OUR NETWORK

Apa Bedanya Greek Yoghurt dengan Yoghurt Biasa?

Apa Bedanya Greek Yoghurt dengan Yoghurt Biasa?

Yoghurt adalah makanan fermentasi dari susu sapi yang sudah tersebar luas dan mudah ditemukan dimana-mana. Yoghurt juga sudah lazim dijual dengan berbagai rasa dan bentuk. Namun, apakah Ladies tahu tentang Greek yoghurt? Greek yoghurt atau yoghurt Yunani memiliki bahan yang sama dengan yoghurt biasa yaitu susu hewani. Yoghurt biasa telah terkenal manfaatnya bagi kesehatan.

Baca juga: Manfaat Masker Yoghurt untuk Kulit Lebih Sehat

Cara membuat yoghurt juga lumayan mudah, seperti yang dijabarkan Christine Gallay dari The Kitchn. “Susu dipanaskan, kemudian dinginkan sampai suhu fermentasi (106oF sampai 114oF). Masukkan kultur bakteri ke dalam susu. Campuran tersebut siap difermentasi sampai mikroba tumbuh memproduksi asam laktat dan protein yang berarti yoghurt telah diproduksi.”

Perbedaan Greek yogurt dan yogurt biasa bermula dari sini.

Apa Bedanya Greek Yoghurt dengan Yoghurt Biasa?
Foto: thekitchn.com

Untuk membuat Greek yoghurt, yoghurt biasa dihilangkan bagian whey dan laktosanya, menyisakan yoghurt dengan tekstur padat dan kental. Ini adalah cara tradisional membuat Greek yoghurt. Secara tampilan, yoghurt biasa berbentuk cair dan agak encer, sedangkan Greek yoghurt berbentuk seperti krim kental dan bisa dioles.

Bagaimana dengan kandungan nutrisinya? Apakah Greek yoghurt lebih baik dari yoghurt biasa? Kandungan Greek yoghurt lebih besar hingga dua kali lipat kadar proteinnya, dan kadar gulanya hanya setengah dari yogurt biasa pada berat yang sama. Greek yoghurt juga memiliki lebih sedikit kandungan sodium. Dan karena laktosanya lebih rendah dari yoghurt biasa, Greek yoghurt lebih bagus untuk penderita lactose-intolerant. Namun, kandungan kalsium Greek yoghurt juga lebih rendah dari yoghurt biasa. Jadi, kalau kamu ingin menambah asupan kalsium, silahkan memilih yoghurt biasa.

Baca juga: Mengenal Kefir, Teman Yoghurt yang Nggak Kalah Bermanfaat Bagi Tubuh

Untuk kandungan lemak, kedua jenis yoghurt ini memiliki persentase yang tidak berbeda jauh, maka bisa kita anggap seri ya. Greek yoghurt juga dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari yoghurt biasa. Greek yoghurt juga biasa digunakan sebagai pengganti lemak pada produk bakery karna teksturnya yang seperti krim. Ganti keju, minyak, mentega, atau mayonnaise dengan Greek yoghurt untuk menurunkan kalori juga meningkatkan asupan protein pada dessert kalian Ladies. Sebagai contoh, kamu bisa mengganti keju pada menu mac and cheese kesukaanmu dengan Greek Yogurt, rendah lemak, dan lebih sedikit kalori yang kamu konsumsi.

Seperti itu Ladies perbedaan Greek yoghurt dan yoghurt biasa. Selamat mencoba dan berkreasi dengan yoghurt pilihanmu, Ladies! Hehehe…

Sumber: The Kitchn, healthyeating, Foto cover: doctoroz.com

Comments

Loading...