OUR NETWORK

5 Langkah Efektif Bersihkan Makeup Brush

5 Langkah Efektif Bersihkan Makeup Brush
Foto: elle.com

Meski kamu memiliki produk high end dan menggunakan skincare mahal, tapi jika kamu mengenakan riasan dengan makeup brush yang kotor, tetap saja kamu tidak akan terhindar dari jerawat dan kulit kusam. Pasalnya, makeup brush yang kotor merupakan sumber dari kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kulit yang tidak diinginkan tersebut. Untuk itu, penting untuk menjaga kebersihan dari peralatan makeup yang kamu kenakan. Tak perlu khawatir, Ladies, untuk menjaga makeup brush-mu tetap dalam kondisi baik, tidak sulit kok. Selain, menggantinya ketika sudah tak layak digunakan, langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah membersihkannya secara teratur dan bersih hingga ke dalam. Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana sih membersihkan makeup brush dengan benar, berikut ini langkah-langkah penting yang dilansir dari All Women’s Talk mungkin bisa membantumu, Ladies.

1. Timing

Salah satu langkah penting yang perlu kamu ketahui dalam cara membersihkan makeup brush dengan benar ialah mengetahui kapan brush-mu perlu dicuci. Sebagaimana macamnya, berbagai brush memiliki waktu cuci yang berbeda. Misalnya, brush foundation, brush blush, dan brush lain yang kamu gunakan untuk bronzer dan makeup powder lainnya, perlu kamu bersihkan setidaknya seminggu sekali. Sementara, brush yang digunakan untuk eye shadow, perlu dibersihkan selang 2-3 hari sekali. Lebih cepat lagi, brush yang digunakan untuk eyeliner perlu dibersihkan setiap kali kamu telah mengenakannya, karena mereka merupakan brush yang paling banyak membawa dan memindahkan bakteri.

5 Langkah Efektif Bersihkan Makeup Brush
Foto: beautyaficionado.com

2. Spot yang Dibersihkan

Banyak trik dalam membersihkan brush. Idealnya, kamu perlu membersihkan seluruh bagian dari brush yang kamu gunakan, agar tidak ada kotoran yang tertinggal. Namun, jika kamu sedang tidak memiliki banyak waktu namun memerlukan brush tersebut dalam waktu dekat, maka, kamu bisa menggunakan cara ini, yakni dengan membersihkan spot tertentu yang terkena kotoran. Hal yang perlu kamu lakukan ialah menyiapkan tisu bayi dan usapkan pada brushmu setiap kali kamu memakainya.

Baca juga: Alternatif Sabun Pembersih Kuas Makeup Ini Wajib Dicoba

3. Bersihkan dengan Lembut

Ketika kamu membersihkan brush usahakan untuk memperlakukannya dengan lembut dan sabar. Bersihkan brush dengan air hangat, bukan air panas. Biarkan ia basah sepenuhnya. Bersihkan dengan tenaga yang lembut, jangan mengusapnya terlalu keras. Jika kamu membersihkannya dengan menggosoknya terlalu keras, bulu-bulu lembut brushmu dapat rontok seiring gosokanmu, dan hal ini dapat berakibat brushmu tidak dapat lagi digunakan, yang berarti kamu perlu membelinya yang baru.

5 Langkah Efektif Bersihkan Makeup Brush
Foto: intothegloss.com

4. Gunakan Produk yang Tepat

Membersihkan brush tidak hanya berkaitan dengan air dan gerakan, tetapi juga berkaitan dengan penggunaan produk pembersih yang benar. Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan shampoo, beberapa lainnya menyarankan untuk menggunakan sabun muka. Sementara itu, Meramuda menyarankan untuk menggunakan sabun atau shampoo bayi. Pasalnya, produk ini memiliki formula yang lembut dan ringan namun dapat membersihkan secara mendalam. Dan ingat, jangan menggosoknya terlalu keras.

Baca juga: 5 Alasan untuk Mencuci Kuas Makeup

5. Keringkan Secara Alami

Langkah penting lain yang perlu diingat dalam membersihkan makeup brush ialah proses pengeringan. Banyak orang menyarankan untuk mengeringkan makeup brush dengan menggunakan hairdryer. Well, Ladies, ini adalah saran yang kurang tepat, sebaiknya tidak dilakukan, ya. Karena hal ini justru akan merusak bulu-bulu brush, bahkan membakarnya. Cukup biarkan saja semalaman, biarkan angin mengeringkan mereka secara alami, dan kamu akan mendapatkan brush yang kering dan lembut.

Dengan mengikuti cara-cara pada ulasan di atas, kamu tidak perlu mengganti brushmu dengan yang baru dalam waktu dekat. Tentunya, hal ini akan membantumu berhemat dan mengalokasikan dana ke barang lain yang tengah kamu butuhkan, bukan?

Simak juga tutorialnya di video ini, Ladies!

 

Sumber: All Women’s Talk

Comments

Loading...