OUR NETWORK

Deretan Kandungan Vitamin Rambut Terbaik Menurut Para Ahli Kecantikan

Deretan Kandungan Vitamin Rambut Terbaik Menurut Para Ahli Kecantikan
Foto: scottishwomanmagazine.com

Selain menggunakan shampoo dan conditioner yang tepat, serta melakukan perawatan rambut secara teratur, rambut juga membutuhkan asupan vitamin, loh! Apalagi jika kamu tipe yang sering bereksperimen dengan rambutmu, seperti smoothing, curling, laminating, hingga coloring. Para pakar professional sangat menyarankanmu untuk memberi asupan vitamin yang baik pada rambutmu sebelum terlambat, Ladies. Tapi, jangan terburu-buru langsung mengaplikasikan sembarang vitamin ke rambutmu, ya. Ada hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelumnya, yakni mengenali masalah rambutmu untuk mengetahui vitamin rambut apa yang kamu butuhkan.

Baca juga: Brand Vitamin Rambut Lokal, Murah Meriah Tapi Bikin Rambut Tampil Mewah

Well, meski kamu sudah menemukan masalah rambutmu, dengan banyaknya produk vitamin rambut saat ini memang tak jarang akan membuatmu kembali kebingungan memilih, bukan? Nah, untuk itu, berikut ini dilansir dari Hello Giggles, para pakar professional akan berbagi informasi terkait manfaat dari berbagai vitamin rambut yang tepat untuk masalah rambut tertentu. Tentunya, ini akan membantumu memilih vitamin mana yang tepat untuk rambutmu, Ladies.

Deretan Kandungan Vitamin Rambut Terbaik Menurut Para Ahli Kecantikan
Foto: dermveda.com

Jika kamu memperhatikan daftar bahan pada vitamin rambut yang telah tersebar di sekitarmu, kamu akan menemukan kandungan biotin atau dikenal sebagai vitamin B7 dan vitamin E. Menurut Dr. Marine Peredo, bahan ini biasanya digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut dan melindunginya dari kerusakan.

“Biotin merangsang pertumbuhan rambut baru dan meningkatkan tekstur yang lebih sehat dengan melindunginya dari kekeringan, kulit kepala mengelupas, dan meningkatkan elastisitas korteks rambut untuk mencegah kerusakan,” jelas Dr. Peredo.

Kamu bisa memperoleh biotin secara alami dari makanan yang dikonsumsi. Seperti kacang-kacangan, pisang, dan kuning telur.

Sedangkan dari asupan luar, kamu bisa memperolehnya dari produk seperti HUM Nutrition’s Hair Sweet Hair Gummies dan Briogio’s B Well supplements.

Sementara itu, dilansir dari Healthline, vitamin E dapat membantu mencegah rambut rontok, meningkatkan sirkulasi kulit kepala, menyeimbangkan produksi minyak, mengontrol rambut kusut, dan memberikan rambutmu kilau alami. Kamu dapat memperoleh vitamin E dengan mudah melalui makanan yang kamu konsumsi dalam pola dietmu, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, minyak sayur, dan biji-bijian. Sedangkan, dalam bentuk suplemen, vitamin ini agak sulit ditemukan, Ladies. Jika kamu lebih menyukai asupan dari luar, vitamin E ini termasuk salah satu bahan yang sedang menjadi primadona dan cukup dicari di antara produk hair stylings lainnya. Salah satu produk berbahan vitamin E yang direkomendasikan ialah R+Co’s Tinsel Smoothing Oil.

Deretan Kandungan Vitamin Rambut Terbaik Menurut Para Ahli Kecantikan
Foto: newzgrace.com

Di samping kedua bahan tersebut, Ahli Trikologi, Penny James, kandungan lain yang bermanfaat bagi rambut lainnya ialah vitamin D.

Buat kamu yang tengah mengalami rambut rontok, kamu tidak boleh melewatkan vitamin ini, Ladies. Pasalnya, menurut James, vitamin D telah terbukti secara klinis dapat membantu mengurangi rambut rontok. “Kebanyakan dari kita kekurangan vitamin ini dan sangat penting untuk memastikan vitamin D ini ada dalam tubuh kita, baik dikonsumsi sendiri maupun melalui multivitamin,” ucapnya.

Pemenuhan vitamin dalam tubuh ini sangat direkomendasikan para ahli, Ladies. Pasalnya, menurut dermatologis Cleveland Clinic, Melissa Piliang, cukup dengan mengisi kekurangan kandungan-kandungan penting dalam makanan. Dengan begitu kita tidak hanya memperoleh tubuh sehat tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan rambut dan kuku. Tak terkecuali ketika kamu pra-hamil atau bahkan tengah hamil.

Bedanya, vitamin yang dikonsumsi ialah vitamin prenatal. Vitamin ini mengandung zat besi, vitamin D, dan zinc yang sangat dibutuhkan tubuh yang sedang hamil. Menurut Piliang, vitamin ini dapat membantu meningkatkan kesehatan rambutmu yang rapuh. Meski terdengar sepele, hal ini penting, loh! Pasalnya, rambut rapuh seringkali dikaitkan dengan masalah tiroid atau anemia kronis.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui untuk Mengenal Vitamin Rambut

“Multivitamin harian atau suplemen prenatal dapat membantu mengisi celah yang tidak terisi oleh makanan kita, apalagi jika tengah menjalankan diet, kita cenderung membatasi karbohidrat atau lemak untuk menurunkan berat badan atau menggantinya dengan jus, namun vitamin memiliki nutrisi penting, seperti biotin, zinc, B-complex yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut kita, maka, penting untuk mengonsumsinya,” jelasnya.

Nah, dengan memberikan asupan vitamin yang cukup dan tepat sebagaimana kebutuhan rambut dan tubuhmu secara rutin, rambut sehat dan cantik bukan lagi impian. Tapi, jika kamu masih bingung terkait masalah rambut, kondisi tubuh dan pola makanan yang perlu kamu konsumsi, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter di klinik terdekat untuk mendapatkan pola perawatan yang tepat.

Sumber: Hellogiggles

Comments

Loading...