OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Hilangkan Mata Panda dengan DIY Eye Cream Ini

Lingkaran hitam di bawah mata atau seringkali dikenal dengan sebutan mata panda sudah menjadi musuh langganan kamu yang tergabung sebagai makhluk malam. Meski saat ini banyak bertebaran produk khusus perawatan mata panda, sayangnya tidak semua memberikan hasil yang besar sebagaimana klaimnya. Well, daripada kamu coba berbagai produk hingga menguras isi dompetmu, bagaimana kalau memilih cara yang tidak hanya menghemat biaya tapi juga cenderung aman karena bahan-bahan yang digunakannya alami, Ladies. Yup, caranya dengan membuat DIY krim mata sendiri berdasarkan resep-resep terbaik yang dilansir dari First for Women berikut ini, Ladies. Simak, yuk!

1. Krim mata bahan honey bee

Untuk membuat krim mata berikut ini kamu perlu menyiapkan empat bahan utama, diantaranya, tiga sendok makan shea butter, dua sendok makan beeswax, satu sendok madu, dan beberapa tetes lavender oil. Keempat bahan ini masing-masingnya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kulitmu, loh! Madu berfungsi untuk mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Lalu, paduan beeswax dan shea butter bekerja menghilangkan kerutan serta membantu merangsang kolagen dalam tubuhmu yang kemudian akan mengencangkan kulitmu. Di saat ketiga bahan alami itu bekerja merawat kulitmu, lavender oil sangat baik untuk merelaksasi kulit serta tubuhmu saat semua bahan bekerja, Ladies.

Pastikan semua bahan tercampur dengan sempurna. Setelah adonan terbentuk, aplikasikan cukup tebal pada bawah mata dan diamkan selama setidaknya 10 menit. Kemudian, bilas hinngga bersih. Kamu juga bisa membiarkannya semalaman, sesuai dengan kebutuhan.

Hilangkan Mata Panda dengan DIY Eye Cream Ini
Foto: bebeautiful.in

2. Krim mata bahan mentimun dan lidah buaya

Sudah bukan rahasia lagi bahwa mentimun merupakan bahan yang ampuh untuk melawan mata panda maupun membuatnya tetap tampak segar. Manfaat ini pun diakui para ahli yang mengatakan, mentimun sangat baik untuk menghilangkan mata bengkak dan menutrisi secara menyeluruh. Namun, dengan memadukannya bersama aloe vera, kamu bisa memperoleh manfaat yang lebih dari sebelumnya, Ladies, mengingat, lidah buaya memiliki fungsi yang sama untuk melawan lingkaran hitam dan kantung di bawah matamu. Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah menuangkan beberapa sendok lidah buaya ke mangkuk kecil, tambahkan cairan dari kapsul vitamin E, aduk rata. Kemudian iris tipis mentimun, masukkan ke dalam adonan yang telah kamu buat. Selanjutnya, aplikasikan secara langsung ke bawah matamu, tunggu sekitar 10-20 menit. Voila, kamu akan memperoleh tampilan bawah mata yang segar dan sehat, tentunya setelah mempraktikkannya secara rutin, ya Ladies.

Baca juga: Penyebab Mata Panda dan Kantung Mata yang Mengganggu, Yuk Cari Tahu!

3. Krim mata bahan alpukat dan lemon

Sebagaimana mentimun, alpukat juga sangat terkenal dengan kemampuannya melawan masalah di bawah mata. Kandungan vitamin E yang tinggi di dalamnya juga dapat membantu elastisitas kulitmu. Tak kalah dari alpukat, lemon pun sudah dikenal dengan manfaat luar biasanya yang mampu mencerahkan dan membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Sudah bisa dibayangkan, dengan menggabungkan keduanya, kamu dapat melawan masalah di area bawah matamu dengan efektif, Ladies. Jangan lupa untuk mengombinasikan kedua bahan ini bersama dengan almond oil, ya Ladies, mengingat ia memiliki retinol, vitamin E serta vitamin K yang dibutuhkan area bawah matamu. Untuk membuat krim mata spesial ini, campurkan setengah alpukat yang telah dihaluskan, perasan setengah lemon dan beberapa tetes almond oil, bersama. Setelah itu, aplikasikan langsung ke area bawah mata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas dan yuhuu kamu akan memperoleh tampilan area bawah mata yang segar.

Hilangkan Mata Panda dengan DIY Eye Cream Ini
Foto: ourbestbites.com

4. Krim mata bahan jeruk dan coconut oil

Dari berbagai bahan alami, minyak kelapa merupakan salah satu bahan yang sudah terkenal manfaat baiknya bagi manusia. Tidak hanya bagi kesehatan, tetapi juga kecantikan. Dalam hal ini, sifat anti inflamasi alami yang terkandung di dalamnya dapat berfungsi untuk mengurangi lingkaran hitam dan bengkak pada mata, loh! Kamu bisa mengaplikasikannya langsung ke kulitmu atau dibuat menjadi krim mata yang memiliki khasiat yang lebih ampuh. Ada dua bahan yang kamu perlukan untuk membuat DIY krim mata berikut ini, yakni kapsul vitamin E dan perasan jeruk. Cara membuatnya pun mudah, Ladies. Pertama, masukkan beberapa sendok makan minyak kelapa ke dalam mangkuk tahan panas. Lalu panaskan di dalam microwave selama 30 detik hingga meleleh dan memiliki konsistensi yang tepat untuk dicampur bersama bahan lainnya. Selanjutnya, tambahkan isi satu kapsul vitamin E dan perasan setengah buah jeruk atau minyak esensial jeruk. Aduk rata hingga merata, lalu, voila jadi deh DIY krim matamu. Pada setiap pemakaiannya kamu tinggal aplikasikan di bawah mata selama 10 menit saja.

Baca juga: Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Chai gelatin eye pads

Tidak seperti empat DIY sebelumnya, kali ini Meramuda akan mengajakmu membuat eye pads, Ladies. Yup, eye pads dalam bentuk gel patches dan collagen pads yang biasanya kamu beli itu, bisa kamu buat sendiri dengan gelatin sebagai bahan utamanya. Kamu bisa menemukan gelatin unscented dan unflavored dengan mudah di supermarket terdekat. Buatlah sesuai resep yang tertera pada kemasan, namun, ganti liquid dalam resep dengan teh atau vanilla chai, kopi, atau lainnya yang penting memiliki kandungan kafein. Bahan kunci ini bisa membantumu mengurangi peradangan pada kulit. Setelah kamu mencampurkan teh, kopi, atau vanilla chai dengan gelatin, tuangkan adonan itu pada panci atau piring untuk membuat lapisan tipis. Kemudian dinginkan selama beberapa jam. Pastikan lapisan yang kamu buat tidak terlalu tebal ya, karena itu akan sulit untuk dipotong dan kurang menempel pada mata. Setelah kamu lepaskan dari alas, gunakan butter knife untuk memotong DIY eye pads tersebut sesuai dengan bentuk bawah mata. Tidak hanya menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam, paduan gelatin dan teh ini bekerja dengan efektif untuk membuat tubuhmu juga relaks, loh! So, DIY yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin chill, menikmati me time sambil memperbaiki kulit.

Nah, setelah mengetahui kelima resep pada ulasan di atas, kamu dapat membuat simple DIY eye creams hingga eye pads dengan pengeluaran yang minim dengan kualitas yang maksimal dan aman. Tentunya, pemakaian secara rutin tetap perlu dilakukan ya, Ladies, agar kamu memperoleh hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

 

Sumber: First for Women

Must Read

Related Articles