OUR NETWORK

Manfaat Cantik dan Sehat dari Grapeseed Oil

Manfaat Cantik dan Sehat dari Grapeseed Oil
Foto: picswe.com

Grapeseed oil atau minyak biji anggur biasnaya dibuat dengan biji anggur dari sisa pembuatan wine. Dengan beragam manfaat, grapeseed oil saat ini banyak digunakan untuk perawatan kecantikan juga dilansir baik untuk kesehatan.

Minyak biji anggur ini cukup kontroversial karena proses pembuatannya. Pembuatan grapeseed oil menggunakan pelarut solvent seperti hexana. Hexana sendiri disebut sebagai polutan dan neurotoxin. Karena fungsinya sebagai pelarut, maka akan ada sisa dari hexana pada grapeseed oil yang dihasilkan dan berakibat buruk bagi tubuh. Pilihan terbaik untuk proses pembuatan grapeseed oil yaitu dengan metode cold pressed yang tidak memakai solvent hexana.

Baca juga: Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots

1. Manfaat Kesehatan

Manfaat Cantik dan Sehat dari Grapeseed Oil
Foto: unsplash.com

Grapeseed oil mengandung asam lemak tak jenuh dalam jumlah tinggi, terutama asam lemak omega 6. Asam lemak jenis ini mampu menurunkan kolesterol dan juga menurunkan resiko penyakit jantung.

Selain itu kandungan vitamin E pada grapeseed oil juga cukup tinggi, bahkan lebih besar dari minyak zaitun. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel dari radikal bebas yang berhubungan dengan beberapa penyakit kronis, juga menurunkan proses demensia.

2. Manfaat Untuk Wajah

Manfaat Cantik dan Sehat dari Grapeseed Oil
Foto: unsplash.com

Banyak manfaat kecantikan dari grapeseed oil berasal dari kandungan vitamin E dan asam lemak omega 6 di dalamnya. Radikal bebas dan berbagai faktor lingkungan seperti matahari, angin, dan polusi dapat merusak kulit.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, vitamin E dapat menangkal radikal bebas. Omega 6 dan omega 3 juga berfungsi sebagai pelindung fungsi kulit. Manfaat lainnya untuk kecantikan yaitu:

  • Melembapkan kulit
  • Menyembuhkan jerawat
  • Meningkatkan kecerahan kulit
  • Mengecilkan pori
  • Mengaburkan bekas luka
  • Sebagai penghapus make up

Cara aplikasinya cukup mudah, Ladies. Bersihkan wajahmu kemudian teteskan grapeseed oil pada wajah sambil dipijat pelan. Kamu bisa melakukannya dua kali sehari saat sebelum tidur dan sesudah bangun tidur atau sekali sehari saat hendak tidur saja.

3. Manfaat Untuk Rambut

Manfaat Cantik dan Sehat dari Grapeseed Oil
Foto: unsplash.com

Minyak dari bahan alami terbukti bagus untuk rambut. Kelebihan grapeseed oil dibanding minyak alami lainnya yaitu lebih ringan dan tidak membuat rambut lepek serta berat.

Gunakan Grapeseed oil sebelum keramas pada rambut sambil dipijat halus. Selain bisa untuk menghilangkan ketombe, grapeseed oil juga merangsang pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih kokoh dan berkilau lho.

Grapeseed oil juga sudah banyak dijual di online shop Indonesia, Ladies. Tapi hati-hati memilih online shop-nya ya.

Sumber: Healthline

Comments