OUR NETWORK

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pineapple Skincare

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pineapple Skincare
Foto: luxeva.com

Ada yang baru dari tren perawatan kulit saat ini, Ladies. Yep, Pineapple Skincare, alias perawatan kulit berbahan dasar nanas, rupanya sedang menjadi perbincangan hangat di dunia kecantikan nih. Buah tropis favorit semua orang ini tidak hanya bisa kamu jadikan sajian dalam salad kesukaanmu Ladies, tetapi juga bisa kamu jadikan salah satu pilihan dalam perawatan kecantikan kamu, lho. Mulai dari serum hingga masker berbahan dasar nanas ini ternyata tengah menjadi buruan kaum wanita.

Baca juga: DIY Body and Face Scrub: Skincare Alami, Mudah dan Cepat

Merek kecantikan ternama seperti K-beauty dan Glow Recipe, misalnya, menjadikan buah tropis ini sebagai main course produk baru mereka di awal tahun ini yakni dengan merilis Pineapple-C Bright Serum yang sangat laku terjual. Merek kenamaan lainnya seperti Marc Jacobs juga meluncurkan Youthquake Skin Moisturizer yang berbahan utama nanas pada bulan ini. Sementara itu Pineapple Glow Mask dari Too Faced yang juga diluncurkan bulan ini, menjanjikan kulit yang lebih lembut, lebih halus, dan lebih cerah. Buah tropis yang satu ini memang tengah menjadi primadona dalam pencarian Google. Ini berkaitan dengan “Pineapple Serum” sejak Maret lalu bertepatan dengan peluncuran produk dari Glow Recipe. 

Akan tetapi, apakah nanas benar-benar bahan perawatan kulit yang layak dibeli, atau apakah itu hanya sekedar tren kecantikan semata, Ladies?

Kandungan dalam Nanas yang Bermanfaat untuk Kulit

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pineapple Skincare
Foto: msn.com

Menurut Georgie Cleeve, pendiri merek perawatan kulit, Oskia, buah nanas memiliki beberapa kredensial peningkat kulit yang cukup mengesankan. Salah satunya adalah fakta bahwa nanas dapat bertindak sebagai pengelupas alami. Buah ini mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acids) dan semua enzim penting Bromelain yang keduanya membantu melarutkan lem antar sel yang mengikat bagian atas lapisan permukaan sel-sel kulit. 

Selain itu, nanas juga kaya vitamin C dan E, yang baik sebagai antioksidan. Vitamin C membantu mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi. Karena vitamin C dan E adalah antioksidan, mereka menawarkan manfaat perlindungan mereka sendiri, membantu menetralisir efek yang merusak dari polusi dan agresor eksternal lainnya pada kulit kita serta menenangkan peradangan.

Apa yang membuat perawatan kulit nanas sebagai eksfoliator yang baik?

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pineapple Skincare
Foto: toofaced.com

Tentu saja, kita semua tahu manfaat pengelupasan kulit, terutama untuk kulit kusam yang rentan terhadap polusi tingkat tinggi. Pada dasarnya, ini mencerahkan kulit, menghilangkan pigmentasi, menghaluskan tekstur kulit dan membantu penyerapan bahan-bahan lain. Caranya dengan melepas sumbatan pada pori-pori yang disebabkan oleh penumpukan kulit mati. Lalu, apa yang membuat nanas lebih unggul?

Buah ini adalah satu-satunya bahan yang menggabungkan AHA (berfungsi untuk perataan permukaan yang kuat) dan BHA (atau Beta Hydroxy Acids), dalam hal ini Bromelain (berfungsi untuk pengelupasan yang lebih dalam). Kedua kandungan ini akan sangat baik dalam mencerahkan kulit kamu, Ladies. 

Kedua kandungan tersebut juga dapat digunakan secara mandiri. Misalnya saja, Bromelain sebagai alternatif yang ideal untuk pengelupasan kimia yang lebih keras (seperti AHA) karena mengandung molekul yang lebih kecil dan lebih lembut. Seperti yang dikatakan Dr. Murad, dokter spesialis kulit,  tidak seperti AHA, BHA dapat larut dalam minyak dan dapat menembus kulit, yang berarti mereka dapat beroperasi lebih efektif dalam membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mencegah noda. 

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Aman nggak sih, Ladies?

Karena ini adalah eksfoliator kimia (tidak sekasar dan seabrasif scrub) maka Pineapple Skincare ini aman dan baik digunakan oleh kamu yang memiliki kulit yang cenderung berjerawat. Sebab, biasanya kulit berjerawat harus berhati-hati dengan eksfoliator fisik yang dapat merusak pori-pori yang meradang. 

Nah, khusus buat kamu yang memiliki tipe kulit rentan terhadap kemerahan, kamu harus agak berhati-hati dengan perawatan kulit jenis ini. Kombinasi vitamin C dan enzim buah dapat menyebabkan iritasi ringan. Demikian juga buat kamu yang memiliki kulit yang sangat reaktif atau kulit yang sedang mengalami dehidrasi mungkin perlu berhati-hati dalam memasukkan enzim buah ke dalam rutinitas perawatan harianmu karena bahan ini dapat menyebabkan iritasi. Lebih baik sebelum menggunakan Pineapple Skincare ini, kamu perlu menguji coba dulu dengan melakukan tes tempelan (patch test) sebagai tindakan pencegahan, Ladies. 

Selebihnya, bahan ini sebetulnya aman kok sebab kebanyakan mudah ditoleransi dan sangat efektif untuk sebagian besar jenis kulit. Nah, gimana nih Ladies? tertarik untuk mencobanya?

 

Sumber: graziadaily

Comments

Loading...