OUR NETWORK

Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots

Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots
Foto: cleanmyspot.com

Essential oil belakangan ini memang menjadi salah satu pilihan utama untuk perawatan kulit. Karena memang bisa dibilang essential oil atau minyak essensial ini memberikan beragam manfaat dengan efek samping yang begitu minim atau bahkan hampir tidak ada. Manfaatnya mulai dari memberikan kelembapan, mengurangi iritasi, bahan untuk menyamarkan dark spot.

Baca juga: Menurut Dermatologis, 7 Perawatan Kulit yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Berusia 40 Tahun

Shrankhla Holece, pendiri dari Uma Oil, yang merupakan koleksi minyak wajah mewah organic dan minyak kesehatan lainnya yang kaya akan tradisi Ayurvedic membeberkan ada beberapa jenis essential oil yang mengembalikan warna alami kulit dari berbagai dark spot yang mengganggu. Apa saja pilihan minyak essensialnya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Tea Tree Oil atau Minyak Pohon Teh

Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots
Foto: up-nature.com

Tidak hanya cepat menyembuhkan luka, minyak essensial satu ini juga memudarkannya. Selain itu, minyak ini juga ampuh dalam menghalau munculnya bakteri pada luka dan membuatnya sembuh lebih cepat. Dan jika sembuh dengan cepat, dark spot biasanya tidak akan terlalu muncul.

Minyak Lavender

Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots
Foto: up-nature.com

Tidak kalah bermanfaat ada minyak lavender yang memiliki aroma menyenangkan dengan beragam manfaat. Kandungan yang terdapat di dalam lavender ampuh untuk menenangkan iritasi dan cepat memerangi peradangan. Kandungan linalyl acetate yang ditemukan di dalam lavender merupakan anti-inflamasi yang canggih dan memiliki sejarah sebagai penyembuh luka yang ampuh.

Baca juga: 8 Manfaat Ajaib dari Minyak Esensial Lavender

Minyak Geranium

Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots
Foto: atsirich.com

Geranium memiliki nutrisi baik di dalamnya yang bertindak sebagai astringen alami yang menenangkan kemerahan, juga sangat bagus untuk menenangkan kulit dari paparan atau sengatan sinar matahari. Ini juga memberikan hidrasi yang baik untuk kulit sehingga makin kencang. Cocok juga untuk membuat kulit makin cantik dan mengurangi pigmentasi.

Minyak Chamomile

Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots
Foto: drweil.com

Bahan selanjutnya adalah minyak chamomile yang memiliki kandungan di dalamnya bernama Azulene yang sangat reparative. Dalam artian menenangkan dan memperbaharui sel-sel kulit. Sehingga membantu melawan kerusakan yang terjadi dalam kulit dari dalam. Azulene juga merupakan anti-inflamasi dan anti-oksidan yang sangat kuat, sehingga mencegah degradasi pada kulit saat stress, menjaganya dari berabagai dark spot, dan memudarkan bekas luka.

Minyak Curcumin

Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots
Foto: oilhealthbenefits.com

Secara khusus, minyak atsiri pada kunyit sangat ampuh dalam mengurangi inflamasi. Dari zaman dahulu, para praktisi Ayurvedic menggunakan minyak curcuma ini sebagai pearwatan kulit di dalam hari dan dipercaya bisa mencegah jerawat, dark spot, dan hiperpigmentasi. Dan minyak ini juga dipercaya ampuh dalam menstabilkan produksi melanin yang sering terjadi. Jika produksi melanin sudah bisa dikontrol dengan baik, munculnya bintik hitam juga akan diminimalisir.

Minyak Rosemary

Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots
Foto: wolfsdenholistic.com

Kemudian ada minyak rosemary yang bagus untuk memudarkan bintik hitam lantaran sirkulasi yang kurang baik di dalam kulit. Minyak essensial in juga merupakan disinfektan yang mencegah tumbuhnya bakteri yang bisa menyebakan cacat akibat bekas luka. Fitonutrient yang terkandung di dalamnya juga mampu memerangi kerusakan dan hiperpegmentasi karena radikal bebas.

Itulah minyak-minyak essensial yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi munculnya dark spot ya. Bahan-bahan alami memang lebih dianjurkan. Kuncinya sabar dan telaten ya…

Sumber: Byrdie

Comments

Loading...