OUR NETWORK

Tips Mencegah Kemunculan Workout Breakouts dari Dokter Kulit

Bukan rahasia lagi, olahraga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk pada kulit. Tapi, di saat bersamaan, olahraga ternyata juga membawa masalah baru bagi tubuhmu, loh! Yup, workout breakouts. Menumpuknya keringat, minyak dan kotoran di pori-pori kulit mendorong perkembangan bakteri bernama Propionibacterium acnes (P. acnes) yang akhirnya memicu terbentuknya jerawat-jerawat kecil yang mengganggu. Area berkembangnya pun beragam, bisa di wajah, di bawah bra, hingga punggung bawah. Tapi, jangan sampai hal ini menghalangimu untuk berolahraga, ya. Tenang saja, dilansir dari Byrdie, ada dua dokter kulit yang berbagi tips pencegahan workout breakouts yang efektif dan mudah dilakukan, simak yuk!

Bersihkan makeup sebelum berolahraga

Penting untuk membersihkan makeup sebelum mulai berolahraga. Hal ini dapat membantu menghilangkan bakteri dan kotoran yang sudah hadir sebelumnya di kulitmu. Mengingat olahraga membuka pori-pori, bila masih ada kotoran di wajahmu, ia akan masuk dengan mudah untuk menyumbat pori-pori dan segera memunculkan jerawat-jerawat mengesalkan. Membersihkan wajah dari segala makeup maupun krim wajah juga membantu mencegah peningkatan pertumbuhan bakteri.

Dokter kulit sekaligus asisten profesor klinis dermatologi di Mt Sinai School of Medicine, Jeannette Graf, menyarankan untuk membawa beberapa astringent pads seperti tisu berisi witch hazel ketika berolahraga. Gunakan tisu ini untuk menyeka keringat dan minyak secara berkala selama berolahraga, agar penyumbatan keringat dapat dicegah. Bisa juga dengan menggunakan ikat kepala bersih dan breathable untuk mencegah tetesan keringat turun ke wajah.

Bersihkan wajah segera setelah berolahraga

Membersihkan wajah segera setelah berolahraga sangat penting. Pada praktiknya, Dokter Kulit sekaligus Entrepreneur Kesehatan Digital di Hudson Dermatology & Lases Surgery, Dhaval Bhanusali, menyarankan, idealnya menggunakan pembersih yang mengandung salicylic acid (dengan kadar 2%) untuk membersihkan pori-pori dari keringat dan minyak. Setelah itu, pastikan kamu menggunakan handuk bersih dan tap perlahan ketika mengeringkan wajah.

Tips Mencegah Kemunculan Workout Breakouts dari Dokter Kulit
Sumber: lightfieldstudios.net

Gunakan handuk bersih

Handuk tidak hanya bekerja dengan baik dalam menyerap keringat setelah berolahraga, tetapi juga menyerap bakteri, minyak, dan kotoran di wajah. Pastikan kamu menggunakan handuk yang bersih, ya, setiap kali habis berolahraga.

Mandi segera setelah berolahraga

Mandi tepat setelah berolahraga dapat mencegah bakteri dan jamur penyebab jerawat yang menempel dan berkembang biak di wajahmu. Perkembangan jamur folliculitis dan penyumbatan pori-pori dapat dicegah bila kamu mandi tepat setelah berolahraga.

Baca juga: Perut Kembung Setelah Olahraga? Ini Dia Penjelasan Ilmiahnya

Bersihkan peralatan yang digunakan

Peralatan yang tidak dibersihkan secara rutin berpotensi menjadi tempat berkembangnya bakteri, tak terkecuali alat-alat berolahraga. So, penting untuk membersihkan peralatan olahragamu, terutama ketika kamu akan menggunakannya. Bersihkan secara rinci untuk mencegah bakteri dan kotoran yang ada pada alat tersebut berpindah ke kulitmu hingga menyebabkan munculnya jerawat.

Tips Mencegah Kemunculan Workout Breakouts dari Dokter Kulit
Sumber: bhg,com

Cuci pakaian yang digunakan

Upayakan untuk segera mencuci pakaian olahragamu setiap selesai sesi latihan. Pakaian yang penuh dengan keringat dapat menjadi sarang bakteri dan jamur penyebab jerawat. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, hindari penggunaan pembersih yang mengandung parfum dan bahan kimia yang keras.

Gunakan pakaian olahraga yang tepat

Menggunakan pakaian dengan ukuran yang tepat dan breathable dapat membantu mencegah jerawat juga, loh! Jika keringat terperangkap di bawah kain yang tidak menyerap keringat, hal ini dapat menyebabkan jerawat. Di samping itu, pakaian yang terlalu ketat juga dapat membuat kulit lecet dan mendorong bakteri serta kotoran masuk ke dalamnya hingga mengiritasinya serta menimbulkan jerawat dan benjolan. Selain ukuran, pilihlah pakaian dengan bahan yang menyerap keringat, seperti wool, polyester, micromodal, nylon, polypropylene, dan bamboo. Hindari menggunakan bahan dasar katun, plastik atau karet. Ini karena katun tidak menyerap keringat, sementara bahan karet dan plastik tidak breathable.

Tipsnya mudah dilakukan, bukan? Nah, biar kamu nggak keburu malas melakukannya, sebaiknya semua tips ini dilakukan segera setelah berolahraga. Luangkanlah waktu agak panjang untuk memuat olahraga beserta aktivitas bersih-bersih setelahnya. Agar kamu tidak terburu-buru dan mengganggu aktivitas lainmu pada hari itu.

 

Sumber: Byrdie

Must Read

Related Articles