OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Manfaat dan Cara Pakai Kolagen Peptida untuk Perawatan Rambut

Semakin bertambah usia, tubuh kita juga mengalami perubahan secara fisik dan kimia, Ladies. Rambut dan kulit adalah dua hal yang paling cepat terpengaruh. Ada banyak perawatan anti aging atau mencegah penuaan dengan suplemen protein atau asam amino tertentu. Salah satunya yakni kolagen peptida. Seperti apa kolagen peptida dan manfaatnya bagi tubuh? Yuk kita simak bareng-bareng ya~

Apa itu kolagen peptida?

Kolagen peptida adalah kolagen (protein yang terdapat di kulit dan menghubungkan berbagai jaringan), yang sudah terhidrolisasi. Beberapa tahun terakhir kolagen peptida booming karena berbagai klaim manfaatnya untuk mencegah penuaan dan menjaga kesehatan rambut. Secara garis besar, berikut manfaat kolagen untuk rambut, Ladies.

Manfaat kolagen peptida untuk rambut

Manfaat dan Cara Pakai Kolagen Peptida untuk Perawatan Rambut
Foto: pexels.com

Menguatkan folikel rambut

Rambut tersusun atas protein bernama keratin. Agar keratin tetap kuat, dibutuhkan asam amino seperti pada kolagen.

Menghidrasi kulit kepala dan rambut

Manfaat utama dari kolagen peptida yakni menghidrasi dan melembabkan. Karena itu shampoo, kondisioner, atau serum yang mengandung kolagen peptida bermanfaat untuk melembabkan rambut serta kulit kepala kering lebih lama.

Membantu pertumbuhan rambut

Kolagen peptida tidak berperan langsung pada pertumbuhan rambut namun pada lingkungan rambut tersebut tumbuh. Kolagen dapat membantu menutrisi dan mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

Antioksidan tambahan

Kolagen peptida dapat melawan radikal bebas yang dapat berbahaya bagi kulit dan rambut. Sifat antioksidan ini juga mencegah penipisan rambut dan mencegah rambut menjadi abu.

Meningkatkan penampilan rambut secara menyeluruh

Kolagen dapat meningkatkan penampilan rambut dengan menurunkan tingkat kerusakan dan meningkatkan hidrasi rambut. Sebagian besar dikarenakan sifat antioksidannya.

Baca juga: 5 Suplemen Gummy Kolagen Terbaik untuk Kamu Konsumsi

Apakah tipe rambut berpengaruh?

Manfaat dan Cara Pakai Kolagen Peptida untuk Perawatan Rambut
Foto: pexels.com

Kolagen peptida dapat digunakan pada semua jenis dan tekstur rambut, termasuk rambut yang diwarnai. Namun, beberapa jenis rambut tertentu mendapat manfaat lebih besar ketimbang jenis rambut lain. Mereka yang memiliki rambut kering, rusak, diwarnai, dan tipis akan sangat terbantu dengan kolagen peptida. 

Walaupun jarang, alergi kolagen dapat terjadi. Kolagen peptida biasanya berasal dari sapi atau dari ikan. Karena itu kalau kamu seorang vegan atau vegetarian sebelum mengkonsumsi kolagen peptida. Jika kamu masih ragu-ragu, dianjurkan untuk konsultasi ke dokter dulu ya, Ladies.

Cara menggunakan kolagen peptida untuk rambut

Cara terbaik untuk memaksimalkan manfaat kolagen peptida yakni dengan cara mengkonsumsinya. Kamu bisa melakukannya dengan membuat diet tinggi kolagen atau mengkonsumsi suplemen kolagen peptida. Manfaat suplemen baru terlihat 3-6 bulan konsumsi karena itu kamu mesti bersabar ya, Ladies.

 

Sumber: Byrdie

Must Read

Related Articles