OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Kopi Bagi Rambut? Inilah Beberapa Manfaat yang Harus Kamu Ketahui!

Kopi bagi rambut ternyata dapat diaplikasikan dalam rutinitas perawatan kamu. Kopi memiliki banyak manfaat yang diberikan saat kita mengkonsumsinya seperti meningkatkan energi tubuh dan memasok nutrisi pada tubuh kita. Belakangan ini, diketahui ternyata kopi ternyata memiliki manfaat bagi rambut yang berpotensi untuk meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Lagi pula, siapa sih yang gak pengen memiliki rambut kuat dan sehat? Karena dengan rambut yang sehat ini mendukung penampilan kamu lebih baik Ladies. Dengan menggunakan kopi ini dapat membantu kamu mendapatkan rambut impian. Di sini kamu dapat mengetahui bagaimana kopi dapat memberikan manfaat bagi rambut loh, yuk simak penjelasannya!

Baca juga: 14 Cara Cerdas Manfaatkan Sisa Ampas Kopi (Part 1)

Kopi bagi rambut baik atau tidak?

Ternyata Banayak Mafaat Kopi Bagi Rambut
Sumber: pexels.com

Salah satu studi laboratorium 2007 menemukan bahwa kafein dapat membantu memblokir efek DHT pada folikel rambut pria. Menurut penelitian Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika (NCBI), Hormon DHT atau dihidrotestosteron dalam tubuh ini dapat membuat folikel rambut menyusut, menyebabkan penurunan produksi rambut yang kemudian menyebabkan rambut rontok.  

Sehingga, dengan menggunakan kafein dapat merangsang pemanjangan batang rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih lebar. Selain itu, kafein juga dapat memperpanjang durasi anagen, yang merupakan tahap pertumbuhan rambut.

Selain pada pria, ditemukan pula bahwa kafein juga memiliki efek pertumbuhan pada folikel rambut pada wanita. Kandungan Antioksidan dan bahan kimia lain yang terdapat dalam kopi dikenal akan menjadi stimulan hebat untuk kulit kepala sehingga mendorong pertumbuhan rambut.

Apa saja sih manfaat kopi bagi rambut?

Gunakan Kopi Bagi Rambut Kamu
Sumber: istockphoto.com

Kopi memiliki nutrisi dan vitamin yang dapat bermanfaat bagi rambut kita. Kamu dapat menambahkan kopi ke hampir semua produk perawatan rambut untuk meningkatkan efektivitasnya. Kopi akan membuat rambut berkilau alami tanpa merusaknya. Selain itu, juga dapat meningkatkan tekstur rambut kamu. Berikut beberapa manfaat kopi bagi rambut kamu!

1.  Mengembalikan pertumbuhan rambut

Kerontokan rambut sering terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Dengan mengaplikasikan kopi ke rambut  dan kulit kepala kita dapat menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali. Hal ini karena kopi dapat merangsang sel matriks keratinosit berproliferasi selama pembentukan dan pertumbuhan batang rambut. Ini akan menjadi stimulan, yang meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat.

2.  Membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Jika kamu memiliki rambut yang tampak kusam, rapuh, dan kering, tentunya menggunakan kopi dapat menghidupkan kembali rambut kamu menjadi lebih lembut, lebih mudah untuk diurai dan kafein ini akan mengunci dan mempertahankan kelembapan rambut kamu, sehingga rambut kamu berkilau. Selain itu, kandungan flavonoid dalam kopi dapat meregenerasi rambut kamu menjadi lebih sehat.

3.  Exfoliating kulit kepala

Bubuk kopi juga sangat bagus sebagai exfoliant. Jika rambut Anda terasa berminyak atau berminyak dan membutuhkan pengelupasan, masker kopi bisa menjadi solusi Anda. Menggunakan masker kopi buatan sendiri akan mengelupas kulit kepala Anda dan mengangkat sel-sel kulit mati. Kulit kepala dan rambut Anda juga akan memiliki keseimbangan minyak yang sempurna.

Prutha Nawale, Senior R&D Executive di SkinKraft mengatakan, “Bubuk kopi baik untuk rambut. Kopi yang bersifat asam ini membantu menyeimbangkan kembali tingkat pH rambut dan kulit kepala. Menggunakan scrub kopi yang lembut di kulit kepala juga dapat membantu menyingkirkan kulit kepala yang mati.” ungkap Prutha.

4.  Secara alami menghilangkan uban

Membilas rambut dengan kopi juga berguna untuk pewarna rambut secara alami. Ini merupakan cara cepat untuk menyembunyikan helai abu-abu atau uban di rambut. Untuk hasil terbaik, gunakan kopi kental seperti espresso.

Manfaat kopi bagi rambut dapat kamu rasakan dengan mencobanya secara rutin. Kamu juga bisa mengaplikasikan kopi ini dengan produk perawatan rambut kamu, sehingga kamu bisa memiliki rambut seperti yang kamu inginkan. Dengan memiliki rambut yang indah membuat kita menjadi lebih percaya diri kan Ladies!

 

 

Sumber: healthshots, skinkraft

Must Read

Related Articles