OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Hari Kartini: Rekomendasi Film Perjuangan Perempuan

Rekomendasi film perjuangan perempuan mengingatkan kita dengan sosok Kartini. Kartini sosok pahlawan perempuan hebat yang berhasil memperjuangkan emansipasi bagi perempuan di Indonesia. Bahkan andilnya berdampak besar bagi kehidupan perempuan saat ini. Bahkan perjuangannya masih tetap menjadi panutan bagi perempuan-perempuan di Indonesia.

Masih hangat dengan suasana Hari Kartini, berikut adalah beberapa rekomendasi film tentang perjuangan perempuan yang inspiratif, bisa kamu tonton bareng dengan keluarga, teman, atau kekasih. Yuk, simak!

1. Kartini

Hari Kartini: Rekomendasi Film Perjuangan Perempuan
Foto: konstruksi.co.id

Kartini merupakan film karya Hanung Bramantyo yang release pada 19 April 2017. Film ini menceritakan tentang kisah perjuangan pahlawan kartini untuk memberikan keadilan bagi kaum perempuan dalam hal pendidikan. Film ini meraih rating 7.6/10 oleh IMDb. Film ini diperankan oleh Dian Sastro, Christine Hakim, Deddy Sutomo, Acha Septriasa, dan deretan artis ternama lainnya. 

Film ini memberikan kesan tentang hebatnya seorang kartini pada masa perjuangannya. Durasi 119 menit ini sangat menginspirasi para kaum muda untuk selalu berjuang dan pantang menyerah di zaman modern saat ini, cocok untuk dinikmati pada peringatan hari kartini ini. 

2. 3 Srikandi

Hari Kartini: Rekomendasi Film Perjuangan Perempuan
Foto: kalbarterkini

Film yang dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, dan Tara Basro ini menceritakan tentang tiga orang atlet pemanah perempuan Indonesia pertama yang membawa pulang medali dalam ajang Olimpiade. Ketiga atlet ini mendapat medali perak pada Olimpiade di Seoul 1988. Film garapan produser Raam Punjabi dan sutrada Iman Brotoseno rilis pada 2016 dan sangat menarik karena mengangkat kisah yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat tentang olahraga panah di Indonesia.

Film ini sangat memotivasi kita yang pesimis terhadap dunia olahraga Indonesia. Perjuangan para atlet yang diperlihatkan dalam film ini mampu membangkitkan rasa nasionalisme dalam diri kita. Ini juga memenginspirasi kita untuk terus berkarya dan melakukan sesuatu untuk mengharumkan nama Indonesia.

3. Sokola Rimba

Hari Kartini: Rekomendasi Film Perjuangan Perempuan
Foto: ekspresionline

Perjuangan seorang guru perempuan yang mengajar di sebuah pedalaman suku dengan kesulitan karena adat istiadat. Film ini rilis pada November 2013 dengan rating 7.4/10 oleh IMDb, yang mengangkat cerita dari pengalaman seorang aktivis guru bernama Butet Marunung saat mengajar orang-orang rimba di suku pedalaman. 

Film yang disutradarai oleh Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana serta diperankan oleh Prisia Nasution, Nadhira Suryadi, Rukman Rosadi dan deretan artis lainnnya ini berhasil meraih pernghargaan. Cerita perjungan seorang guru dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak suku pedalaman di hutan untuk membantu para suku mempertahankan hutan agar tidak seenaknya dieksploitasi.

Film ini patut dijadikan rekomendasi karena sangat menginspirasi dengan memperlihatkan perjuangan seorang guru perempuan dan menjadi panutan emansipasi perempuan yang telah banyak memberikan sumbangsih untuk memajukan peradaban bangsa Indonesia saat ini.

4. Susi Susanti: Love All

Hari Kartini: Rekomendasi Film Perjuangan Perempuan
Foto: pinterest

Film hasil garapan Sim F. dan diproduseri oleh Daniel Mananta ini realese pada Oktober 2019 dengan rating 7.5/10 oleh IMDb. Sesuai judulnya, film ini menceritakan tentang seorang atlet legenda pebulutangkis yaitu Susi Susanti. Film ini dimainkan oleh Laura Basuki sebagai pemeran utama dan ditemani beberapa deretan artis seperti Dion Wiyoko, Lukman Sardi, Rafael Tan, dan masih banyak lagi jejeran artis terkenal lainnya.

Alur cerita dari film ini memperlihatkan perjalanan Susi Susanti yang berjuang dari umur 14 tahun di Tasikmalaya untuk berhasil memasuki pelatihan nasional PBSI. Selain itu, konflik yang dibangun memperlihatkan bagaimana Susi harus bertahan dengan sikap rasial masyarakat Indonesia terhadap keturunan Tionghoa pada situasi Indonesia saat krisis.

Hal inilah yang membuat film ini layak ditonton karena sangat memotivasi dan menginpirasi banyak orang, terutama anak muda saat ini untuk tidak pantang menyerah dalam siatuasi apapun. Film ini juga membuktikan bahwa banyak perempuan-perempuan hebat di Indonesia turut memberikan sumbangsih bagi bangsa.

5. Yuni

Hari Kartini: Rekomendasi Film Perjuangan Perempuan
Foto: medcom.id

Film yang rilis pada akhir 2021 ini menyabet beberapa penghargaan nasional maupun internasioanl. Karya sutradara Kamila Andini ini diperankan oleh Arawinda Kirana, Asmara Abigail, Marissa Anita, Kevin Ardilova dan deretan artis lainnya. film dengan rating 7.6//10 oleh IMDb berkisah tentang remaja perempuan yang ingin melanjutkan studinya ke bangku perkuliahan namun terkurung oleh budaya patriarki.

Dilema Yuni yang harus memilih antara pernikahan atau pendidikan menjadikan film ini sangat menarik karena membawa isu perempuan yang dekat di masyarakat. Film ini memperlihatkan bahwa budaya masih menahan emansipasi terhadap perempuan, sehingga cocok sebagai pilihan untuk ditonton sebagai peringatan Hari Kartini.

Beberapa rekomendasi film perjuangan perempuan di atas yang bertemakan perjuangan perempuan-perempuan Indonesia yang pas dengan peringatan hari Kartini, semoga dapat terus mengingatkan kita akan emansipasi terhadap perempuan.

 

Ditulis oleh Refani Dwi Wahyu Aji Caraka

Must Read

Related Articles