OUR NETWORK

Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan Kulit, Yuk Cek Apa Saja?

Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan Kulit, Yuk Cek Apa Saja?
Foto: stylecraze.com

Buah pepaya memiliki banyak sekali fungsi, baik itu dalam hal kesehatan sampai dengan kecantikan. Dalam hal kesehatan antara lain meredakan konstipasi, menurunkan berat badan, dan bagus untuk dikonsumsi mereka yang sedang menstruasi. Buah berwarna jingga ini kaya akan serat dan menyerap racun di dalam usus besar yang menyebabkan kanker. Buah ini juga kaya akan vitamin A, mineral, fosfor, potassium, magnesium, kalsium, dan juga magnesium.

Selain bagus untuk kesehatan, buah pepaya juga bagus untuk kecantikan kulit lho. Kandungan serat yang terdapat di dalamnya membantu mempercantik kulit. Bisa membantu dalam masalah pigmentasi, breakout, sampai dengan garis-garis halus penyebab keriput. Nah, berikut ini akan dijelaskan lebih mendalam mengenai manfaat buah pepaya untuk kecantikan kulit.

Melembapkan Kulit

Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan Kulit, Yuk Cek Apa Saja?
Foto: webjazba.com

Jika kamu bermasalah dengan kulit kering, buah pepaya bagus untukmu. Kandungan enzim yang terdapat di dalam buah pepaya tidak hanya memperbaiki kulit kering dan pecah-pecah, namun juga memberikan nutrisi. Gunakan pepaya sebagai masker setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang lembap dan lembut.

Melawan Kerutan

Kegunaan lain pepaya adalah melawan yang namanya kerutan. Tidak hanya buahnya saja, bahkan kulitnya juga sangat berguna. Kandungan enzim yang terdapat di dalam kulitnya mampu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, menghilangkan keriput, dan bintik-bintik penuaan. Coba saja jika kamu sekarang ini sedang berperang melawan tanda-tanda penuaan dini.

Menghapus Pigmentasi

Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan Kulit, Yuk Cek Apa Saja?
Foto: fashionlady.in

Sementara jika kamu sedang bermasalah dengan pigmentasi di kulit, bintik-bintik hitam atau lainnya, jangan segan untuk mengambil masker buah pepaya. Buah ini memiliki kandungan berupa lightening properties yang membantu membersihkan noda bekas jerawat dan pigmentasi. Enzim papain bersama dengan asam alfa-hidroksi di dalam pepaya mampu bertindak sebagai exfoliator dan mengusir sel-sel kulit mati yang membandel. Dengan begini, kulit akan lebih cerah dan lebih lembut.

Mengontrol Breakout yang Terjadi

Buah pepaya juga dikenal sebagai bahan untuk mengobati dan mencegah jerawat sekaligus. Enzim proteolitik papain yang terdapat di dalam nya akan membuat buah ini sangat efektif membasmi jerawat. Tidak hanya buahnya saja, bahkan biji, dan daunnya ampuh mengobati jika hal itu berurusan dengan jerawat.

Baca juga: Rekomendasi Masker Alami untuk Wajah Breakout

Mengurangi Mata Panda

Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan Kulit, Yuk Cek Apa Saja?
Foto: pinterest.com

Memiliki mata panda memang mengurangi kepercayaan diri. Tapi tahukah kamu Ladies jika buah pepaya memiliki natural bleaching agent yang sangat bagus untuk perubahan warna di bawah mata, atau mata panda. Bisa jadi masker untuk beberapa waktu ya.

Bisa Mengatasi Masalah Melasma

Melasma merupakan masalah kulit yang umumnya ditandai dengan berak coklat ke-abu-abuan di wajah. Masalah ini bisa ditangani buah pepaya yang memiliki exfoliating properties di dalamnya. Oleskan buah pepaya matang atau mentah di kulit yang bermasalah sampai halus dan merata. Bisa digunakan untuk konsumsi harian ataupun juga masker wajah. Buah ini bisa bekerja dengan baik dalam bentuk apa pun, dimakan secara langsung atau masker sekalipun.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Kulit Berbeda Warna?

Banyak juga ya manfaat kecantikan untuk kulit yang bisa kita dapatkan dari buah pepaya. Jadi, selain dikonsumsi, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk banyak hal, Ladies. Jangan lupa untuk membeli lebih banyak pepaya jika ke pasar atau supermarket ya, Ladies.

 

Sumber: pinkvilla

Comments

Loading...