat rambut terasa lembut, kuat, dan tebal.

Untuk menggunakannya, kamu perlu menghancurkan pisang matang dalam mangkuk, lalu aduk bersama 1 sendok makan madu. Kamu dapat menambahkan kadar madu sesuai dengan kekeringan atau ketebalan rambutmu. Campuran ini dapat kamu aplikasikan pada rambut yang basah ataupun kering. Setelah mengaplikasikannya, bungkus dengan shower cap dan biarkan selama 20-30 menit. Kemudian, bilasi dan cuci rambut seperti biasa.

Peroleh Rambut Sehat dengan DIY Deep Conditioner
Foto: prevention.com

Greek Yogurt, Apple Cider Vinegar, dan Madu

Buat kamu pemilik rambut keriting yang kesulitan untuk mengatur rambutmu yang mengembang berlebihan, paduan ini dapat menjadi holy grail barumu, Ladies. Cuka sari apel yang berfungsi merangsang pertumbuhan rambut, memisahkan rambut dan membuatnya berkilau, berpadu dengan Greek yoghurt yang kaya akan protein yang dibutuhkan rambut.

Untuk menggunakannya, kamu dapat mencampurkan ½ cangkir greek yogurt polos, 1 sendok makan apple cider vinegar dan 1 sendok makan madu. Kamu juga dapat menambahkan essential oil kesukaanmu untuk memperoleh aroma favoritmu, Ladies. Kemudian, oleskan campuran ini pada rambut yang lembap, biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas.

Baca juga: Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Rambut

Jika adonan yang kamu buat tidak habis dalam sekali pakai, kamu dapat menyimpannya di dalam lemari es selama dua hingga tiga hari untuk kamu gunakan kembali. Tidak disarankan untuk lebih dari itu, ya Ladies, mengingat adanya risiko pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan. So, selamat mencoba!

 

Sumber: Purewow

Comments

Loading...