OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Natural atau Sintetik? Fude? 3 Info Tentang Brush Makeup yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli

Brush adalah salah satu alat make up yang kudu banget kamu punya nih, Ladies. Karena brush fungsinya sangat penting, banyak varian brush yang ditawarkan di pasaran. Sebelum membeli brush, ada baiknya kamu tahu info-info berikut tentang brush makeup sebagai bahan pertimbangan kamu. Yuk, scroll ke bawah ya!

1. Natural vs Sintetik

Natural atau Sintetik? Fude? 3 Info Tentang Brush yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli
Foto: vogue.com

Komponen penting dari brush yang harus diperhatikan yakni bagian bulu di ujungnya, Ladies. Brush yang berasal dari bahan alami biasanya berasal dari kambing Saikoho, tupai abu, rubah silver, dan sable Kolinsky. Saat ini brand lebih banyak menggunakan bahan sintetik seperti Taklon dan serat microfiber yang meniru bahan brush alami. Brush sintetik juga lebih ramah lingkungan dan cruelty free. Karena itu diperkirakan tren brush berbahan sintetik akan meningkat untuk ke depannya, Ladies.

2. Fude, Art Brush dari Jepang

Natural atau Sintetik? Fude? 3 Info Tentang Brush yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli
Foto: vogue.com

Make up brush terbaik yang dibuat oleh tangan langsung datang dari Jepang. Jepang memiliki sejarah panjang dari pembuatan kuas lho, Ladies. Brush hasil buatan artisan di Jepang disebut Fude. Awalnya pembuatan brush diperuntukkan untuk kaligrafi dan secara handmade di Kumano, kota Hiroshima. Kumano memang terkenal sebagai tempat artisan pembuat kuas. Ada lebih dari 10 workshop pembuatan brush lho disini. Lama kelamaan, pembuatan brush beralih fungsi dari sebagai alat tulis menjadi alat kecantikan. 

Brand brush dari Jepang seperti Shaquda, Chikuhodo, Koyudo, dan Bisyodo dipakai oleh banyak make up artis terkenal serta dikoleksi oleh para kolektor. Kelebihannya yakni pada tingkat kelembutan, sensasi gagang brush saat dipegang, serta lukisan tangan berbentuk floral yang memukau. Fude dibuat dengan sangat mendetail nih, Ladies. Karena itu ada yang bilang bahwa membeli Fude layaknya membuat investasi untuk seumur hidup. Beberapa Fude yang langka dihargai sangat tinggi dan tidak dipakai melainkan menjadi pajangan dan ditaruh di dalam kotak kaca display. Widihhh fancy banget ya, Ladies.

3. Starter Kit Brush Terbaik

Natural atau Sintetik? Fude? 3 Info Tentang Brush yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli
Foto: vogue.com

Menurut Troy Surratt, pemilik brand Surratt beauty yang terkenal dengan brush handmade nya dari Kumano, Jepang, kamu hanya butuh 5 brush utama untuk make up Jika kamu bukan make up artist profesional dan hanya menggunakan make up secara casual. Jika kamu butuh, tambah 1 yakni concealer brush. Starter kit terbaik memiliki kerapatan medium yang multifungsi. Mereka bisa dipakai untuk powder, bronzer, powder foundation, juga brush.

Baca juga: 5 Langkah Efektif Bersihkan Makeup Brush

Jika kamu sudah memilih powder brush, selanjutnya memilih face brush yang lebih kecil dan 3 brush lainnya untuk eyeshadow. Tambahan lainnya yakni lip brush, Banyak yang menggunakan lipstik langsung dari tubenya. Namun, menggunakan lip brush dapat membuat garis bibir kamu lebih rapi dan lurus.

Semoga info tadi membantu kamu ya saat membeli brush baru nantinya. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya, Ladies.

 

Sumber: vogue

Must Read

Related Articles