OUR NETWORK

Sering Cegukan Meski Minum Air Cukup? Waspadai Penyakit Ini!

Sering Cegukan Meski Minum Air Cukup? Waspadai Penyakit Ini!
Foto: besthealthmag.ca

Cegukan selama ini identik dengan kekurangan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Karena hal itulah, saat cegukan orang-orang langsung minum. Padahal, cegukan tidak hanya pertanda tubuh sedang dehidrasi lho, Ladies. Namun, ada kalanya jika cegukan ini menjadi pertanda munculnya penyakit tertentu yang tengah menyerang tubuh. Penyakit apa saja? Yuk, kita ulas lebih mendalam.

Baca juga: Hati-Hati, Kesehatan Mental Dapat Memengaruhi Kesehatan Pencernaanmu

Adanya Gangguan Pencernaan

Salah satu penyakit yang diidikasikan adanya cegukan terus menerus adalah gangguan saluran pencernaan. Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) atau penyakit asam lambung umumnya memang terkait dengan sendawa, namun juga bisa dilihat dari cegukan. Beberapa penelitian menyebutkan jika 7,9% pria dan 10% wanita penderita GERD mengalami cegukan berkepanjangan.

Anastesi dan Pasca Operasi

Penyebab cegukan lainnya yang mungkin adalah pengaruh anastesi dan pasca operasi. Bahkan anastesi epidural (teknik penghilang rasa sakit yang melibatkan obat bius langsung menuju ke susunan saraf tulang belakang) juga bisa menyebabkan cegukan yang berkepanjangan. Kamu perlu waspada, dan bertanya kepada dokter jika cegukan tidak kunjung menghilang.

Gejala Stroke

Ternyata cegukan juga bisa menjadi pertanda munculnya gejaka stroke, terutama pada wanita. Cegukan yang disertai dengan gejala lainnya seperti halnya nyeri dada, kebas serta pandangan agak kabur perlu untuk diwaspadai. Segera lakukan pemeriksaan lebih menyeluruh jika dirasa ada yang kurang beres dengan tubuh.

Gangguan Fungsi Ginjal

Ada banyak pertanda yang menujukkan ginjal kita sedang bermasalah. Salah satunya yakni cegukan. Jika dirunut dari awal, permulaanya adalah fungsi ginjal menurun dan menyebabkan produk sisa yang dihasilkan organ akan menumpuk di tubuh kemudian bisa menyebabkan diafragma dan saraf vagus terganggu dan bisa menyebabkan cegukan. Perlu diwaspadai jika cegukan ini disertai dengan rasa haus yang parah serta otot berkedut ya.

Kanker

Penyakit berbahaya lainnya yang mengintai adalah kanker. Cegukan terjadi dalam intensitas yang begitu sering menjadi salah satu kondisi pada pasien kanker. Sebuah penelitian dari Italia menyebutkan jika 3,95% pasien rawat inap dan 4,5% pasien rawat jalan memiliki cegukan kronis yang cukup parah. Dan ada juga beberapa yang menyebutkan jika cegukan ini lantaran menjalani kemoterapi. Ada beberapa obat kanker yang menjadi penyebab munculnya cegukan.

Baca juga: 5 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Wanita

Intinya, jika ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh segeralah memeriksakan diri ke dokter, jangan panik supaya segera bisa teratasi dengan baik.

 

Sumber: Kompas, Liputan6

Comments

Loading...